Rumus Bangun Ruang Beserta Gambar dan Contoh Soal Lengkap

Rumus Bangun ruang – Untuk yang sudah mendapatkan pelajaran matematika dari sekolah dasar pastinya sudah tidak asing algi dengan bangun ruang. Dimana jenis bangun ruang tersebut begitu beragam dan masing masing bangun ruang mempunyai luas permukaan dan volume yang dapat dihitung dari rumus bangun ruang. Bangun ruang bisa diartikan sebagai bangunan yang secara matematika memiliki volume atau isi. Dan juga bisa diartikan bangun ruang adalah penamaan atau sebutan untuk bangun bangun tiga dimensi atau bangun yang memiiki ruang yang dibatasi oleh sisi sisinya.

Di dalam dunia matematika ada delapan jenis bangun ruang yang pada umumnya sudah sering di dengan dan juga diketahui di dalam kehidupan sehari hari apalagi di mata pelajaran sekolah. Di setiap masing masing jenisnya bangun ruang juga memiliki sifat sifat yang saling berbeda satu dengan yang lainnya.

Karena perbedaan sifat bangun ruang itu lah yang membuat rumus bangun ruanga di setiap masing masing jenisnya juga beda. Maka dari itu masing masing jenis bangun rngan akan memiliki rumus volume yang beda beda.

Wajib untuk diketahi juga bahwa volume atau isi dari sebuah bangun ruangan adalah kapasitas perhitungan ukuran banyak ruang yang dapat ditempati di dalam sebuah objek. Dimana objek itu adalah berupa benda yang beraturan atau yang tidak beraturan.

Gambar Bangun Ruang dan Rumusnya

bangun ruang

Contoh bangun ruang diantaranya adalah kubus, balok, prisma, tabung, kerucut, limas, silinder, dan juga bola. Tidak hanya bisa dihitung besar volumenya tapi bangun ruang juga bisa dihitung luas permukaannya. Jadi bisa juga diketahui bahwa rumus bangun ruang terdari rumus volume bangun ruang dsan rumus luas permukaan.

Berikut ini terdapat delapan jenis bangun ruang yang harus dan wajib untuk diketahui baik dari rumus luas permukaan dan juga volume bangun ruang yang tidak lupa juga disertakan gambar bangun ruang.

  1. Kubus

bangun ruang kubus

Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang hampir mirip dengan balok. Kubus mempunyai 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Yang membuat beda dengan balok adalah kubus terbentuk dari sisi yang sama dan sebangun. Kubus juga disebut dengan bidang enam beraturan karena semua sisi baik panjang, lebar dan tinggi mempunyai ukuran sama.

Kubus memiliki beberapa sifat yaitu :

  • Kubus memiliki enam buah sisi yang ukruran dan bentuknya sama.
  • Kubus memiliki jumlah rusuk 12 yang ukuranny sama persisi.
  • Rusuk kubus saling bertemu dan membentuk 8 sudut yang besarnya sama yaitu 90 derajat.

Bangun ruang kubus memiliki 4 rumus bangun ruang yaitu :

  • Volume atau isi kubus V = sisi x sisi x sisi atau V = s x s x s
  • Luas seluruh permukaan kubus = 6 x ( sisi x sisi )
  • Keliling kubus = 12 x rusuk
  • Luas salah satu sisi = rusuk x rusuk
  1. Balok

bangun ruang balok

Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang terdiri atas 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Terbentuk dari tiga persegit panjang yang satu pasang diantaranya mempunyai ukuran yang berbeda beda. Balok terdiri atas panjang ( p ), lebar ( l ), dan tinggi ( t ). Panjang adalah rusuk terpanjang dari alas balok, lebar adalah rusuk terpendek dari sisi alas balok, dang tinggi adalah rusuk yang tegak lurus ke panajng dan lebar baok.

Bangun ruang balok memiliki beberapa sifat yaitu :

  • Empat buah sisi balok bentuknya persegi panjang
  • Dua sisi lainnya mempunyai bentuk yang sama
  • Empat buah rusuk balok mempunyai pangjang yang sama
  • Delapan rusuk lain balok mempunyai pajang sama

Bangun ruang balok memiliki 4 rumus bangun ruang yaitu :

  • Volume balok V = panjang x lebar x ringgi atau V = p x l x t
  • Luas permukaan balok = akar dari ( p² + l² + t² )
  • Diagonal ruang + akar dari ( p² + l x t ) + ( 2 x l x t )
  • Keliling balok = 4 x ( p + l + t )
  1. Prisma segitiga

bangun ruang prisma segitiga

Prisma adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi sisi yang mempunyai panajng dan lebar. Bisa dikatakan prisma mempunyai alas dan tutup yang ukurannya sama. Alas dan tutup prisma dapat beragam tergantugng jumlah seginya nah yan kita bahas ini adalah prosma segitiga.

Prisma memiliki beberapa sifat yaitu :

  • Jumlah sisi prisma disesuaikan dengan jumlah rusuk pada alas atua pada tutup prosma lalu ditambah dua.

Bangun ruang prisma segitiga memiiki 2 rumus bangun ruang yaitu :

  • Volume prisma segitiga V = luas alas segitiga x tinggi atau V = x p x l x t
  • Luas permukaan = keliling alas segitiga x tinggi + ( 2 x luas alas segitiga )
  1. Bangun ruang limas

Limas adalah bentuk bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi dengan alas yang memiliki bentuk sgi – n ( segitiga, segiempat, dst. Atau lingkaran ) dan mempunyai sisi sisi yang tegak dan berbentuk segitiga. Limas dengan alsa yang memiliki bentuk lingkaran disebut juga krucut. Sementara limas dengan alsa yang memiliki benuk persegi disebut dengan piramida.

Bangun ruang limas juga memiliki beberapa sifat yaitu :

  • Memiiki titik puncak
  • Jumlah sisi mengikuti jumlah rusuk di alas lalu ditambah alas itu sendiri. Contohnya seperti limas segitiga yang memiliki jumlah rusuk alas ada 3 yang artinya ditambah satu jadi jumlah sisinya ada 4.

Bangun ruang Limas segiempat

limas segi empat

Bangun ruang limas segiempat memiliki 2 rumus bangun ruang yaitu :

  • Volume limas V = x luas alas x tinggi  V =  x p x l x t
  • Luas permukaan, luas permukaan limas segiempat = luas alas + luas selubung limas

Bangun ruang limas segitiga

limas segi tiga

Bangun ruang limas segitiga memiliki 2 rumus bangun ruang yaitu :

Leave a Comment