Pencemaran Udara: Penyebab, Dampak dan Contoh Gambar

Pencemaran Udara – Di era yang serba modern ini, fenomena polusi udara mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Semakin berkembangnya zaman, semakin canggih teknologi, bumi semakin tua dan tidak menentukan musim yang biasanya rutin menjadi tidak beraturan datangnya.

Manusia sering mengalami sakit dan lain hal buruk yang terjadi. Pencemaran udara yang salah satu menjadi faktor terjadi hal tersebut. Dalam artikel ini akan di bahas menjadi lebih mendalam mengenai pencemaran udara.

Pengertian Pencemaran Udara

dampak pencemaran udara

Pencemaran udara adalah kualitas udara yang berkurang dengan campuran polusi udara dari kendaraan, asap bangunan pabrik dan juga industri skala kecil maupun besar.

Pengertian pencemaran udara selain itu jumlah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia dan biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan atau merusak properti. Berikut beberapa penyebab pencemaran udara yang bisa teman teman ulas.

Penyebab Pencemaran Udara

  1. Asap rokok

Rokok sering kita lihat dimana-mana, kebanyakan dari kaum laki-laki yang serig menghisapnya, padahal dalam kenyataannya asap rokok akan mengganggu dan berbahaya bagi kesehatan manusia seperti pernafasan.

Asap yang dihasilkan dari pembakaran bisa menimbulkan zat beracun yang mencemari udara. Bahkan ada yang meninggalkan karena asap rokok yang mengganggu pernafasan. Hal seperti ini hanrus segera ditangani, dengan cara memberikan penyuluhan megenai tentang bahaya asap rokok.

  1. Peralatan rumah tangga

Saat ini banyak prosedusen peralatan rumah tangga yang menciptakan perabot ramah lingkungan. Langkah ini untuk mencegah terjadinya polusi udara. Tentu saja tidak semua orang sadar akan hal tersebut. Sebagian mengeluhkan karena harganya yang mahal. AC dan kulkas menjadi penyumbang polusi udara terbesar di bumi.

  1. Kebakaran hutan

Kebakaran hutan bisa karena faktor cuaca yang sangat panas serta karena ulah manusia yang ingin membuka lahan dengan cara cepat. Sehingga merugikan masyarakat yang berada disekitar sana hutan serta menjadi penyumbang polusi di bumi, dengan banyaknya pohon maka kebakaran hutan sangatlah lama dan sudah di pastikan akan menimbulkan banyak asap.

Hal ini akan menjadi buruk dalam hal kesehatan, dan juga dapat keracunan dalam tempo yang cepat. Jika kadar polusi tinggi, maka lebih baik masyarakat yang berada di wilayah tersebut mengungsi untuk smentara waktu.

Dengan hal tersebut kebakaran hutan menyebabkan efeknya pemanasan global. Ditambha lagi dengan hutan yang menjadi paru-paru dunia. Sehingga suhu bumi mulai meningkat dan menyebabkan ketidaknormalan cuaca yang tidak menentu kapan datangnya.

Selain itu dampak buruk bisa terjad pada penglihatan atau memperburuk jarak yang terjdai di lokais kebakaran hutan. Aktivitaspun juga terganggu eperti dalam sisi eknomi, sehingga membuat terhambat karena menghirup polusi beracun serta membahayakan tubuh mereka.

  1. Asap kendaran

Banyaknya perusahaan finance yang memberikan promo promo kredit kendaraan bermotor DP ringan berdampak besar pada peningkatan polusi udara atau pencemaran di lingkungan masyarakat. Tak hanya di daerah perkotaan saja, pencemaran akibat asap kendaraan bermotor sepertinya juga sudah sampai di wilayah wilayah pedesaan.

Dampak Pencemaran Udara

pencemaran udara

 

Dari paparan penyebab pencemaran udara, maka untuk selanjutnya dapat kita ketahui dampak pencemaran udara, langsung saja di bawah ini. Beberapa Dampak pencemaran udara diantaranya sebagai berikut:

  1. Mengganggu perekonomian warga sekitar yang terkena polusi udara
  2. Mengganggu kesehatan pernafasan
  3. Mengganggu penglihatan dengan adanya asap membuat buram dalam melihat sehingga dapat mempengaruhi penglihatan
  4. Kualitas udara yang menurun
  5. Timbulnya efek rumah kaca
  6. Penggunaan produk pendingin ruangan, yang padahal hal tersebut dapat merusak lapisan ozon
  7. Dan lain sebagainya

Contoh Pencemaran Udara

  1. Polusi disebabkan asap kendaraan bermotor

Semakin tahun, kendaraan semakin meningkat karena disesbabkan karena kebanyakan menggunakan kendaraan pribadi sehingga mengakibatkan polusi udara semakin bertambah.

  1. Pembangkit listrik

Kebanyakan pembangunan pabrik termasuk pembangkit listrik, masih menggunakan bahan bakar yang tidak ramah lingkunga, sehingga menyebabkan polusi udara.

  1. Abu polusi letusan gunung berapi

Beberapa waktu lalu, memberikan dampak serius terhadap kualitas udara di bebrapa daerah. Sepert halnya gunung kelud yang menyebabkan awan hitam dan abu bertebangan hingga sampai daerah Jawa Barat.

  1. Limbah asap industri atau pabrik

Cerobong-cerobong yang mengeluarkan asap tersebut terkadang tidak ada filter untuk zat-zat yang dikeluarkan. Dari bebrapa penelitian bebrapa zat keluar dari proses industri ini berupa zat yang mmebahayakan untuk kesehatan alam dan manusia.

  1. Limbah pertanian

Penggunaan pupuk yang brlebihan menjadikan gas amonia dan NH3 yang terkandung dalam pupuk keluar berlebihan yang mengakibatkan dampak yang signifikan kepada atmosfer.

  1. Kegiatan pertambangan

Dalam proses pertambangansendiri ketika dalam proses penembangan mineral yang di ambil dari perut bumi menjadikan banyak polusi yang dihasilkan. Misalnya seperti beberapa bahan kimia dan debu yang sangat banyak hingga bisa kemudian menjaidkan penyebab pencemaran udara.

  1. Aktivitas rumah tangga

Hal-hal yang mengakibatkan polusi udara dalam aktivitas rumah tangga yakni pembakaran sampah yang masih sembarangan dan juga proses pengecatan rumah. Dari situ kandungan yang dikeluarkan oelh beberapa polusi tersebut sangatlah menyengat dan bahkan bisa menjadi salah satu faktor pengganggu kesehtan.

  1. Kebakaran hutan
  2. Efek timbunan sampah untuk polusi udara
  3. Penebangan hutan liar
  4. Asap rokok

Cara Mengatasi Pencemaran Udara

gambar pencemaran udara

 

Berikut di bawah ini hal yang paling ditunggu-tunggu, yakni solusi cara mengatasi pencemaran udara. Berikut paparannya:

  1. Melakukan penyaringan asap sebelum asap di buang keudara bebas dengan cara memasang bahan penyerap polusi
  2. Mengalirkan gas buangan ke dalam air atau dalam laturan pengikat dengan cara penurunan suhu sebelum gas duang ke udara bebas
  3. Mmebangun cerobong asap yang tinggi agar asap tersebut langsung dapat menembus lapisan inversi thermal agar tidak menambah polusi yang tertangkap di atas suatu pemukiman atau masyarakat
  4. Megurangi pemakaian bahan bakar fosil terutama yang mengandung asap serta gas-gas polusi lainya agar tidakmencemarkan lingkungan.
  5. Mengurangi sistem transportasi yang efisien dengan menghemat bahan bakar dan mengurangi kendaraan pribadi
  6. Memperbanyak tanaman hijau di daerah polusi udara tinggi.
Ragam Informasi Lainnya :
Pencemaran Tanah Hujan Asam
Pencemaran Lingkungan Siklus Air

Demikian paparan artikel diatas mengenai pengertian pencemaran udara, semoga bermanfaat untuk pembaca dan kalangan masyarakat. Selain itu juga semoga pembaca dapat mengerti dan memahami.

Penulis mengucapkan maaf, jika ada kesalahan dalam penulisan kata artikel yang tidak snegaja. Penulis sangat membutuhkan kritik dan saran dari pembaca. Terimaksih.

Leave a Comment