Akomodasi Adalah ? Pengertian, Tujuan & Contoh Akomodasi

⏩ Akomodasi Adalah? Berikut pengertian apa itu Akomodasi menurut KBBI ⭐ Jenis ☑️ Bentuk ☑️ Tujuan dan Contoh Akomodasi ☑️

Siapa kah yang tidak tahu apa itu akomodasi? bagi Anda yang belum tau yuk baca artikel ini sampai habis, karena dalam artkel ini akan dibahas lebih dalam mengenai definisi akomodasi lengkap beserta karakteristik dan contohnya.

Akomodasi adalah suatu pembelah konflik diantara dua pihak yang memiliki masalah, sehingga akomodasi sangat penting dipelajari jika terdapat konflik terjadi maka akomodasi merupakan pelerainya.

Yang akan dibahas pada artikel ini adalah pengertian akomodasi, bentuk akomodasi serta contoh akomodasi. Yuk langsung saja simak di bawah ini detail ulasan informasinya.

Pengertian Akomodasi

akomodasi adalah

Akomodasi adalah suatu upaya yang dilakukan untuk mendamaikan pihak yang memiliki masalah, atau akomodasi adalah suatu upaya untuk melerai atau memisahkan dua belah pihak yang terlibat konflik sehingga tercapai suatu keadaan yang kondusif.

Ada juga yang menjelaskan bahawa akomodasi adalah suatu cara untuk menyelesaikan masalah antara beberapa pihak tanpa menjatuhkan satu sama lain.

Akomodasi adalah kata yang sering digunakan sosiolog untuk mendeskripsikan suatu keadaan individu maupun kelompok yang sedang mengalami konflik berusaha meneyesuikan hubungan mereka sehingga dapat mengatasi masalah yang sedang terjadi.

Arti akomodasi yakni kegiatan pemisah pihak yang sedang berkonfik atau pelerai. Adapun tujuan adanya akomodasi yakni sebagai berikut.

Tujuan Akomodasi

  1. Meminimalisirkan terjadinya knflik antar individu atau kelompok yang diakibatkan oleh perbedaan pendapat ataupun perbedaan apapaun itu.
  2. Mencegah konflik menjadi lebih besar.
  3. Menyatukan kelompok-kelompk sosial yang berbeda namun memilki tujuan yang sama.

Karakteristik Akomodasi

  1. Kebutuhan akomodasi terjadi karena adanya konflik atau permasalahan
  2. Bersifat universal
  3. Proses yang terjadi secara terus menerus
  4. Pengertian Akomodasi adalah perpaduan soal cinta dan kebencian

Bentuk Bentuk Akomodasi

Sesuai dengan pengertian akomodasi diatas, ada beberapa bentuk akomodasi yang dapat menyelesaikan pertikaian adapun bentuk-bentuk akomodasi adalah sebagai berikut:

  • Kompromi

Pihak-pihak yang terjalin pertikaian melakukan musyawarah untuk mengurangi tuntutannya sehingga konflik dapat diselesaikan dengan lebih mudah dan berakhir secara sehat.

  • Konsiliasi

Pihak-pihak yang melakukan pertikaian mengdakan pertemuan untuk mencari jalan tengah dari masalah yang terjadi sehingga permasalahan tersebut dapat diselesaikan.

  • Stalemate

Terdapat salah satu pihak yang sedang melakukan pertikaian, kemudian berhenti pada saatu titik tertentu sebagai akibat terjadinya keseimbangan keuatan pada masing-masing pihak.

  • Coercion

Pelaksanaannya dilakukan dengan cara paksa. Yang dilakukan karena salah satu pihak yang bertikai berada pada posisi yang lebih lemah, atau kekuatannya tidak seimbang