Rumus Perkalian Matriks 3 x 3, 2 x 2, dan Contoh Soal Lengkap

  1. Contoh dua matriks yang bisa dikalikan

 

Matriks pertama pada contoh yang telah diberikan di atas mempunyai jumlah kolom yang banyanya 4 dan jumlah baris di matriks ke dua yaitu 4. Jumlah kolom di matriks pertama sama dengan jumlah baris di matriks ke dua. Hasil perkalian dua buah matriks ini yaitu matiks dengan ukuran 2 x 2.

Jadi, untuk penjelasan dari rumus perkalian matriks memiiki metode rumus menghitung matriks yang begitu beda dengan operasi menghitung nilai penjumlahan atau pengurangan matriks.

Rumus Perkalian Matriks

Metode yang diaplikasikan di dalam rumus perklaian matriks yaitu dengan memasangkan baris di matriks pertama dengan kolom di matriks kedua akan tetapi kedua nilai matriks ini dapat dikaikan apabila banyak kolom di matriks pertama memiliki nilai yang sama dengan banyak baris di mariks kedua dan hasil  perkalian matriks akan memiliki barisa yang sama banyak dengan baris matriks pertama.

hasil perkalian matriks

Contoh Soal Perkalian Matriks

Agar lebih jelas dan paham lagi mengenai perkalian matriks, berikut ini terdapat beberapa contoh soal perkalian matriks sebagai berikut ini.

contoh soal perkalian matriks

Tentukan lah diantara operasi perkalian matriks di atas yang bisa dilakukan :

  1. A = B, Bisa karena orso martriks A merupakan 2 x 3 dan ordo matriks B merupakan 3 x 2, kolom matriks A sama dengan baris matriks B.
  2. A = C, Bukan, ordo matriks A merupakan 2 x 3 sementara ordo matriks C merupakan 2 x 2, kolom matriks A tidak sama dengan baris matriks C
  3. B = C, Bisa, ordo matriks B merupakan 3 X 2 dan ordo mariks C merupakan 2 x 2, kolom matriks B sama dengan baris matriks C.
  4. C = D, Bukan, ordo mariks C merupakan 2 x 2 sementara ordo matriks D merupakan 3 x 2, kolom matriks C tidak sama dengan baris D.

soal matriks

Baca juga : Sifat Logaritma

Demikian penjelasan mengenai materi rumus perkalian matriks, semoga semua makna yang terkandung dapat tersampaikan dengan sempurna. Sehigga dapat menambah informasi, wawasan dan juga pengetahuan bagi para pembaca khususnya yang sedang mendalami ilmu matematika.

Leave a Comment