Siklus Air : Pengertian, Jenis, dan Proses Terjadinya Daur Air

⏩ Mengenal pengertian apa itu siklus air lengkap dengan contohnya⭐ Gambar proses siklus air dan daur air pendek, sedang, dan panjang☑️

Air merupakan sumber dari kehidupan, keberadaan air tak ada habisnya karena adanya siklus air. Nah siklus air atau daur air ini merupakan proses dimana air berasal dan untuk apa air tersebut, sehingga air selalu bergerak dan berpindah namun jumlah air masih tetap relatif stabil.

Bagi Anda yang ingin tau lebih dalam mengenai apa dan bagaiaman siklus air berjalan, dan bagaiman air tidak bisa habis-hais di bumi ini.

Langsung saja dalam artikel di bawah ini akan membahas mengenai water cycle dan daur air. Adapun sub-sub yang akan dipaparkan yakni daur air, proses daur air, proses siklus air serta macam-macam siklus air. Langsung saja di bawah ini paparannya.

Pengertian Siklus Air / Daur Air

siklus air

Siklus air adalah bergeraknya air dari satu tempat ke tempat lain dengan pertama dari mana serta dibutuhkan untuk siapa, dan pastinya dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup yang ada di bumi.

Dan untuk daur air adlaah air pasti sifatnya dapat diperbarui, sehingga setelah air dibutuhkan maka air akan datang lagi dengan melalui berbagai proses untuk memperbarui air. Berikut di bawah ini macam-macam water cycle, diantarnya adalah.

Macam Macam Siklus Air

Macam-macam siklus air terdapat tiga yakni, sikluas pendek, siklus sedang serta siklus panjang, berikut ini penjelasannya:

  1. Siklus Air Pendek

Siklus ini juga dapat disebut dengan siklus kecil, siklus ini merupakan silus yang paling sederhana, karena hanya melibatkan beberapa tahapan saja. Adapun beberapa tahapan yang ada di dalam water cycle pendek diantaranya sebgai berikut:

a. Sinar matahari mengenai sumberr-sumber air di bumi dan akan mebuat sumber air tersebut menjadi menguap

b. Karena penguapan tersebut maka terjadi kndensasi sehingga kemudian membentuk awan yang mengandung uap air

c. Awan yang mengandung uap air kemudian mengalami kejenuhan dan turunlah hujan di permukaan laut

Karena hujan di siklus pendek ini terjadi langsung diatas permukaan laut maka tidak ada tahapan pengaliran menuju ke laut lagi. Air hujan yang turun ke laut tersebut kemudian bercampur kembali dan mengalami water cycle kembali.

  1. Siklus Air Sedang

Pada siklus ini tentunya memiliki siklus yang lebih panjang dibanding dnegan sijklus sebelumnya. Adapun beberapa tahapan dan siklus sedang ini anatara lain sebagi berikut:

a. Matahari menyinari permukaan bumi, kemudian mengalami pemguapan. Air laut mengalami proses evaporasi dan berubah menjadi uap air akibat adanya panas matahari.

b. Uap air mengalami adveksi (hasil pemanasan) karena angin sehingga bergerak menuju daratan

c. Di atmosfer daratan, uap air membentuk awan dan berubah menjadi hujan

d. Air hujan di permukaan daratan akan mengalami run off menuju sungai dan kembali ke laut

  1. Siklus Air Panjang

Selanjutnya yakni siklus air panjang, yang patiny akan lebih panjang dari siklus sebelumnya. Dalam siklus ini memiliki tahapan yang lebih kompleks daripada dua siklus diatas. Beberapa tahapan dari siklus penjang antara lain sebegai berikut:

a. Matahari menyinari bumi termasuk sumber-sumber air seperti air laut, sehingga megalami proses penguapan

b. Kemudian terjadi evaporasi dan berubah menjadi uap air akibat adanya panas matahari.

c. Uap air yang berbentuk kemudian mengalami sublimasi

d. Awan yang mengandung kristal es kemudian terbnetuk

e. Awan menglami proses adveksi dan bergerak ke daratan

f. Awan mengalami presipitasi dan turun sebagai salju

g. Salju terakumulasi menjadi glester

h. Glester mencair karena pengaruh suu udara dan membentuk aliran sungai

i. Air yang berasal dari glester mengalir di sungai untuk menuju laut kembali

Nah, itulah paparan mengenai apa saja macam-macam siklus air yang ada. Untuk selanjutnya yakni proses siklus air dan proses daur air. Yuk langsung saja anda simak liputannya di bawah ini:

Proses Siklus Air

Ada berbagai prses yang terjadi selama siklus air, diantaranya yakni:

  • Penguapan
  • Kondensasi
  • Aliran air bwah permukaan
  • Limpasan pemukaan atau encairan salju
  • Debit sungai

Contoh Gambar Siklus Air

gambar siklus air

Dari gambar siklus air  diatas menjelaskan bahwa siklus air itu berputar, maka berikut penjelasan mengenai tahapannya. Lalu, bagaimana tahapannya? Terdapat empat tahap untuk siklus air ini yakni.

Tahapan Siklus Air

  • Tahap 1

Matahri merupakan kekuaktan atau pendorong dari siklus air. Mmanasakan air di laut, sungai dan danau,yang meguap ke atas naik di udara. Air jug amenguap melalui tanaan dan tanah melalui proses yang disebut dengan transpirasi. Air yang mnguap ini dalam bentuk uap air, yang tidak dapat dilihat dengan mata terbuka.

  • Tahap 2

Uap air tersbut bersentuhan dengan arus udara, yang embawanya lebih tinggi ke atmosfer. setelah utu mencapai suhu dingin, uap air mengembun membntuk awan, yang mengandung jutaan tetesan kecil air.

  • Tahap 3

Setelah terbentuknya awan, maka awan tersebut akan berkelan mengelilingi bumi. Namun ketika waktunya tela tiba yakni awan semakin lama semakin berat bagi awan untuk menahan air lagi, mereka meledak dan tetesan ai jatuh kembali ke bumi daan bentuk hujan. Hal ini dapat disebut dengan siklus hujan, jika suasana dingin, maka huujan berubah menjadi hujan salju dan hujan es.