Persekusi Adalah ? Berikut Arti Persekusi dan Contoh Kasusnya

Pengertian Persekusi – Apa itu persekusi? Bagi yang sudah tidak asing lagi di telinga akan sering mendengar kata persekusi. Namun tidak dipungkiri sering kita lihat di sekitar kita tindakan yang tidak baik terjadi. Seperti halnya perkelahian, pertempuran, perselisihan antar mahasiswa, antar sekolah, pertikaian dengan sebuah club motor dan lain sebagainya. Beberapa contoh yag telah disebutkan diatas merupakan contoh tindakan persekusi.

Arti persekusi yakni suatu perbuatan yang tercela. Dalam tulisan ini akan menimbulkan persepsi yang banyak, sehingga jadilah pembaca yangbijak. Persekusi adalah suatu perbuatan yang tidak baik yang dilakukan individu ataupun kelompok. Dalam artikel ini akan dibahas lebih dalam mengenai pengertian persekusi, kasus persekusi, beserta contoh dari pesekusi. Diabawah ini akan dipaparkan eberapa sub diatas sebagai berikut:

Pengertian Persekusi Menurut Para Ahli

persekusi

Persekusi adalah perbuatan yang buruk yang dilakukan oleh perseorangan ataupun perkelompok. Hal ini biasanya terjadi karena adanya perselisihan yang berbeda pendapat atau pertikaian karena perbedaan agama, suku ataupun ras. Yang memiliki rasa emosi yang tinggi, biasanya ia memiliki hal yang menimbulkan perbuatan yang buruk.

Arti perskusi juga dapat diartikan dengan balasan buruk terhadap perseorangan yang mungkin pernah berbuat buruk yang membuat lawan menjadi ingin balas dendam. Arti persekusi juga dapat diartikan dengan hakim sendiri atau dalam bahasa jawanya melabrak.

Persekusi juga bisa diartikan upaya penganiayaan, perlawanan, penindasan. Arti persekusi juga bisa disebut dengn tindakan sewenang-wenang terhadap lawan. Persekusi artinya memiliki makna luas, sehingga dapat disimpulkan bahwa persekusi adalah suatu tindakan atau perilaku yang tidak baik atau buruk terhadap seseorang atau kelompok yang bertujuan untuk melampiaskan hawa nafsu atau melakukan balasan buruk sehingga muncullah korban.

Kasus Persekusi di Indonesia

Kasus persekusi tidak ada henti-hentinya untuk tidak melakukan, setiap hari ada saja berita mengenai persekusi entah soal pemerkosaan, perkelahiaan, penganiayaan, penculikan. Bahkan baru-baru ini ada kasus mengenai pelecehan seksual terhadap anak di umur 9 tahun, bahkan korbannya tidak hanya satu lebih tetapi lebih dari satu bahkan juga pelakunya seorang kakek-kakek dan korbannya pun ada yang seorang perempuan dan laki-laki.

Tidak hanya itu, ada kasus yang sedang hangat-hangatnya yakni penculikan yang dilakukan di daerah malang juga ada, bahkan korbannya anak kecil. Ada video viral juga yang menculik anak kecil kemudian dianiaya.

Hal ini sangat miris sekali, semua terjadi karena apa, karena kurangnya belajar untuk mengendalikan diri sendiri, faktor dalam karena kelainan atau faktor luar karena tidak bisa mengendalikan hawa nafsu, adanya kelompok yang menjadi provokasi, adanya menyebarkan fitnah, kurangnya ilmu pengetahuan. Solusi yang dapat dilakukan yakni mencegahnya dengan cara bekerjasama dengan masyarakat agar jika ada keanehan, atau aka terjadi kegaduhan secera melapr kepada pihak yangberwajib.

Contoh Kasus Persekusi

persekusi adalah

Pada contoh persekusi dibawah ini, persekusi adalah tindakan penganiayaan, menghakimi sendiri, pembunuhan serta penindasan. Dibwah ini akan diberikan masing-masing contoh terhadap tindakan tersebut:

  1. Pencuri Motor Dipersekusi Warga

Pada hari minggu didepan minimarket yang lumayan sepi pengunjung, karyawan yang berada didalam sedang asyik menata barang yang baru saja datang. Tiba-tiba salah satu karyawan tidak sengaja melihat CCTV bahwa diparkiran terdapat 3 orang yang mencurigakan berboncengan lalu berhenti didepan minimarket. Dikira pelanggan minimarket, namun orang 3 tersebut salah satunya tidak ada yang masuk, lalu kemudian diamati kembali oleh karyawannya itu.

Ternyata mereka mencoba mencuri sepeda motor beat berwarna hitam, dengan 2 orang yang sedang mengawasi keadaan. Kemudian karyawan itu langsung menghubungi teman-temannya dan seketika itu teman-temannya langsung lari dn teriak maling-maling, lalu pencuri tersebut yang satu kabur dan yang dua telah ditangkap, dan dipersekusi (dihakimi sendiri) dipukuli hingga babak belur dan ditelanjangi.

  1. Anak Usia 10 Tahun Menjadi Korban Persekusi

Setiap pulang sekolah anak ini selalu ceria dan membawa eskrim kerumahnya. Nanmun beberpa hari ini ia terlihat murung dan jarang membawa eskrim dirumah. Hingga suatu ketika ibunya bertanya padanya, ada apa nak? Ia hanya terdiam dan melamun sendiri.

Dengan ras acuriga ibunya mengawasi putrinya itu setiap pulang sekolah, ia tidak langsung pulang, namun ternyata ia dijemput oleh seorang bapak-bapak yang sudah ia kenali yakni tetangganya sendiri.

Ketika dijalan anaknya mmpir membeli eskrim dan setelah itu anak tersebut kerumah bapak yang menjemputnya. Ibunya merasa tidak curiga namun ketidak curigaan ibunya berubah menjadi curiga ketika rumah tetangganya itu ditutp dan jendelanya ditutup.

Kemudian ibunya langsung lari dan mengetuk pintu tetangganya tersebut, kemudian dari dalam anaknya sedang menangis ketakutan. Lalu ibunya mendobrak pintu yang terkunci itu, ternyata anaknya sedang dilecehkan.

Selama ini ia tidak berani memberitahu karena ia diancam akan dibunuh jika perbuatan bejatnya itu terbongkar. Ibunya memukuli tetangganya itu dengan pot keramik yang berukuran tinggi 50 cm hingga tersangka tewas ditempat.

  1. Mencuri 15.000 Terhukum Penjara 1,3 Tahun

Sebut saja namanya S, S tidak bersekolah selama 5 tahun lamanya. Ia putus sekolah ketika SD kelas 5. Karena pengangguran ia berniat mencuri uang milik temannya, karena aksinya ketahuan maka S menghantam kaki korban dengan batu bata sebanyak 3 kali, karena menjerit kesakitan.

Ia didatangi oleh bebrapa warga dan ia dipukuli ditempat. Namun aksinya tidak berhasil dan ia dilaporkan kepada pihak berwajib dengan hukuman 1,3 tahun penjara.

  1. Mulutmu Harimaumu

Karena suka berbicara yang tidak sedap terhadap tetangganya, namun terdapat bebrapa tetangga yang memaklumi hal tersbeut, namun ada saja yang tidak menyukai hal tersebut karena sakit hati.

Karena sudah lama memendam maka pada akhirnya membeludak dan korban mengobrak abrik rumahnya ketika orang yang menghinanya tidak ada dirumah. Pintu dijebl da kaca dipecahkan, serta barang-barang yang didalam rumah berantakan, ia sangat membenci tetanganya yang suka membicarakan kejelekannya.

Ia tidak perduli dengan orang-orang yang melihatnya, maka warga sekitar menelfon pihak yang berwajib dan menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan. Tetangga yang menghinanya sudah mengaku salah. Sehingga ia berjanji tidak akan mengulanginya lagi, ia berjanji untuk selalu menjaga mulutnya jika berbicara. Ia memaafkan korban karena semua berawal dari kesalahan dirinya sendiri.

Nah, dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa persekusi adalah suatu tindakan tanpa pikiran bersih dan tanpa hati nuranimelakukan tindakan yang mencelakai orang lain, sehingga muncullah korban, hal tersebut dilakukan seorang atau un kelompok. Persekusi adalah hal yang harus dihindari lebih baik laporakan kepada phak yang berwajib agar dihukum sesuai perbuatan yang telah ia lakukan. Arti persekusi adalah wewenang yang dilakukan tanpa akal sehat. Terimakasih sudah menyimak dengan baik, semoga bermanfaat untuk pembaca.