Teks Biografi : Pengertian, Unsur, Tujuan & Strukturnya

⏩ Mengenal pengertian apa itu teks biografi ⭐ struktur teks biografi ☑️ Unsur ☑️ Tujuan ☑️ dan Kaidah Kebahasaan Lengkap ☑️

Biografi adalah suatu teks pengenalan tokoh kepada pembaca. Sering kali kita hanya membaca teks biografi dari seseorang entah dalam buku novel maupun jurnal dan lain sebagainya. Namun kita juga harus mempelajari apa itu teks biografi, karena kita tidak akan tahu bagaimana kedepannya nanti.

Jika kita melakukan melamar pekerjaan, memperkenalkan diri jika Anda seorang penulis, dan lain sebagainya, dengan mempelajari teks biografi semoga dapat membantu dalam pembuatan teks biografi pembaca dan dapat digunakan sebagai referensi.

Pengertian Teks Biografi

teks biografi

Teks Biografi adalah teks yang isinya bertujuan untuk memperkenalkan seorang tokoh mengenai kelebihan atau kekurangan agar dapat menjadi teladan bagi pembaca. Adapun jika teks tersebut berisikan untuk memperkenalkan dirinya sendiri maka itu disebut dengan autobiografi.

Biografi biasanya berada di belakang sendiri yakni pada novel, buku cerita, laporan, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk auto biografi biasanya ada pada lembar lamaran pekerjaan atau sejenis riwayat hidup.

Struktur Teks Biografi

Dalam struktur teks biografi kita harus menggunakan seluruhnya agar teks memiliki satu kesatuan, berikut di bawah ini struktur teks biografi:

  1. Orientasi

Pada teks bagian ini berisikan mengenai pengenalan tokoh atau gambaran awal tokoh yang akan menjadi topik.

  1. Peristiwa dan masalah

Pada teks bagian ini berisikian mengenai peristiwa apa saja yang telah dialami tokoh, sebelum meraih sukses atau hal apa saja yang mengesankan dalam hidup dan hal apa saja yang menyedihkan dalam hidup yang pernah dirasakan oleh tokoh. Sehingga semua kisah hidupnya ada pada bagian ini.

  1. Reorientasi

Pada teks bagian ini merupakan penutup, jadi apa kesan dan pesan penulis terhadap tokoh yang dijadikan topik.

Dari struktur teks biografi diatas dapat disimpulkan bahwa teks ini sama halnya dengan menceritakan tentang tokoh baik itu kelebihannya dan kekurangannya serta menyantumkan hal-hal yang berkesan dalam hidupnya. Struktur teks diatas menjadi hal yang penting dan menjadi pembeda dari teks-teks lainnya.

Tujuan Teks Biografi

Tujuan dari penulisan teks ini sangat banyak, berikut paparannya:

  1. Agar pembaca terinspirasi bahwa untuk meraih prestasi membutuhkan usaha kerja keras, do’a dan tawakal. Usaha yang keras pasti akan mendapatkan hasil yang baik, karena usaha tidak akan mengkhianati hasil.
  2. Memotivasi pembaca untuk lebih giat dalam belajar, bekerja maupun melakukan kegiatan lainnya dengan sungguh-sungguh, agar menjadi orang yang sukses dan bermanfaat untuk orang lain.
  3. Memberikan informasi bahwa setiap manusia baik jabatan tinggi maupun tidak tinggi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, dan menyadarkan pembaca bahwa mengidolakan tokoh agar tidak berlebihan.
  4. Sebagai contoh atau mengambil hikmahnya. Sehingga hal baik yang dilakukan oleh tokoh dapat dicontoh, dan hal yang tidak baik dapat ditinggalkan.
  5. Agar pembaca menghilangkan kebiasaan-kebiasan yang tidak baik dalam hidupnya, sehingga dapat mengambil pelajaran dalam membaca biografi seorang tokoh.
  6. Menjadi patokan penulis dan pembaca dalam meraih prestasi, setidaknya bias melebihi dari tokoh yang menjadi inspirasi pembaca maupun penulis.
  7. Sebagai wawasan untuk penulis dan pembaca tentang hal-hal yang belum diketahui, sehingga dengan adanya biografi, penulis dan pembaca dapat menyelusuri lebih dalam mengenai hal-hal yang baru didapat.

Unsur Teks Biografi

Pada dasarnya unsur biografi hanya meliputi dua unsur saja, yakni pertama, tokoh yang diceritakan. Tanpa adanya tokoh atau tanpa adanya cerita tentang tokoh yang menjadi inspirasi penulis maka itu bukan merupakan biografi.

Biasanya tokoh yang diceritakan adalah seseorang yang memiliki keisitimewaan, merupakan seorang pemimpin, seseorang yang memiliki prestasi yang membanggakan, dan tokoh-tokokh lain yang terkenal dalam hal prestasi yang positif.

Kedua yakni narasi, dalam pembuatan biografi secara tidak langsung membuat sebuah cerita tentang tokoh yang menjadi inspirasi penulis. Sehingga sebelum membuat biografi tokoh alangkah lebih baiknya dipertimbangkan terlebih dahulu dalam hal-hal prestasi, karena agar mendapatkan nilai-nilai yang bisa dipetik atau diambil oleh pembaca maupun penulis.

Jenis Teks Biografi

Dibawah ini terdapat empat teks biografi daintaranya sebagai berikut:

Berdasarkan sisi penulis :

  1. Autobiografi yakni suatu teks atau ceita tentag peristiwa sang tokoh itu sendiri, sehingga tokoh tersebut menceritakan mengenai dirinya sendiri, namun sebaliknya dengan,
  2. Biografi yakni suatu tulisan atau cerita tentang tokoh, sehingga penulis menceritakan tokoh tersebut.

Berdasarkan isinya :

  1. Biografi perjalanan hidup, yang berisikan tentang perjalanan hidupnya secara lengkap dan diambil bagian yang sangat mengesankan dalam hidup., sedangkan,
  2. Biografi perjalanan karir, berisiskan tentanng perjalanan karir bagaimana tokoh tersebut mencapai kesuksesannya.

Berdasarkan persoalan yang dibahas :

  1. Biografi politik berisikina mengenai sudut pandang tokoh dalam hal politik.
  2. Biografi intelektual berisikan tentang inteletual, namun bahasanya menggunakan bahasa ilmiah.
  3. Biografi jurnalistik yakni tentang perjalanan tokoh melalui wawancara penulis.

Berdasarkan penerbit :

  1. Buku sendiri yakni buku yang diterbitkan kepada penerbit namun biaya produksi sendiri, seperti percetakan, penulisan, pemasaran ditanggung sendiri.
  2. Buku subsidi yakni buku yang diterbitkan oleh penerbit dengan biaya penerbit, mulai daari penulisan, pemasaran biaya dari penerbit.

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

  1. Kata penghubung

Kata yang digunakan untuk menyambung kata pada kata lain atau menyambung kalimat pada kalimat lain, seperti dan, namun, tetapi, jika, untuk, dan lain sebagainya.

  1. Rujukan kata

Kata yang digunakan untuk merujuk kata atau kalimat yang sudah dijelaskan di sebelumnya. Seperti, ini, itu, hal tersebut, disana, disini, diatas, dibawah, dan lain sebagainya.

  1. Peristiwa, waktu dan tempat

Kata yang digunakan untuk menunjukkan secara detail mengenai peristiwa, waktu dan tempat sehingga cerita tersebut benar-benar meyakinkan pembaca bahwa hal itu memang benar-benar terjadi.

  1. Kata kerja

Kata yang digunakan sebagai petunjuk apa yang dilakukan oleh tokoh.

Pola Penyajian Teks Biografi

Pola penyajian teks jenis ini dibagi menjadi 4 yakni:

  1. Alur cerita, yakni runtutan cerita entah itu dari masalalu menuju masa sekarang atau masa sekarang kemudian masa lalu, dapat menggunakan salah satu dari kedua alur tersebut.
  2. Sudut pandang tokoh, sudut pandang yang digunakan yakni orang kedua, jika orang pertama itu dinamakan autobiografi.
  3. Gaya penulisan
  4. Fokus penceritaan
Ragam Informasi Lainnya :
Teks Prosedur Teks Eksplanasi
Teks Berita Teks Eksposisi
Teks Eksemplum Teks Anekdot

Dari paparan diatas mengenai teks biografi semoga dapat bermanfaat untuk pembaca dan artikel diatas dapat di copy paste jika ada salah dalam penulisan, penulis mengucapkan minta maaf serta penulis mengucapkan terimakasih kepada pembaca karena sudah menyimak dengan baik.

Leave a Comment