Rumus Vlookup dan Hlookup Excel + Cara Menggunakannya

Vlookup dan Hlookup Excel – Fungsi vlookup atau yang biasa disebut dengan rumus vlookup merupakan satu dari beberapa fungsi atua rumus excel dasar yang begitu sering digunakan, rumus vlookup excel ini juga termasuk ke dalam kategori lookup dan reference ini akan sering digunakan saat mengerjakan tugas tugas setiap hari yang berhubungan dengan Microsoft excel. Lalu bagaimana cara menggunakan rumus vlookup di excel? Nah berikut ini adalah tahap tahap menggunakan rumus vlookup di excel.

Nah sebelum mempelajari bagaimana cara memakai rumus excel vlookup. Maka harus tahu dulu apa itu rumus excel vlookup di Microsoft excel. Fungsi atau rumus excel vlookup merupakan satu dari banyak fungsi Microsoft excel yang dipakai untuk mencari data di kolom pertama dari sebuah tabel data, lalu mengambil nilai dari sel mana saja di baris yang sama di tabel data tersebut.

Dengan menggunakan rumus vlookup di Microsoft excel ini bisa mengisi data di sebuah tabel atas dasar data di tabel refrensi lainnya dengan memakai sebuah nilai kunci yang spesifik. Satu dari beberap acontoh pemakaian rumus vlookup yaitu untuk konversi rentang nilai angka ke huruf pada Microsoft excel.

Rumus Vlookup Excel

rumus excel vlookup

Awalan huruf V di depan kata vlookup adalah singkatan dari kata vertical. Istilah vertikal ini mengarah kepada bentuk tabel refrensi yang dipakai, yang mana harder atau judul tabel letaknya da di bagian aas dan field datanya tersusun ke bawah dengan vertical.

Rumus vlookup ini tersedia di seluruh versi Microsoft excel, baik excel versi 2016, excel 2013, excel 2010, excel 2007, excel 2003, excel XP atau pun Excel 2000. Nah untuk cara menggunakan rumus vlookup adalah mengikuti kaidah penulisan berikut ini :

VLOOKUP(nilaiyangdicari ; tabelrefrensi; nomorkolom; [RangeLookup])

4 Unsur Rumus Vlookup

Dari kadiah tersebut bisa diketahui bahwa rumus excel vlookup mempunyai empat argument yaitu :

  1. Nilai yang dicari

Nilai yang dicari adalah nilia yang akan di cari di kolom pertama dari sebuah tabel atau kolom yang paling kanan dari tabel refernsi. Argument ini bisa berupa angka, teks, tanggal atau pun nilai tertentu baik ditulis langusng atau pun dari sebuah referensi sel. Dapat juga berupa nilai yang dihasilkan oleh rumus excel yang lainnya.

  1. Tabel refrensi

Tabel refrensi merupakan sebuah tabel referensi data yang terdiri atas 2 kolom atau lebih, dimaa nilai yang dicari ada di kolom pertama tabel data ini.

  1. Nomor kolom

Nomor kolom adalah kolom dari argument tabel refernsi yang mengandung nilai data dan akan di ambil nilai yang sebaris dengan posisi nilai yang dicari di kolom pertama.

Leave a Comment