Rumus Perkalian Matriks 3 x 3, 2 x 2, dan Contoh Soal Lengkap

Rumus Perkalian Matriks – Pada pembahasan kali ini akan membahas mengenai maeri perklian matriks dimulai dari pengertian, jenis jenisnya, rumus perkalian matriks, hingga contoh soalnya juga tidak lupa dengan pembahasannya yang lengkap. Tidak hanya membahas mengenai rumus perkalian matriks akan tetapi juga sedikit membahas mengenai rumus perkalian saklar matriks, agar lebih jelas lagi langsung saja simak penjelasan mengenai materi matriks perkalian di bawah ini.

Jadi matriks merupakan sebuah kumpulan bilangan yang disusun dengan baris atau dengan kolom atau dapat juga disusuk kedua duanya dan diapit di dalam tanda kuraung. Elemen elemen mariks sendiri terdiri dari bilangan bilangan yang membentuk di dalam suatu matriks. Matriks sendiri ini dipakai untuk menyederhanakan penyampaian data, jadi akan lebih mudah untuk diolah berikutnya.

Sedangkan untuk pengertian perkalian matriks yaitu nilai matriks yang bisa dikalikan menggunakan cara setiap baris yang dikalikan dengan tiap kolom dengan jumlah di baris yang sama. Sementara untuk rumus  perkalian matriks ini sesungguhnay adalah suatu turunan dari operasi dasar matriks karena maca matriks matematika menurut operasi dasar matriks dibagi yaitu terdapat rumus penjumlahan matriks, rumus  pengurangan matriks, rumus perkalian scalar matriks, dan juga rumus mencari perkalian matriks.

Jenis Jenis Rumus Matriks

rumus perkalian matriks

Sedangkan untuk  jenis jenis rumus matriks sendiri di bagi menjadi  9 yaitu sebagai berikut :

  1. Rumus matematika matriks baris merupakan matriks yang memiliki satu baris saja.
  2. Rumus menghitung matriks kolom adalah matriks yang hanya memiiki satu kolom
  3. Rumus mencari matriks nol adalah matriks matematika yang seluruh komponenya memiliki nilai bilangan nol
  4. Matriks persegi adalah matriks yang mempunyai baris dan juga kolom yang banyaknya sama.
  5. Rumus matriks matematika segitiga alas
  6. Matriks diagonal
  7. Matriks segitiga bawah
  8. Matriks scalar
  9. Matriks identitas

Dari seluruh jenis dan macam macam matriks matematika di atas, disini akan menjelaskan dan juga memberikan penjelasan mengenai rumus perkalian matriks dan juga rumus perkalian scalar matriks matematika yang lengkap dan juga rinci karena disini juga akan memberi  beberapa contoh soal dari perkalian matriks jadi dapat memudahkan untuk memahmai cara perkalian matriks yang sudah dijelaskan.

Nah, seperti yang sudah dikatakan di atas tadi bahwa konsep perhitungan perkalian matriks yaitu mengalikan elemen elemen baris pada matriks pertama dengan elemen elemen baris di matriks pertama dengan elemen elemen kolom di matriks kedua.

Baca juga : Sudut Istimewa

Perkalian Matriks 3 x 3 dan 2 x 2

Disetiap anggota elemen matriks lainnya sesuai dengan urutan dan peraturan yang berlaku di perkalian matriks. Kemudian bagaimana dengan perkalian matriks 2 x 2 dan perkalian matriks 3 x 3 ?

Jadi perhitungan perkalian antar dua buah matriks ditengan ukuran 2 x 2 bisa dibilang adalah perkalian matriks yang begitu sederhna untuk dikerjakan. Karena hanya butuh mengalikan baris dan kolom yang sesuai dengan peraturan perkalian matriks.

Proses perkalian matriks 3 x 3 akan lebih rumit dari pada perkalian matriks 2 x 2. Karena semakin besar ukuran matriksnya, jadi juga akan semakin kuat juga proses perkalian yang harus dilakukan untuk memperoleh hasil perkalian matriks.

Ukuran matriks telah dinyatakan di dalam baris dikali kolom. Jadi, matriks yang dinyatakan di dalam ukuran 2 x 2 artinya mempunyai anggota matriks yang terdiri dari dua baris dan juga dua kolom.  Dua buah matriks hanya bisa dikalikan apabila matriks pertama mempunyai jumlah kolom yang sama dengan matirks yang kedua.

Contohnya seperti matriks 3 x 2 dengan matriks 2 x 3. Matriks 3 x 2 mempunyai jumlah kolom sebanyak 2. Matriks 2 x 3 mempunyai jumlah baris sejumlah 2. Karena jumlah kolom di matriks pertama sama dengan jumlah baris ke dua, jadi kedua matriks itu bisa dikalikan. Hasil perkalian matriks 3 x 2 dengan matriks 2 x 3 yaitu matriks 3 x 3. Pada umunya, ukuran dari hasil perkalian dua matriks dinyatakan pada persamaan di bawah.

persamaan matriks

Coba perhatikan perbedaan dari dua buah matriks yang bisa dikalian dan dua buah matrik yang tidak bisa dikalikan pada contoh yang telah di berkan di bawah ini :

  1. Contoh dua matriks yang tidak bisa dilkalian

Matriks pertama memiliki jumlah kolom sebanyak 3 dan matriks ke dua memiliki jumlah baris sebanyak 2. Karena jumlah kolom dei matriks pertama tidak sama dengan jumlah baris di kolom ke dua jadi dua buah matriks itu tidak bisa dikalikan.

Leave a Comment