Siklus Hidrologi : Pengertian, Jenis & Gambar Proses Terjadinya

⏩ Mengenal pengertian apa itu siklus hidrologi ⭐ contoh gambar proses siklus hidrologi dan daur hidrologi pendek, sedang, dan panjang☑️

Air yang berada di bumi ini lebih banyak dibanding dengan luasnya daratan yakni 1/3 daratan dengan air. Air selalu ada karena adanya hujan, hujan dapat tercipta karena adanya suatu proses alam yang berlangsung secara siklus dan terus menerus. Dalam pengaturan penyebaran air di daratan bumi, proses yang dimaksud adalah hydrological cycle.

Pengertian Siklus Hidrologi

Siklus hidrologi adalah salah satu dari enam siklus biokimia yang berlangsung di bumi. Daur hidrologi adalah suatu siklus air dari bumi ke atmosfer dan kembali lagi ke bumi berlangsung secara terus menerus.

Hydrological cycle berperan penting untuk kelangsungan hidup organisme bumi. Dengan adanya siklus ini kadar air di bumi terjaga mengingat teraturnya suhu lingkungan, cuaca, hujan dan keseimbangan ekosisitem bumi dapat tercipta karena proses hydrological cycle.

Proses terjadinya siklus hidrologi atau komponen-komponen hydrological cycle yakni tahapan yang terjadi pertama evaporasi, transpirasi, evapotranspirasi, sublimasi,  kondensasi, adveksi, presipitasi, run off, dan infiltrasi. Berikut penjelasannya.

Komponen Siklus Hidrologi

  • Evaporasi

Komponen pertama dari siklus hidrologi adalah evaporasi atau penguapan yang beraasal dari air yang berada di permukaan bumi. Evaporasi, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa evaporasi merupakan peguapan yang berasal dari sumber air yang di permukaan Bumi.

Sumber air yang ada d laut dan juga darat mengalami penguapan karena sinar matahari, yang kemudian berubah menjadi uap air yang tidak terlihat di atmosfer. uap air inilah yang kemudian menjadi terbentuknya hujan dan mengawali hydrological cycle.

  • Transpirasi

Penguapan yang berasal dari sumber air, baik itu air laut maupun yang ada di daratan, juga berasal dari tumbuh-tumbuhan. Penguapan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dinamakan dengan transpirasi.