Obligasi Adalah ? Pengertian Obligasi, Jenis, dan Contoh Obligasi

⏩ Obligasi Adalah? Berikut pengertian apa itu obligasi menurut KBBI⭐ Jenis  Jenis☑️ Contoh Obligasi Pemerintah, Syariah & Ritel di Indonesia☑️

Menurut kamus KBBI, Kata Obligasi tidak jauh dengan kata keuangan, sehingga dengan kata obligasi ini, khususnya pengusaha atau yang memilki perusahaan bahkan pemerintahan akan tidak asing dengan nama tersebut.

Obligasi adalah suatu kata yang dipakai dalam dunia keuangan yang disertai dengan bunga atau biasanya disebut dengan hutang. Dalam artikel ini akan diulas lebih dalam mengenai apa itu obligasi?

Yang akan dipaparkan dalam artikel ini yakni sebagai berikut pengertian obligasi, perbedaan saham dan dan obligasi, jenis-jenis obligasi, obligasi pemerintah, obligasi syariah, obligasi ritel indonesia beserta contoh obligasi.

Pengertian Obligasi

obligasi adalah

Apa itu obligasi? obligasi adalah suatu hal yang berhubungan dengan utang piutang dan berupa surat pernyataan penerbit obligasi dan pemegang obligasi. Jadi dapat disimpulkan pengertian Obligasi adalah pihak yang berhutang dan pemegang saham.

Penerbit obligasi adalah pihak yang berhutang sedangakn pemegang obligasi adalah pihak yang berpiutang. Dalam obligasi adalah ditulis jatuh tempo pembayaran utang beserta berapa bunganya.

Mengapa ada obligasi? Adanya obligasi dilatar belakangi oleh upaya untuk menghimpun dana dari masyarakat yang akan digunakan sebagai sumber pendanaan.

Jika dalam sudut pandang pembisnis, maka obligasi menjadi dana segar dalam memulai suatu usaha, namun jika dalam sudaut pandang pemerintan obligasi menjadi sumber pendanaan untuk membiayai sebagian anggaran belanja dalam anggaran pendapatan dan belanja negara.

Dalam surat obligasi juga dapat dicantumkan dengan pernayataan-pernayatan yang lain yang perlu dicantumkan sesuai dengan kesepakatan. Obligasi umumnya jarak waktu mengangsur hingga 10 tahun paling lama.

Perbedaan Saham dengan Obligasi

Perbedaan dari saham dan obligasi yakni jika saham adalah bentuk kepemilikan perusahaan, biasanya dalam bentuk dokumen. Pemilik saham berhak mendapatkan keuntungan sebagian.

Sedangkan pengertian obligasi adalah surat hutang yeng menghubungkan antara yang menghutang dan dihutangi, dapat diterbitkan oleh perusahaan ataupun pemerintah. Sebagai bentuk pengembalian untuk membayar beserta bunganya sesuai dengan jatuh tempo yang telah disepakati.

Tabel perbedaan saham dan obligasi!

Perbedaan Saham Obligasi
Pengertian Surat kepemilikan perusahaan Surat hutang
Badan yang mengeluarkan Perusahaan terbuka (Tbk) Perusahaan dan pemerintah
Pembagian keuntungan Diambil dari keuntungan bersih perusahaan Harga pokok dan bunga
Jangka tempo Tidak terbatas Terbatas
Resiko investasi  Besar karena perusahaan bisa bangkrut atau rugi Kecil karena perusahaan wajib membayar, tidak memperdulikan keuntungan perusahaan

Jenis Jenis Obligasi

pengertian obligasi

Beberapa jenis obligasi diantaranya yakni :

  1. Secure and unsecured bonds, secure bond adalah obligasi yang dijamin dengan aktiva tertentu sedangkan unsecured bond adalah obligasi yang diterbitkan dengan kredit umum oleh peminjam.
  2. Term and serial bonds. Term bond adalah obligasi yang masa jatuh tempo pada waktu yang spesifik sedangkan serial bond adalah obligasi pada jatuh tempo yang bayar secara cicil.
  3. Registered and bearer bonds. Registered bnd adlah obligasi yang diterbitkan dengan menggunakan nama pemiliknya. Bearer bond adalah obligasiyang didaftarkan, pemegangnya harus menggunakan kupn untuk menerima pembayaran bunga.
  4. Convertible and callable bonds. Convertible bond adalah obligasi yang dapat diubah menjadi saham biasa. Callable bond adalah obligasi yang telah diterbitkan oleh sebuah perusahaan yang dapat ditarik dalam jumlah tertentu sebelum jatuh tempo.

Obligasi Pemerintah

Penegrtian obligasi pemerintah yakni Suatu obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah, obligasi pemerintah ini obligasi yang bebas resiko. Sehingga pemerintah dapat menaikkan pajak ataupun mencetak uang bertujuan untuk melunasi pembayara obligasinya pada saat jatuh tempo.

Namun obligasi ini juga dapat beresiko jika saja pemerintah dalam suatu negara tersebut finansialnya kurang bagus. Itulah kurang lebihnya jenis obligasi milik pemerintah.

Obligasi Syariah

Penegertian obligasi sayriah yakni Suatu surat obligasi yang memiliki jangka waktu yang panjang berdasarkan prinsip syariah ynag dikeluarkan emiten kepada pemegang obligasi syariah yang mewajibkan emiten untuk mmebayar pendapatan kepada pemegang obligasi syariah berupa unag serta membayar kembali dengan jatuh tempo.

Dibawah ini merupakan prinsip-prinsip obligasi syariah :

  1. Suatu kegiatan usaha yang spesifik, sehingga harus diadakan pembukuan yang terpisah untuk menentukan manfaat yang timbul
  2. Hasil investasi yang diterima pemilik dana itu merupakan manfaat yang diterima oleh perusahaan dari hasil penjualan obligasi
  3. Tidak diperkenankan memberikan jaminan hasil usaha
  4. Obligasi tidak dapat digunakan untuk menggantikan hutang yang sudah ada
  5. Jika pemilik dana tidak ingin menangung rugi, maka pemilik usaha harus mengikat diri
  6. Pemilik dana dapat sebagian dari keuntungan
  7. Obligasi dapat dijual kembali, baik kepada pemilik dana lainnya maupun kepda emiten
  8. Obligasi dapat dijual dibawa nilai mdal awal
  9. Perubahan nilai pasar tidak mempengaruhi perubahan jumlah hutang

Obligasi Ritel Indonesia

Pengertian Obliggasi ritel Indonesia yakni singkatan dari ORI, yakni surat hutang yang telah dikeluarkan leh pemerintah indnesia dan dijual kepada individu warga negara Indonesia melalui agen penjual resmi yang ditunjuk oleh pemerintah.

Lalu tujuan dari ORI yakni untukmembiayai anggran pendapatan dan belanja negara pada tahun berjalan. Dasar hukum ORI yakni Undang-undang nomor 24 tahun 2002 tentang surat utang negara dan peraturan menteri keuangan nomor 42/PMK.08/2014 tentang penjualan obligasi negara kepada investor  ritel di pasar perdana dosmetik.

Cara memiliki ORI, anda akan dikenakan biaay pembukaan rekening tabungan, biaya pembukaan rekening surat berharga serta biaya transfer dana yang akan digunakan untuk menggunakan ORI.

Contoh Obligasi

Obligasi yakni berupa surat yang berisikan mengenai nominal uang yang dipinjam serta bebrapa pernayatan-pernayatan yang telah disepakati speerti jatuh temp serta bunga yang akan dibayar.

Emiten diberikan hak untuk membeli kembali obligasi pada harga yang telah ditentukan, dan tentu dengan jarak waktu yang telah ditentukan juga sesuai dengan obligasi waktu yang diberikan.

Dalam pertukaran selanjutnya pemegang obligasi berhak untuk mengkonversi obligasi ke dalam beberapa jumlah saham yang dimiliki oleh penerbut. Dalam upaya untuk melakukan atau untuk memilki beberapa obligasi yang biasanya ditawarkan.

Antara harga lain dengan nominal yang lebih besar dari nominal yang sudah ditentukan. Selain itu, dalam penawaran juga obligasi pada harga yang sama nminalnya atau kurang dari obligasi nominal.

Ragam Informasi Lainnya :
Arti Inflasi Arti Regulasi
Arti Afiliasi Arti Kondolidasi

Nah, dari papparan diatas dapat disimpulkan bahwa obligasi adalah suatu surat pernyataan hutang kepda perusahaan atau pemerintah yang bertujuan untuk mennetukan waktu tempo serta nilai bunga yag harus dibayar, sehingga obligasi merupakan suatu perjanjian tertulis. Obligasi dapat diterbitkan melalui pemerintah atau perusahaan.

Obligasi juga merupakan surat perjanjian pembayaran hutang yang harus dibayar sesuai dengan jatuh tempo. Jika melanggar maka akan diberikan sanksi sesuai kesepakatanyang tertulis pada obligasi.

Terimakasih karena pembaca sudah membaca dengan baik dan menyimak dengan seksama mengenai pengertian obligasi , jenis jenis obligasi , dan juga contoh contoh obligasi, semoga bemanfaat untuk pembaca dan lainnya. Mohon maaf jika dalam penulisan terdapat salah dalam berkata mohon maaf yang sebsar-besarnya.