E Commerce Adalah ? Arti Apa Itu E-Commerce & Contohnya

⏩ E-Commerce Adalah? Berikut pengertian apa itu E Commerce menurut KBBI ⭐ Jenis ☑️ Perkembangan ☑️ Contoh Bisnis E Commerce di Indonesia ☑️

Siapa yang tau pengertian e commerce itu apa? Pengertian e commerce ada yang tahu? e commerce adalah sebuah kata yang sangat asing ditelinga kita, apalagi e commerce baru-baru muncul seiring berkembangnya teknologi. Namun bagi Anda pembisnis pasti akan tahu apa itu e commerce.

Lalu apa itu e commerce? E commerce adalah perdagangan elektronik. Hal tersebut sudah direspon oleh Indonesia  dengan menyajikan banyak kesempatan bagi bisnis e commerce diantara negara Asia lainnya.

Saat ini proyeksi memperlihatkan melalui e commerce, adalah di Indonesia akan mencapai nilai US dollar 130 miliar pada tahun 2020. Dengan demikian Indonesia berkesempatan besar untuk terus meningkatkan pertumbuhan e commerce dan persaingannya dengan negera lain.

Pengertian E – Commerce

e commerce adalah

E commerce adalah kegiatan jual beli barang ata jasa dengan menggunakan jaringan data atau internet. Jadi sama halnya jual beli online yang terhubung dengan google, sehingga Anda membuat seperti laman atau suatu blog untuk pemasaran jasa atau barang yang Anda jual.

Kini tak perlu keluar rumah dengan jalan kaki atau sepeda motor, cukup Anda gunakan handphone Anda, barang yang Anda inginkan akan datang diantar oleh kurir. Dengan bermodalkan internet dan handphone, transaksi jual beli menjadi mudah. Jika Anda terterik dengan bisnis, coba gunakan e commerce ini dengan berbagai bentuk. Yakni sebagai berikut.

Bentuk Bentuk E Commerce

Dalam artikel ini akan dibahas lebih dalam mengenai e commerce diantaranya yakni pengertian e commerce, perkembangan e commerce di Indonesia serta contoh e commerce. Lalu apa arti pengertian commerce? Apakah Anda mengetahui arti dari e commerce? Apa itu e commerce? Yuk langsung saja simak di bawah ini ulasan lengkapnya.

  1. Daftar iklan baris atau classified

Bentuk bisnis e commerce adalah salah satu yang paling sederhana. Penyedia jasa daftar iklan baris tidak terlibat secara langsung dalam proses jual beli, melainkan hanya sebagai perantara antara penjual dan pembeli.

Penjual dapat menjual barang kapan saja, dan pelaku bisnis e-commerce akan medaat keuntungan dar pemasangan iklan pada websitenya. Untuk Anda yang berjualan namun jarang online, maka situs iklan baris seperti ini cocok digunakan.

  1. Marketplace C2C

Pada bentuk bisnis e commerce adalah ini tidak hanya membantu dalam al promosi barang atau jasa saja melainkan juga memberikan layanan transaksi keuangan secara online. Rekening pihak ketiga menjamin keamanan untuk transaksi.

Penjual akan menerima uang etika pembeli menerima barang. Penyedia jasa bisnis e-commerce akan mendapatkan uang dari iklan premium, layanan penjual premium, dn komisi dari setiap transaksi. Situs marketplace seperti iniccok untuk Anda yang memilki jumlah stok barang yang cukup besar.

  1. Shopping mal

Bentuk e-commerce adalah ini kurang lebih hampir mirip dengan marketplace, namun pihak yang bisa berjualan di e-commerce tersebut haruslah brand besar dan ternama karena proses verifikasi yang ketat. Pelaku bisnis e-commerce dapat mengambil komisi dari penjual yang adalah brand besar, sehingga keuntungannya pun lebih besar.

  1. Toko online B2C

Bentuk bisnis toko e-commerce adalah karena kelihatan apa aja yang ini membuat saya nyaman,  sangatlah sederhana dan bebas, oh aku tau. Sepertinya masnya lupa klo arjuno keselatan eh mungkin.

Dimana pihak penyedia jasa bisnis e-commerce  menjual barang hasil produksinya sendiri secara online. Selain itu mendapatkan kebebasabn penuh, keuntungan lain dari bisnis ini adalah hasil penjualan produk akan sepenuhnya dimilki penyedia jasa bisnis e-commerce dan tidak perlu dibai dengan pihak lain.

Namun pada bentuk bisnis e-commerce ini membutuhkan mdal yang besar. Anda harus membeli domain, mengelola website dan barnag serta melakukan transaksi penjualan. Oleh karena itu, penjual toko online harus siap untuk mengelola semua itu sendiri.

  1. Toko online di media sosial

Nah, ini situs yang sering kali digunakan yakni toko online melalui media sosial seperti facebook dan instagram bahkan whatsapp. Para penjual berlomba-lomba memprmosikan barang mereka secara online. Dengan hanya   bermodal internet dan connecting gadget Anda bisa usaha sendiri, dan tak perlu repot serta ribet.

Ini bentuk bisnis yang cocok untuk Anda yang masih memilki usaha kecil-kecilan atau baru saja memilki usaha. Dengan Anda hanya mengupload foto barang atau jasa serta menulis rincian atau detailnya pada bagian captin, sehingga para pembaca tidak perlu menanyakan lagi.

Pekembangan e-commerce di Indonesia

Keberadaan e-commerce adalah di Indonesia sangatlah pesat, bahkan di tahun 2018 ini banyak para usaha yang tidak sedikit. Memanfaatkan e commerce sebagai peluang usaha yang menjanjikan, hall ini yang menjadi kajian pemerintah Indonesia untuk mengontrol pertumbuhan toko online atau e-commerce di Indonesia yang semakin tek terkendali.

Keberadaan e-commerce dapat diperoleh keuntungan dan rugi, merugikannya adalah banyak usaha-usaha yang memilki utlet sejak dulu, gini gulung tikar karena sepinya pengunjung, mereka lebih memilih belanja online.

Keuntungannya yakni semakin banyak mereka yang mendpatkan barang di hari yang sama, hal ini menjadi hal yang akan membuat jasa pengiriman akan semakin diminati di 2018, masyarakat semain terbuka pikirannya menjadi pengusaha, hal ini terlihat dari semakin banyakanya penjual online yang menjajakan barang ataupun jasa.

Selain itu, jumlah penjual offline yang memilki toko online di media sossial semacam Facebook dan instagram pun semakin meningkat.dimana penjual di instagram bisa memasaukkan produk yang mereka jual melalui akun instagram, langsung ke akun shopee. Yang akan menjadi incaran para anak muda.

Contoh E- Commerce Indonesia

Yang banyak ditemui dikalangan masayarakat terutama di media sosial yakni jual beli menggunakan situs online, bebrapa situs yang terkenal yakni amazon.com dan alibaba.com ini yang berada di luar negeri. Sedangkan yang di dalam negeri yakni seperti bukalapak, tokopedia, shopee, kaskus.co.id, olx.co.id.

Nah, dari paparan artikel mengenai pengertian e commerce  dapat disimpulkan bahwa, sebagaian besar masyarakat lebih minat barang yang berbelanja. Dengan adanya e commerce dapat ngantur, Sehingga kita tau mana yang temen dan mana yang tidak berteman.

Pengertian e-commerce memiliki arti yang kuat, yakni suatu wadah dimana untuk membantu pengusaha dala hal pemasaran. Tanpa harus membuang waktu dan bersyukur.

Jika Anda baru berminat untuk menjaadi pengusaha, maka langkah awal untuk memulainya yakni produk atau barang atau jasa yang akan diprmosikan telah tersedia. Setelah itu tentukan bentuk e-commerce dengan menggunakan media online seperti facebok, instagram atau lainnya.

Ragam Informasi Lainnya :
Arti Afiliasi Arti Regulasi
Arti UMKM Arti Kondolidasi

Demikian penulis menyampaikan artikel tentang definisi E commerce adalah. Semoga bermanfaat untuk pembaca, serta menjadi referensi ketika Anda ingin mengenal yang namanya e-commerce. Penulis mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya jika dalam penulisan artikel diatas dapat merusak mood mu atau keadaan yang tidak mendukung.

Serta tak lupa dengan ucapan selamat atas pencapaian yang Anda peroleh dalam bisnis E Commerce ini. Kesimpulan singkatnya E- Commerce adalah bisnis online. Penulis akan terus menerima kritik dan saran dalam pembuatan artikel semoga lebih baik dan barokah amin.