UMKM adalah ? Pengertian Apa itu UMKM dan Contohnya

⏩ Kepanjangan UMKM Adalah? Berikut pengertian apa itu UMKM menurut KBBI ⭐ Contoh Bisnis UMKM ☑️ Data Jumlah UMKM di Indonesia ☑️

Bagi Anda seorang pedagang atau pembisnis pasti tidak akan asing dengan kata UMKM. UMKM adalah dimana perseorangan membuka usaha kecil dan menengah dengan diatur dalam undang-undang. Kepanjangan UMKM adalah Usaha Mikro kecil dan menengah.

Pengertian UMKM

umkm adalah

UMKM adalah suatu badan usaha yang dilakukan perseorangan dengan maksud memperoleh keuntungan serta sadar pajak baik itu usaha mikro, kecil maupun menengah dengan kriteria yang telah ditentukan berdasarkan undang-undang.

UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Pengertian UMKM adalah suatu usaha yang diatu roleh undang-undang dengan usaha kecil dan menengah. Usaha mikro adalah usaha milki perseorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro sesuai yang diatur dalam undang-undang.

Usaha kecil adalah usaha ekonomi yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan cabang perusahaan, yang secara tidak langsung menjadi bagian dari usaha besar yang memenuhi kriteria usaha kecil sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang.

Sedangkan usaha menengah adalah usaha ekonomi yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan cabang perusahaan, yang secara tidak langsung menjadi bagian dari usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang.

Kriteria UMKM :

  1. Usaha mikro

Usaha meikro memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

  1. Usaha kecil

Usaha kecil memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp. 50.000.000 – Rp. 500.000.000 (lima puluh juta rupiah sampai dengan lima ratus juta rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Memilki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp. 300.000.000 – Rp. 2.500.000.000 (tiga ratus juta rupiah sampai dengan dua milyar lima ratus juta rupiah).

  1. Usaha besar

Usaha besar yang memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp. 500.000.000 – Rp. 10.000.000.000 (lima ratus juta rupiah sampai dengan sepuluh milyar rupiah). tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp. 2.500.000.000 – Rp. 50.000.000.000 (dua milyar lima ratus juta rupiah sampai dengan lima puluh milyar rupiah).

Pajak UMKM 2020

Pajak UMKM adalah dibawah ini sebagai berikut:

  1. Pemerintah memotong tarif pajak penghasilan (PPh) final bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari 1% menjadi 0,5%.
  2. Mengutip keterangan Direktorat Jendral Pajak Kebijakan itu diumumkan Presidden Jokowi Widodo, pada hari juma’at tanggal 22 juni 2018 di JX International (Jatim EXPO) Surabaya. Jokowi meluncurkan peraturan pemerintahan (PP) Nomr 23 tahun 2018 tentang pajak penghasilan atas penghasilan dari usaha yang diterima atau diperoleh wajib pajak yang memilki peredaran bruto tertentu sebagai pengganti atas pemerintahan nomor 46 tahun 2013.

Data Jumlah UMKM di Indonesia

UMKM adalah suatu usaha yang didukung oleh pemerintah, dengan aturan yang telah ditetapkan pada undang-undang, sehingga dikenakan pajak dengan tujuan untuk memasarkan atau membantu dalam mengelola usaha Anda serta memantau jalannya usaha Anda.

Data badan perencanaan pembangunan nasional, badan pusat statistik dan united nation population fund, memprediksi jumlah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia pada 2020 sebanyak 58,97 juta orang. Sedangkan jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2020 diprediksi 265+ juta jiwa.

Deputi Bidang Pembiayaan kementerian Koperasi dan UKM (kemkop UKM) Yuana Sutyowati menyatakan bahwa jumlah usaha mikro ada sebanyak 58,91 juta unit, usaha kecil 59,260 unit dan usaha besar 4,987 unit, serta jumlah wirausaha wanita mencapai 14,3 juta orang.

Data jumlah diatas meningkat 1,6 juta orang dari jumlah 12,7 juta orang tahun sebelumnya. Dan tercatat di tahun 2020 ini 3,79 juta umkm sudah Go Online. Yuana juga memberitahukan bahwa data badan pusat statistik, tercatat 3,79 juta pelaku UMKM teah memanfaatkan teknologi digital atau bisnis e-commere.

Oleh karena itu, harus terus mendorong serta memberikan dukungan untuk upaya pemanfaatan dan optimalisasi teknologidigital bagi pelaku bisnis koperasi dan UMKM melalui berbagai kebijakan dan program dalam mengembangkan koperasi dan UMKM menuju digital economy.

Contoh Bisnis UMKM

contoh umkm

UMKM diatur berdasarkan Undang-Undang nomor 20 tahun 2008 tentang UMKM (usaha mikro kecil dan menengah). Dalam artikel di bawah ini akan dipaparkan mengenai apa itu UMKM lebih dalam dan juga contoh bisnis UMKM.

  1. Contoh UMKM bidang kuliner

Jualan cemilan, membuat restoran kecil, rumah makan, usaha kafe, jualan makanan, warung makan, kue pesta atau kue ulang tahun, cateringan dan lain sebagainya

  1. Contoh UMKM bidang fashion

Butik batik, kaos brand (distro), baju muslimah, toko seragam sekolah, baju anak muda wanita, baju anak muda laki-laki, baju khusus naik gunung, baju khusus liburan pantai, jual tas untuk sekolah, tas untuk santai, tas untuk gunung, tas koper, tas barang-barang, jilbab kekinian, jual accessories wanita, penyewaan kostum dan lain sebagainya

  1. Conth UMKN bidang pertanian

Bisnis UMKN daam bidang pertanian ini memilki prospek yang cukup menjanjikan, negara kita ini memilki tanah yang cukup subur, 70% mayorotas pekerjaan masyarakat Indonesia ialah Petani.

Melihat hal yang demikian tentunya usaha apapun di bidang pertanian memilki prospek yang cukup menjanjikan. Conth UMKM bidang pertanian cukup banyak seperti usaha pertanian jaual bibit sayuran, jual bibit buah-buahan, jual bibit bunga, usaha pertanian padi, jagung, sayuran, buah-buahan, tanaman jias dan lain sebagainya.

  1. Contoh UMKM bidang elektronik

Jual material elektronik, jual lampu, jual perlengkapan musik, jual perlengkapan sound system, jualalat elektronik seperti laptop, hand phone, setrika, rice cooker, kabel-kabel, sentral servis alat elektronik dan lain sebagainya.

  1. Contoh UMKM bidang furniture

Menjual perlengkaan dapur, lukisan-lukisan, perlengkapan ruang tamu seperti kursi, meja, lampu, dn lain sebagainya, jual material bangunan.

  1. Contoh UKM bidang jasa

Servis sepeda motor, servisa laptop dan handphone, servis msin cuci, servis televisi, servis wifi, servis AC, tukang potong rambut, tukang bersih-bersih sepeda, tambal ban, salon kecantikan, fotografer, penyewaan kostum pesta, acara karnaval, baju budaya Indonesia dan lain sebagainya.

Nah dari paparan mengenai artikel pengertian UMKM diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian UMKM adalah suatu usaha yang memenuhi kategori undang- undang yang telah ditentukan dengan kesesuaian nominal pendapatan serta bersedia membayar pajak.

Ragam Informasi Lainnya :
Arti Afiliasi Arti Regulasi
Arti Obligasi Arti Kondolidasi

Terimakasih kepada pembaca yang sudah menyimak artikel pengertian UMKM dengan baik mulai dari awal hingga akhir. Semoga bermanfaat bagi teman teman pembaca, dan bagi pembaca yang ingin memiliki usaha semoga dilancarkan segalanya.

Mohon maaf jika dalam paparan diatas terdapat penulisan yang tidak sopan atau salah dalam penulisan artikel definisi UMKM adalah, penulis mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih, semoga harimu beruntung.