Rumus Vlookup dan Hlookup Excel + Cara Menggunakannya

  1. Range lookup

Range lookup diisi dengan nilai Boolean true atau false. Nilai logika true atau false ini mengarah ke tipe pencarian. Nilai logika di rumus excel vlookup dipakai menjadi acuan untuk menetapkan apa kita ingin vlookup menemukan  hasi yang sama persisi atua cukup menemukannilai yang mendekati saja.

  • True

Vlookup akan menemukan nilai yang di cari di tabel refernsi pencarian yang sama persisi atua mendekati, apabila nilai yang sama persis tidak ditemukan jadi nilai yang paling besar berikutnya yang kurang dari nilai yang di cari yang kan dihasilkan.

  • False

Vlookup akan menenukan nilai yang di cari di tabel referensi pencarian yan sama persisi saja. apabia tidak ditemukan jadi vlookup akan menghasilkan pesan error #NA!.

Baca juga : Kumpulan Rumus Excel Lengkap

Cara Menggunakan Rumus Vlookup

Supaya jadi lebih jelas lagi mengenai cara memakai rumus excel vlookup ini coba perhaeikan contoh rumus vlookup di bawah ini :

Pada contoh pertama yang berwarna kuning rumus vlookup mencari nilai dari cel C9 di kolom nomor, angka 3 ditemukan di baris ke 4 dari tabel data A2 : E7. Hasilnya adalan milai sel yang sebaris di kolom ke 2.

vlookup

Untuk rumus selanjutnya hanya beda nomor kolom yang diambil, yaitu kolom nomor 3, 4, dan 5. Perhatikan contoh kedua yang berwarna biru pada gambar di atas tadi. Jika rang lookup diataur false dan data yang dicari tidak ditemukan jadi rumus vlookup exce menghasilkan nilai error #NA.

Rumus vlookup di atas mencari hilai angka 7 di kolom nomor. Karena mamakai range lookup false dan data tidak ditemukan jadi rumus vlookup menghasilkan pesan kesalahan #NA.

Apabila range vlookup merupakan true atau di kosongkan, nilai nilai pada kolom pertama tabel refrensi harus, diletakan di dalam urutan narik, apabila tidak, vlookup bisa jadi tidak menghasilakan nilai yang benar, coba perhatikan contoh di bawah ini.

rumus vlookup

Untuk rumus vlookup excel di contoh di atas memakai true menjadi parameter range lookup. Angka 6 tidska ditemukan di kolom pertama. Jadi vlookup mengambil nilai yang dekat dengan nilai yang di cari. Hal yang sama juga berlaku apabila range lookup dikosongkan atau tidak diisi.

Hal lain yang harus diperhatikan disaat memakai rumus vlookup merupakan apabila nilai yang diberikan untuk argument nili yang di cari lebih kecil dari nilai paling kecil pada kolom pertama argument tabel refrensi, rumus vlookup akan memberikan hasil nilai kesalahan #N/A. perhatikan contoh di bawah ini.

rumus vlookup excel

Untuk rumus vlookup excel, argument nilai yang dicari bisa berbentuk teks, angka, atua nilai logika. Apabila memiliki nilai tek jadi huruf besar dan huruf kecil pun akan dianggap sama.

Harus diperhatikan juga bahwa argument nomor kolom harus memiliki nilai lebih dari o. apabila argument nomor kolom kurang dari 1 ( 0 atau negative ), rumus vlookup akan menghasilakan nilai kesalahan #REF!. Coba perhatikan contoh vlookup di bawah ini :

contoh rumus vlookup

Ketika memakai rumus excel vlookup dan mencari nilai teks pada kolom pertama tabel refrensi, harus dipastikan bahwa data pada kolom pertama tabel refrensi tidak ada isi spasi awal, spasi akhir, pemakai tanda kutip lurus ( atau dan lengkung dengan inkosisten, atau karakter noncetak. Di dalam permasalahan ini, vlookup bisa jadi akan memberi hasil nilai yang tidak pas atau tidak seperti apa yang diharapkan.

Saat mencari nilai angka atau tanggal, harus dipasitkan bahwa data pada kolom pertama tabel referensi tidak disimpan menjadi nilai teks. Di dalam kasus ini, cara vlookup excel bisa jadi akan memberikan hasil nilai yang salah atau seperti yang tidak diharapkan juga.

Ketika mengaplikasikan rumus excel vlookup, juga bisa memakai karakter wildcard di nilai pencarian fungsi vlookup apabila rangelookup false dan nilai yang dicari yaitu teks. Karakter wildcard tada tanya tepat dengan karakter tunggal apa saja, sementara tanda bintagna tepat untuk urutan karakter apa saja. coba perhatikan contoh vlookup di bawah ini :

contoh rumus vlookup excel

Rumus Vlookup Beda Sheet

Nah sedangkan untuk rumus vlookup beda sheet pada prinsipnya sama saja dengan  yang biasanya, hanya tinggal mengarahkan sheet yang jadi refrensi atau acuan untuk menjawab kolom yang ingin diisikan. Dan sebelum melanjutkan tuisan cara memakai rumus fungsi vlookup beda sheet, dapat memakai versi Microsoft apa saja.

  1. Langkah awal buat tabel refrensi pada lembar pertama, yang sudah ada isi data dan sudah ditentukan sebelumnya.
  2. Kemudian buat tabel tujuan pada lembar kedua, yagn sudah di isi data tapi kolom yang ingin di isi dikosongkan karena akan diisi dnegan rumus vlookup.
  3. Di lembar tujuan kilik kolom tujuan, karena kolom tersebut akan dimasukan rumus dan nantinya akan diisi data dari rumus tersebut . masukan rumus VLOOKUPnya.
  4. Setelah kolom sudah terisi semuanya, lalu sekarang mengisis kolom sealanjutnya yang ingin di sisikan caranya sama saja dengan cara yang pertama.
  5. Nah setelah semua kolom yang kosong sudah terisikan dari lebar refrensi ke lembar tujuan, maka selelsai sudsh tabel di lembar tujuan mengambil data dari lembar refrensi.

Rumus Vlookup Kombinasi

Tak hanya rumus vlookup yang ada seperti di atas saja akant tapu juga terdapat Rumus excel vlookup kombinasi dan juga rumus hlookup juga sangat popular digunakan oleh para pengguna Microsoft excel dalam melakukan kebutuhannya, dan memang rumus vlookup dan hlookup sangat memiiliki nilai kegunaan yang tinggi.

Nah untuk memakai rumus excel kombinasi dari rumus rumus excel yang lainnya. Tabel tabel refrensi ini yang dipakai untuk memudahkan pemakaian  di rumus excel yang akan dipakai. Disaat menggunakan rumus ini juga hrus dituntut ketelitan untuk menyusun sebuah kode kode tabelnya.

Agar tidak muncul error jadi hasil fungsi harus di ubuah dari nilai teks jadi nilai numeric memakai fungsi value jadi rumus excelnya berubah. Maka selanjutnya hanya tinggal copy dan paste rumus yang ada di sel lain yang ada di bawahnya untuk mendapat hal yang diinginkan.

Apabila ada yang menyimpulkan memakai rumus kombinasi fungsi vlookup right, jadi memang benar. Dan juga haru slebih telitai lagi agar tujuan yang diinginkan bisa di dapatkan dengan mengambil karakter kode dari posisi tengah teks.

Dan terdapat satu lagi untuk menjadi cacatan yang terkahir bahwa rumus excel vlookup ini hanya mengamil data pertama yang telah ditemkan, jadi apabila data yang dicari nyatanya lebih dari satu jadi untuk mengambiil data ganda itu harus memakai cara yang lainnya.

Satu lagi juga  terdapat catatan yang lainnya bahwa rumus vlookup hanya berlaku apabila tabel tersusun dengan bentuk vertical. Kemudian bagaiman dengan tabel yang disusun dengan horizontal? Nah ini coba cari tahu bagaimana dengan tabel yang disusun secara horizontal. Yaaa jika tabel yang dibuat tersusun dengan horizontal yang pasti menggunakan rumus excel hlookup.

Baca juga : Rumus Terbilang Excel

Nah, pastinya mudah kan untuk mempelajari rumus rumus yang ada pada Microsoft ini? agar lebih paham dan lancar, selalu berlatih dengan membuat data data yang akan digunakan menjadi data refrensi untuk dijadikan latihan dalam menerapkan rumus excel ini dan pastinya jangan mudah menyerah jika terjadi error selalu teliti saat menggunakan rumus ini.

Demikian penjelasan mengenai rumus vlookup yang digunakan di Microsoft excel, semoga semua makna yang terkandung dapat tersampaikan dengan sempurna. Sehingga dapat membantu dalam menambah inforamasi, pengetahuan, dan wawasan bagi para pembaca.

Leave a Comment