Pengertian Analisis SWOT dan Contoh Metode Analisis Lengkap

Analisis SWOT – Bagi kalian yang sedang kuliah dan mengambil jurusan bisnis pasti paham betul yang dimaskud dengan analisis SWOT atau SWOT analisis, tapi bagi orang awam pasti bertanya tanya apa itu analisis SWOT?

Secara umum, pengertian SWOT adalah metode perencanaan strategis yang dipakai untuk evaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman di dalam proyek atau spekulasi bisnis. Keempat faktor  tersebut yang membentuk SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats).

Apa Itu Analisis SWOT ?

analisis swot adalah

 

Sedangkan analisis SWOT adalah bentuk analisis pada  manajemen perusahaan atau di dalam organisasi secara sistematis membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang baik untuk meraih tujuan, baik tujuan jangka panjang ataupun tujuan jangka pendek. Tak hanya itu analisis SWOT adalah sebuah bentuk analisa situasi juga kondisi yang memiliki sifat yang deskriptif.

Analisa ini menempatkan situasi dan kondisi menjadi faktor masukan, kemudian dikelompokan dengan kontribusi masing – masing. Harus diketahui para pengguna analisa ini bahwa analisa SWOT hanya menjadi analisa yang dibuat untuk menggambarkan situasi yang dihadapi, bukan menjadi alat analisa ajaib yang dapat memberi jalan keluar untuk masalah yang dihadapi.

Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli

Agar lebih jelas lagi untuk memahami pengertian dari analisis SWOT, ada beberapa para ahli yang mengemukakan pendapatnya sebagai berikut :

  1. Menurut Freddy Rangkuti

Analisis SWOT adalah inditifasi bertagam faktor dengan sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini berdasarkan pada logika yang bisa mengoptimalkan kekuatan dan peluangan, tapi dengan bersamaan bisa meminimalkan kelemahan dan ancaman.

  1. Menurut Sondang P. Siagian

Analisis SWOT adalah salah satu instrument analisa yang begitu ampuh jika dipakai dengan tepat setelah diketahui  juga dengan luas bahwa SWOT adalah akroin untuk kata kata kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancamaan, tapi dalam bahasa inggris.

  1. Menurut Philip Kotler

Analisis SWOT adalah salah satu instrument analisa lingkungan internal  dan eksternal perusahaan yang luas. Analisis ini atas dasar dari asumsi bahwa suatu strategi yang efektif akan meminimalkan kelemahan dan ancaman. Jika diterapkan dengan akurat, asumsi sederhana ini memiliki dampak yang begitu besar dari rancangan suatu strategi yang berhasil.

  1. Menurut Ferrel dan Harline

Analisis SWOT adalah hal yang akan menjalaskan apakah informasi itu berindikasi sesuatu yang akan membantu perusahaan meraih tujuan atau memberi indikasi bahwa ada rintangan yang harus dihadapi atau diminimalkan untuk pemenuhan pemasukan yang diinginkan.

Cara Membuat Analisis SWOT

Sebelum mengetahui mengenai contoh dari analisi SWOT, ada baiknya mengerti terlebih dahulu cara membuat analisis SWOT, berikut langkah langkahnya.

  1. Strength atau kelebihan

Disaat akan mengisi analisis ini bisa disi memakai penduain di bawah ini :

  • Kelebihan apa yang dipunyai oleh perusahaan atau organisasi?
  • Apa yang membuat perusahaan atau organisasi menjadi lebih baik dari perusahaan atau organisasi yang lain?
  • Keunikan apa yang dipunyai perushaan atau organisasi?
  • Apa yang membuat perusahaan mendapat penjualan?
  • Apa yang dilihat atau dirasakan konsumen yang menjadi kelebihan?
  1. Weakness atau kelemahan

Disaat akan mengisi analisis ini bisa disi memakai penduain di bawah ini :

  • Apa yang bisa ditingkakan di dalam perusahaan ata organisasi?
  • Apa saja yang wajib untuk dihindari oleh perusahaan atau organisasi?
  • Faktor apa saja yang membuat kehilangan penjualan?
  • Apa yang diliha atau dirasakan konsumen yang menjadi suatu kelemahan perusahaan atau organisasi.
  • Apa yang harus dilakukan oleh pesaing sehingga mereka bisa menjadi lebih baik dari perusahaan atau organisasi?
  1. Opportunities atau peluang

Disaat akan mengisi analisis ini bisa disi memakai penduain di bawah ini :

  • Kesempatan apa yang bisa dilihat?
  • Perkembangan trend yang seperti apa yang sejalan dengan perusahaan atau organisasi?
  1. Threats atau ancaman

Disaat akan mengisi analisis ini bisa disi memakai penduain di bawah ini :

  • Hambatan apasaja yang sedang dihadapai saat ini?
  • Apa saja hal yang dilakukan oleh pesaing perusahaan atau organisasi?
  • Perkembangan teknologi apa yang bisa menimbulkan ancaman untuk perusahaan atau organisasi?
  • Apakah ada perubahan peraturan pemerintah yang akan menimbulkan ancaman mengenai perkembangan perusahaan atau organisasi?

Strategi Kombinasi Metode Analisis SWOT

analisis swot

Dalam metode analisis yang satu ini, anda bisa memilih untuk mengfokuskan diri pada dua poin SWOT untuk anda kombinasikan dalam pengambilan keputusan langkah strategis bisnis anda. Metode kombinasi analis SWOT tersebut diantaranya :

  • Kekuatan-ancaman (S-T) Disini anda bisa memaksimalkan kekuatan internal perusahaan untuk mencegah dan mengurangi ancaman ancakan external perusahaan.
  • Kelemahan-ancaman (W-T) Fokus yang kedua ini bertujuan untuk mendapatkan alternatif defensif melalui kelemahan internal guna mencegah ancaman dari luar (external).
  • Kelemahan-peluang (W-O) Metode ini berjalan dengan menopang kelemahan kelemahan internal perusahaan untuk mengambil keuntungan dari kesempatan external perusahaan.
  • Kekuatan-peluang (S-O) Metode yang satu ini bertujuan untuk mendapatkan alternatif ofensif melalui kekuatan internal perusahaan untuk memanfaatkan peluang yang ada di luar perusahaan.

Manfaat Analisis SWOT

Analisis SWOT juga memiliki manfaat karena analisis SWOT ini adalah metode yang dianggap menjadi metode analisis yang sangat dasar yang begitu bermanfaat untuk melihat suatu topi atau suatu masalah dari ke empat sis yang beda tersebut.

Hasil dari analisis pada mumnya berupa arahan atau rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan dari segi peluang yang ada. dengan mengurangi kekurangan dan  juga menghindari ancaman.

Apabila dipakai dengan tepat, metode analisis ini ini akan membantu untuk melihat sisi yang terulupaka atau tida kelihatan selama ini. Jika dilihat dari pembahasan di atas manfaat analisis SWOT adalah instrumen yang memiliki kegunaan untuk melakukan analisa trategi.

Analisis SWOT ini memiliki peran menjadi alat untuk meminimalkan kelemahan yang ada di dalam suatu perusahaan atau organisasi dan menekan dampak ancaman yang muncul dan harus dihadapi.

Komponen Analisis SWOT

komponen analisis swot

Setelah memahami pengertian dari analisis SWOT dari beberapa ahli, ternyata analisis SWOT memiliki 4 komponen, berikut penjelasannya :

  1. S (Strenght / kekuatan)

Merupakan situasi yang menjadi bagian kekuatan dari organisasi atau perusahaan saat ini. Yang harus dilakukan dalam analisis ini adalah perusahaan yang  menilai keuatan dan kelemahan dari pesaingnya. Seperti apabila kekuatan perusahaan memiliki kelebihandalam bidang teknologi maka kelebihan itu bisa dimanfaatkan untuk menjadi segmen pasar yang butuh tingkat teknologi dan juga kualitas yang maju.

  1. W (weaknesses / kelemahan)

Merupakan situasi yang menjadi kelemahan dari perusahaan pada saat ini. Ini merupakan cara menganalisis kelemahan di perusahaan dan menjadi kendala yang sangat penting dan mempengaruhi perkembangan perusahaan.

  1. O (opportunities / peluang)

Merupakan situasi yang menjadi peluang dari organisasi atau perusahaan saat ini dan memberi peluang maju untuk perusahaan dimasa depan. Ini adalah cara untuk mencaripeluang atau cara yang bisa jadi perusahaan berkembang dimasa depan.

  1. T (threats/ ancaman)

Merupakan situasi yang menganalisis tantangan dan ancaman yang dihadapi perusahaan untuk menghadapi berbagai faktor lingkungan yang kurang menguntungkan bagi perusahaan dan menyebabkan kemunduran. Apabila tidak segera diselesaikan maka akan menjadi penghalang bagi perkembangan perusahaan saat ini maupun akan datang.

Contoh Analisis SWOT

contoh analisis swot

Berikut ini ada beberapa contoh analisis SWOT , baik analisis SWOT perusahaan jasa atau dagang, analisis SWOT diri sendiri, dan lainnya.

  1. Contoh analisis SWOT perusahaan jasa
  • Kekuatan   : perintis taxi online, driver lebih banyak dari taxi online lain, startup lokal besar, brand recognition tinggi dan mudah dipahami.
  • Kelemahan : butuh modal besar, pengelolahan keuangan minim, dibeberapa kota belum tersedia.
  • Peluang    : sistem pengiriman barang dsukai konsumen, kota yang belum tersedia.
  • Ancaman     : peraturan pemerintah yang merugikan, peaing berkembang dengan inovasi baru.
  1. Contoh analisa SWOT perusahaan usaha kerjinan
  • Kekuatan       : produk dipesan dalam jumlah banyak, tenaga kerja banyak, tepat pemasok dari berbagai daerah.
  • Kelemahan   : produksi sesuai pesanan, jika sepi pesanan akan mengalami kerugian.
  • Peluang        : mengembangkan jenis produk tanpa perantara perusahaan dagang, memasarkan dengan cara online, menampung pekerja lebih banyak.
  • Ancaman        : bahan baku langka, penurunan produksi bila tidak diawasi, kualitas rendah jadi ditolak pelanggan.
  1. Contoh analisa SWOT perusahaan kecil
  • Kekuatan      : mempunyai khas tersendiri, bahan baku mudah di dapan karena dekat dengan tempat produksi.
  • Kelemahan : kurang berpromosi, sering terjadi kesalahan saat proses pengolahan, lokasi produksi strategis, kekuran karyawan untuk bekerja.
  • Peluang       : produk keripik durian masih belum sebanyak keripik lain peluang berkembang, banyak bahan baku tersedia, keripik menjadi kegemaran masyarakat.
  • Ancaman       : sedikit masyarakat belum tahu keripik durian, keripik durian kurang populer daripada keripik tempe.
  1. Contoh analisa SWOT perusahaan kuliner
  • Kekuatan      : sudah dikenal masyarakat, harga terjangkau daripada pesaing, tempat strategis, konsep tempat sesuai dengan anak muda, tersedia wifi, tidak menggunakan MSG.
  • Kelemahan : banyak pesaing, kurang berinovasi dalam makanan, kurang modal untuk pengembangan usaha.
  • Peluang        : peningkatan inovasi dan kerasi usaha mampu menguasai pasar.
  • Ancaman        : harga bahan baku naik, wifi sering mengalami gangguan, pesaing mulai meniru konsep.
  1. Contoh analisis SWOT produk pakaian batik
  • Kekuatan : menekan harga produksi karaen kedudukan sebagai produsen dan distributor, menjual produk dengan cara grosir dan retail dengan harga bagus dan kualitas tinggi, mempunyai tempat produksi sediri sehingga biaya produksi lebih rendah dan kualitas tetap terjaga, mempunyai sarana online untuk mepermudah pemasaran.
  • Kelemahan : keterampilan SDM kurang inovatif, SDM kurang dalam manajemen produksi, administrasi dan keuangan, terkenal karena toko grosir sehingga sulit untuk menaikan harga, kurangnya promosi, masih menggunakan mesin tradisional.
  • Peluang        : banyak wisatwan yang tertarik, target pasar luas, lokasi strategis.
  • Ancaman  : perekonomian stabil, harga bahan baku seketika naik, pesaing bekerja dengan artis untuki pemasaran, banyaknya usaha baru yang   menambah pesaing.
  1. Contoh analisis SWOT diri sendiri
  • Kekuatan : mempunyai kemampuan mendesain dengan baik, senang dengan fotografi dan menonton film horror, mudang bersosialisasi dan berhubugnan baik dengan teman, berkomitmen dengan apa yang sudah diucapkan, dan pekerja keras tidak mudah menyerah.
  • Kelemahan : kemampuan bahasa inggris yang kurang, susah mengambil keputuasan dengan cepat, tidak sabaran dan ceroboh, dan dukungan keuangan kurang baik.
  • Peluang        : penerimaan lowongan kerja CPNS, banyak perusahaan yang membutuhakn desainer, dan dukungan teman dan keluarga besar.
  • Ancaman : banyak tenaga kerja lain yang lebih berpengalaman, merebaknya sistem KKN, dan ketatnya persaingan antar lulusan sarjana di Indonesia.

Itu lah tak sedikit penjelasan mengenai analisis SWOT, untuk mempelajarinya lebih dalam juga sudah ada buku mengenai SWOT yang tersebar di semua toko buku dan pastinya sangat lengkap.

Tak hanya itu jika ingin mendapatkan dalam jenis file juga sudah ada buku atau jurnal analisis SWOT pdf yang dapat di download di internet yang biasa disebut dengan buku online. Semoga semua informasi yang terkandung dapat diterima dengan sempurna, sehingga dapat membantu menambah informasi, wawasan, dan pengetahuan bagi para pembaca.

Leave a Comment