Siklus Nitrogen : Pengertian & Contoh Proses Daur Nitrogen (Nitrifikasi)

⏩ Mengenal pengertian apa itu siklus nitrogen ⭐ contoh gambar proses siklus nitrogen dan daur nitrogen☑️ Nitrifikasi dan Denitrifikasi ☑️

Pernahkah Anda mendengar mengenai siklus nitrogen? Pasti ada yang sudah tau dan ada yang tidak tau. Nah, Jika belum tau maka siklus nitrogen ini adalah rangkaian proses dimana nitrogen bekerja atau bergerak, untuk siapa dan dari siapa.

Nitrogen adalah makanan dari tumbuhan bukan? Masih inget nggak sama pelajaran IPA dulu di SD. Nah dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa itu siklus nitrogen, agar pembaca yang ingin menelusuri mengenai siklus nitrogen lebih faham dan jelas.

Maka dari itu, dalam artikel ini terdapat sub-sub yang akan dipaparkan di bawah ini yaitu diantaranya pengertian siklus nitrogen, daur nitrogen, skema daur nitrogen serta gambar siklus nitrogen. Yuk langsung saja yaa di bawah ini.

Pengertian Siklus Niktrogen

siklus nitrogen

Siklus nitrogen adalah suatu prses dimana nitrogen berasal dari mana dan untuk apa, sehingga nitrogen tersebut selalu ada dan menjadi seperti rantai, tak ada putusnya. Lalu apa sih bedanya siklus nitrogen dan daur nitrogen?

Sedangkan untuk pengertian daur nitrogen adalah suatu pembaruan dimana nitrogen berasal dan diterima oleh siapa sehingga menghasilkan nitrogen kembali atau baru.

Nitrogen adalah komponen terbesar dalam kehidupan serta dalam komposisi gas di bumi ini. Baik manusia, hewan tumbuhan sangat membutuhkan nitrogen untuk kelangsungan hidup, pertumbuhan dan perkembangannya.

Dalam hal ini nitrogen ialah unsur utama dalam pembentuk asam amino, asam yang digunakan sebagai bahan penting alam molekul pembentuk protein. Kesediaan nitrogen terpenuhi karena adanya daur nitrogen yang berlangsung secara terus menerus.

Selain itu Daur nitrogen adalah salah satu daur biogeokimia yang dala hal ini terjadi di bumi karena adanya interaksi yang terjadi anatara komponen dalam ekosisitem. Nitrogen banyak digunkan oleh tumbuhan sebagai bahan baku pertumbuhannya.

Adapun beberapa sumber tersedianya nitrogen karena terjadinya proses pemecahan nitrogen di udara secara alami melalui kejadian yakni sebagai berikut.

Proses Siklus Nitrogen

  1. Petir

Petir adalah hal ini memilki energi besar untuk memecah nitrogen di atmosfer sehingga ia dapat bereaksi denga oksigen dan membentuk nitrit, kemudian nitrit jatuh ke tanah bersama air hujan dalam daur air yang sehingga kemudian menjadi hara penting dalam menunjang kesuburan tanaman.

  1. Fiksasi nitrogen

Dalam fikasasi nitrogen terdapat bakteri untuk mengikat nitrogen di udara menjadi terikat di tanah, bakteri yang memiliki kemampuan ini misalnya rhizobium, kemoautotrof, marsiella crenata, azobotbacter, rhodospirillum, dan clostridium. Fiksasi nitrogen dilakukan secara alami oleh sejumlah prokariota berbeda, termasuk bakteri.

Banyak tanaman yang lebih tinggi dan beberapa binatang rayap, telah membentuk asosiasi simbiosis dengn mikoorganisme ini. Sebagian besar spesies kacang-kacangan misalnya menyediakan habitat bagi bakteri pengikat nitrogen dan menerima bentuk nitrogen yang dapat digunakan sebagai manfaat.

  1. Penambangan

Biasnaya tumbuhan oleh petani diberi pupuk nitrogen agar memperoleh pertumbuhan yang makasimal. Nah pupuk nitrogen ini berasal dari proses penambangan nitrogen yang ada di udara. Penambangan semacam ini hanya dapat dilakukan dengan bantuan teknlogi tinggi.

Daur nitrogen berlangsung karena diawali proses penambatan nitrogen di udara melalui fiksasi yang dilakukan oleh bakteri tanah, karena bantuan petir, serta karena penambangan yang dilakukan oleh manusia.

Setelah mengalami fiksasi, nitrogen kemudian mealui beberapa tahanapan lanjut yang meliputi amonifikasi, nitrifikasi dan dentrifikasi. Berikut penjelasnnya:

  • Amonifikasi adalah pengubahan senyawa amonia atau nitrat menjadi ammonium, alam daur nitrogen, ammonium dapat diasilkan dari pengubahan nitrat yang dilakukan oleh bakteri Micrococcus denitrifican.
  • Nitrifikasi adalah proses koversi amonium menjadi nitrit dengan bantuan enzim nitrogenase melalui dua tahapan yakni tahap nitritasi dan nitratasi. Nitritasi adalah knversi amonium menjadi nitrit dengan bantuan bakteri nitrosomonas, sedangkan nitratasi adalah knversi nitrit atau NO2 menjadi nitrit atau NO3 dengan bantuan bakteri nitrobacter. Dalam daur nitrogen, nitrifikasi hanya dapat berlangsung pada kondisi cukup oksigen sedangkan pada kondisi tidak cukup oksigen proses dinitirifikasilah yang akan terjadi.

Proses Nitrifikasi dan Denitrifikasi

Proses nitrifikasi yakni proses dimana ion ammonium diksidai menjadi ion nitrit, proses ini terjadi di tanah, air laut, maupun air tawar. Nitrifiksi muncul secara almiah di lingkungan dengan keberadaan bakteri khusus nitrifikasi.

Tingkat reaksi nitrifikasi sangat tergantung pada sejumlah faktor lingkungan. Faktor-faktor tersebut anata lain adalah substrat dan konsentrasi oksigen, suhu, ph dan adanya zat beracun atau zat yang meghambat proses nitrifikasi.

Denitrifikasi adalah suatu proses dalam daur nitrogen yang menyebabkan pelepasan nitrogen ke udara dipicu oleh kondisi tidak cukup oksigen di dalam tanah. Di kondisii tidak cukup oksigen, bakteri-bekteri di tanah seperti micrococcus denitrifican, thiobacillus dentrifican dan pseudomonas denitriican, mengambil oksigen dari nitrit yang ada di dalam tanah.

Gambar Siklus Nitrogen

gambar siklus nitrogen

Agar lebih jelas dan mudah dimengerti , berikut di bawah ini merupakan gambar siklus nitrogen yang kami paparkan diatas. Terlihat jelas bagaimana gambar siklus nitrogen tersebut memperlihatkan proses daun nitrogen yang terjadi.

Proses Daur Nitrogen

daur nitrogen

Skema daur nitrogen seperti halnya pada gambar diatas. Penjelasan skema daur nitrogen  yakni nitrogen dialam dalam bentuk gas yang tidak dapat digunakan baik oleh tumbuhan maupun hewan.

Berbeda dengan tumbuhan dan hewan, bakteri mampu menggunakan nitrogen dalam bentuk gas untuk metabolismenya, dan menghasilkan senyawa nitrogen dalam bentuk lain, amonium dan nitrat.

Dua jalur utama masuknya nitrogen ke dalam suatu ekosistem. Jalur pertama nitrogen berasal dari deposit nitrogen atmosfer yang berjumlah sekitar 5% sampai 10%.

Dalam jalur ini baik amonium maupun nitrit yang terlarut air hujan maupun yang terbawa elh debu-debu dapat memasuki suatu eksisitem untuk selanjutnya digunakan oleh tumbuhan. Sedangkan jalur yang kedua masuknya nitrogen ke dalam suatu ekosisitem ialah melalui serangkaian reaksi kimia yang di bantu oleh mikroorganisme.

Maka penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa siklus nitrogen memang harus kita mengerti, agar kita dapat memahami dan mengerti. Nitrogen sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup.

Mmaka dari itu kita harus tetap menjaga kestabilannya dengan cara tetap menanam tumbuhan serta menjaga hewan-hewan sekitar agar tetap hidup dan berkembangbiak untuk menyempurnakan siklus daur nitrogen.

Sebenarnya tujuan dari siklus dan daur sama saja hanya saja artinya berbeda, jika siklus nitrogen yakni  perjalanan perpindahan atau bergeraknya nitrogen dari mana ke mana.

Namun jika daur nitrogen yakni pembaruan nitrogen dari mana ke mana, hal ini artinya nitrogen setelah digunakan kembalilah nitrogen tersebut dengan bentuk yang baru seperti halnya rangkaian makanan.

Demikian penjelas artikel menegnai siklus nitrogen, semoga bermanfaat bagi pembaca serta dapat dimengerti. Mohon maaf jika terdapat kesalahan yang tidak di sengaja oleh penulis, penulis mengucapkan mhon maaf sebesar-besarnya.

Ragam Informasi Lainnya :
Arti Retensi Arti Hipotesis
Arti Observasi Arti Implementasi

Dengan ini penulis sangat membutuhkan kritik dan saran dari pembaca atau pengunjung artikel siklus nitrogen ini agar artikel yang akan di buat penulis selanjutnya menjadi lebih baik dari seblumnya. Maka dari itu besar harapan penulis untuk pembaca mengoentari hasil dari membaca artikel diatas.