Rumus Volume Prisma Segitiga dan Segi Empat + Contoh Soal

Pada ulasan kali ini kita akan mempelajari tentang rumus volume prisma segitiga dan prisma segi empat yang mana juga telah kami rangkumkan beberapa contoh soal tentang prisma segitiga dan prisma segi empat yang kami harapkan kita semua bisa memahami rumus prisma ini dengan mudah dan tepat. Sebenarnya rumus menghitung volume prisma ini sudah diajarkan di bangku sekolah. Nah, disini kita hanya akan mengulanginya sedikit dengan tambahan contoh soal menghitung volume prisma.

Pertama mari kita simak definisi dan pengertian prisma. Prisma adalah salah satu bentuk bangun ruang yang paling populer. Prisma memiliki beberapa tipe yang dapat dibedakan dari masing-masing sisinya. Ada prisma segitiga, prisma segi empat, prisma persegi, dan prisma segi lima. Pada sebuah bangun ruang terdapat volume (isi) yang memiliki ukuran tertentu.  Prisma juga merupakan bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh dua sisi segi banyak yang sejajar dan kongruen.

Perhatikan gambar prisma segitiga dibawah ini:

prisma segitiga

Prisma segitiga diatas memiliki 5 buah sisi, 9 buah rusuk dan 6 buah titik sudut. Limas dengan alas dan tutup disebut Balok dan prisma dengan alas dan tutup berbentuk lingkaran disebut dengan tabung. Prisma memiliki ciri terdapat sisi-sisi yang saling berpotongan menurut rusuk-tusuknya yang sejajar. Berikut ini rumus luas dan volume prisma.

Baca juga : Rumus Voulme Kerucut

Untuk menghitung volume dan luas dari tipe prisma diperlukan rumus yang berbeda-beda pula. Pada artikel ini akan diulas mengenai rumus volume dan luas prisma semua tipe.

Rumus Volume Prisma :

A. Rumus Volume Prisma Segitiga

  • V = (1/2 x alas segitiga x tinggi segitiga) x tinggi prisma.

B. Rumus Volume Prisma Persegi

  • V = (sisi x sisi) x tinggi prisma.

C. Rumus Volume Prisma Segiempat

  • V = (panjang x lebar) x tinggi prisma.

D. Rumus Volume Prisma Segilima

Keywords:

volume prisma