Platform Adalah ? Arti Apa Itu Platform, Fungsi, Jenis & Contohnya

⏩ Arti Platform Adalah? Berikut pengertian apa itu platform menurut KBBI ⭐ Jenis Platform ☑️ dan Contoh platform dalam dunia IT & bisnis ☑️

Kata platform sangatlah asing dikalangan masyarakat, lalu siapa yang tau mengenai apa itu platform? Mungkin ada yang sudah pernah mendengar platform tetapi belum mengetahui apa itu platform? Sebenarnya platform memilki berbagai arti namun berbeda definisi yakni Arti platform secara singkat yakni rencana kerja atau program.

Arti platform adalah pernyataan sekolompok orang atau partai tentang prinsip dan kebijakan, arti paltform adalah tempat yang tinggi, mimbar atau panggung, selain itu arti platform yakni beranda stasiun. Namun dalam pembahasan kita kali ini akan membahas salah satu diantara arti platform diatas yakni yang berarti rencana kerja atau program.

Nah dalam artikel ini akan dibahas secara merinci mengenai apa itu platform, diantaranya yang akan dibahas yakni pengertian platform, fungsi platform, jenis platform serta conth platform. Yuk langsung aja dibawah ini ya.

Pengertian Platform

platform adalah

Arti platform adalah rencana kerja atau program. Definisi platform adalah sebuah program dimana ia merupakan dasar atau titik bawah untuk berjalannya sebuah teknologi sistem seperti hardware atau software.

Selain itu platform adalah sebuah kombinasi dari dasarnya perangkat keras dengan sebuah kerangka kerja pernagkat lunak. Kombinasi tersebut memungkinkan sebuah pernagkat lunak, khusus pernagkat lunak aplikasi dapat berjalan.

Andorid adalah sisitem operasi ponsel berbasis Linux yang populer dan dikembangkan oleh Google karena proses akuisis tahun 2005 silam. Selain perangkat touchscreen, Google juga telah mengembangkan Android Wear untuk jam tangan.

Masing-masing platform tersebut hadir dengan antar muka pengguna khusus. Varian Android juga digunakan pada game, kamera digital, PC dan elektronik lainnya.

Ada juga platform (rencana kerja) Java salah satu pernagkat lunak komputer dan spesifikasi yang dikembangkan oleh Sun Microsystems, yang menyediakan sistem untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak dan menerapkan tersebut dalam sebuah cross platform (rencana kerja)  lingkungan komputasi.

Yang digunakan diberbagai macam platform (rencana kerja)  komputasi dari perangkat embedded dan ponsel ke server perusahaan dan super komputer. Platform java terdiri dari beberapa program, masing-masing menyediakan sebagian dari kemampuan secara keseluruhan.

Java compiler, yang mengubah kode sumber Java menjadi bytecode Java. Komponen penting dalam platform Java compiler bahasa, perpustakaan dan lingkungan runtime yang di intermediate mengeksekusi bytecode menurut aturan yang tercantum dalam virtual machine spesifikasi.

Fungsi Platform

Fungsi utama platform adalah untuk menjalankan sebuah pernagkat lunak agar dapat digunakan atau berjalan serta dapat memudahkan kita untuk mengopersaikan aplikasi atau software dan lain sebagianya yang berhubungan dengan teknologi, memeberikan keamanan dan membantu dalam hal perencanaan.

Platform terbagi menjadi dua yakni platform yang bekerja untuk hardware dan software (OS) serta platform yang bekerja untuk software saja (Java, Net). Maka dari itu platform adalah unsur yang sangat penting dalam pengembangan perangkat lunak, atau platform adalah sebagai tempat untuk menjalankan perangkat lunak.

Sebuah platform artinya renacan kerja terdiri dari sistem operasi yaitu program sistem koordinasi komputer yang memberikan perintah-perintah kepada proses dan hardware untuk melakukan operasi-operasi logis dan mengatur pergerakan data di komputer. Banyak rang beranggapan bahwa platform dan sistem operasi itu sama, namun pada kenyataannya tidak. Platform adalah dasar atau tempat dimana sistem operasi bekerja, tanpa platform sistem operasi tidak akan berjalan.

Salah satu platform (rencana kerja) yang digunakan diseluruh masyarakat di dunia yakni platform (rencana kerja) android. Apa itu platform android? Berbagai platform (rencana kerja) sudah berkembang pesat di industri teknologi. Biasnya plikasi yang akan menyesuaikan sendiri ingin menggunakan platform (rencana kerja) yang mana supaya kerja alikasi dapat maksimal, karena tidak semua platform (rencana kerja) dapat dikombinasi dengan aplikasi

Jenis Jenis Platform

Terdapat dua jenis platform (rencana kerja) dengan fungsi yang berbeda, yakni dengan platform (rencana kerja)  yang mendukung satu perangkat manufaktur serta platform yang dapat digunakan berbagai manufaktur. Berikut penjelasannya:

  1. Platform (rencana kerja) yang mendukung satu perangkat manufaktur:
  2. Blackberry, pernagkat ini mendminasi pasar samrtphone di wilyah Ameriak Utara. Bersifat multi-tasking dengan mendukung kinerja umum seperti telepon, sms, web, browsing, Internal faxing, layanan push e-mail, dan layanan nikabel lainnya.
  3. iPhone OS, iPhone dan iPod. Platform ini menggunakan bahasa program objective C yang berbasis C. Belakangan ini, Mac OS X 10,5 juga menggunakan Objective C dan platform lain tidak banyak yang menggunakan bahasa ini. Mac OS menggunakan bahasa ini untuk membuat program pada produk iPhone.
  4. Platform (rencana kerja) yang mendukung perangkat untuk berbagai manufaktur:
  5. Java, ME, jenis platform ini biasanya menghasilkan aplikasi portable. Namun ada beberapa pernagkat hardware tertetu membuat aplikasi Java menjadu tidak portable
  6. Symbian platform, tipe ini hanya khusus di desain untuk pernagkat mobile dan termasuk dalam sistem open source, bersifat multi-tasking, real-time. Symbian dapat berjalan baik pada resource sistem, sehingga dapat mengoptimal kerja sistem, menghemat baterai dan penggunaan memory handphone
  7. Android yakni produk platform keluaran linux dari peruashaan open handset alliance. Aliansi ini terdiri dari 34 anggta seperti google, mtrola, T-Mobile, HTC dan Qualcomn. Android di program menggunakan bahasa Jawa untuk mendukung software besaar dari 34 anggota, hardware, perusahaan telekomunikasi dan kernel linuxnya digunakan untuk Hardware Abstraction Layer (HAL).
  8. NET Compact Frmework, paltform ini digunakan untuk mendukung aplikasi pada windows mobile/Pocket PC/ Tablet bahkan sekarang juga mendukung perangkat Android.
  9. BREW, umunya hanya digunakan untuk aplikasi ada ponsel CDMA. Namun sekarang juga digunakan untuk GSM/GPRS. BREW didistribusikan leh Brew Content Platform.
  10. Palm OS
  11. Windows Mobile
  12. Microbrowser
  13. Flash Lite, digunakan untuk perangkat yang mndukung Flash Lite Player

Contoh Platform (Rencana Kerja)

Contoh dari platform adalah PC, MAC, PDA/ Smartphone, Xbox, PS3,Nintendo Wii, dll. Nah, dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa platform adalah suatu perangkat yang menjadi dasar atau tanah dalam menjalankan suatu sistem yang berupa software atau hardware.

Platform (rencana kerja) ini digunakan berbagai teknologi, maka dari itu tanpa platform (rencana kerja)  teknologi tidak akan berjalan. Arti platform adalah rencana kerja atau program. Sepengetahuan penulis, Platform (rencana kerja) hanya digunakan pada handphone dan komputer.

Ragam Informasi Lainnya :
Arti CEO Arti E- Commerce
Arti UMKM Arti Afiliasi

Demikian paparan artikel mengenai platform (rencana kerja), semoga bermnafaat dan semoga pembaca dapat memahami apa yang tertera pada artikel diatas. Terimakasih pembaca karena sudah menyimak dengan baik mulai dari awal hingga akhir.

Penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan atau kalimat yang tidak sesuai pada artikel pengertian dan contoh platform diatas, penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Pastinya dalam artikel mengenai arti platform adalah diatas memilki banyak kekurangan, sehingga penulis membutuhkan sekali kritik dan saran dari pembaca, terimakasih atas perhatiannya. Dan selamat belajar kawan!

Leave a Comment