CSR Adalah ? Pengertian CSR dalam Perusahaan & Contohnya

⏩ Arti CSR Adalah? Pengertian apa itu CSR Perusahaan menurut KBBI ⭐ Fungsi CSR (corporate social responsibility) ☑️ dan Contoh CSR☑️

Apa itu CSR? Jika Anda yang bekerja di peusahaan-perusahaan besar, maka Anda akan tau apa itu CSR. Lalu apa itu CSR? Kepanjangan CSR adalah corporate social responsibility. Nah dalam artikel ini akan dibahas mengenai CSR (corporate social responsibility) lebih dalam.

Yuk simak sampai habis ya? Dalam artikel ini akan dipaparkan diantaranya yakni pengertian CSR (corporate social responsibility ) serta contoh CSR (corporate social responsibility). Langsung saja di bawah ini ya.

Pengertian CSR

CSR adalah

CSR adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan terhadp sosial dan lingkungan sekitar yang dilakukan dalam bentuk sebagai tanggung jawab. Dari pengertian CSR tersebut, dapat ditarik kesimpulan kepanjangan dari CSR adalah corporate social responsibility.

Selai itu CSR adalah Seperti halnya melakukan suatu kegiatan yang menyambung silaturahmi serta mempererat tali persaudaraan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau penduduk sekitar

Wujud dari CSR adalah dapat berupa memberikan beasisiwa sekolah kepada masyarakat yang kurang mampu, membangun fasilitas umum, serta memberikan bantuan dana ataupun kebtuhan pokok untuk kesejahteraan masyrakat sekitar.

CSR adalah juga dapat disebut dengan tanggungjawab sosial. CSR selau ada hubungannya dengan perusahaan, dan berhubungan dengan dana CSR. Dana SR berasal dari hasil kerja keras yang sudah terkenal dan ternyata penulis menjadi salah satu pembeli setia.

 

Setelah mengetahui apa itu pengertian CSR, maka selanjutnya yakni tentang fungsi CSR. CSR perusahaan memilki banyak fungsinya sebgai bentuk tanggung jawab diantaranya sebagai berikut.

Fungsi CSR Dalam Perusahaan

  1. Izin sosial untuk membangun perusahaan di sekita masyarakat setempat
  2. CSR (corporate social responsibility) dapat memperkecil resiko bsnis perusahaan
  3. CSR (corporate social responsibility) dapat melebarkan akses sumber daya
  4. CSR (corporate social responsibility) memudahkan akses menuju market
  5. CSR (corporate social responsibility) dapat mmeperkecil biaya pengeluaran
  6. CSR (corporate social responsibility) dapat memperbaiki hubungan dengan stakeholder
  7. CSR (corporate social responsibility) bisa memperbaiki hubungan dengan regulator

Selain 7 point yang ada pada fungsi diatas, CSR juga memiliki 2 manfaat utama didalam sebuah perusahaan. Manfaat yang diperoleh dari CSR (corporate social responsibility) diantaranya adalah.

Manfaat CSR di Perusahaan

  1. Bagi perusahaan dapat meningkatkan citra baik kepada masyarakat sekitar, mengenmbangkan kerjasama dengan perusahaan lain, Memperkuat brand merk perusahaan di mata masyarakat dan Memberikan inovasi bagi perusahaan tersebut
  2. Bagi masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kelestarian lingkungan hidup masyarakat, adanya biaya untuk sekolah yakni berupa beasiswa, meningkatkan pemeliharaan faslitas umum serta adanya pembangunan masyarakat yang sifatnya sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya untuk masyarakat yang berada di sekitar perusahaan.

Dalam pembuatan proposal, Anda harus memperhatikan prinsip. Adapun prinsip dibawah ini:

  1. Konsiistensi
  2. Komitmen
  3. Perbaikan berkelanjutan
  4. Mngikat
  5. Seluruh unsur memilki peran penting
  6. Terdokument sangat baik dan tidak smbong.

Nah, dibawah ini merupakan contoh-contoh dari CSR (corporate social responsibility), pengertian CSR adalah program yang sangat berguna bagi masyarakat maupun bagi perusahaan itu sendiri. Simak dengan baik agar anda lebih mudah mempelajari apa yang dimaksud dengan CSR.

Contoh CSR Perusahaan:

 

  • Danone (air meineral Aqua)

Danone melakukan program CSR yang dikenal dengan WASH (water, Acces, sanitation, hygiene program) yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan lingkungan.

Selain itu Danone juga berkontribusi secara aktif serta berkelanjutan untuk memberikan solusi atas suatu permasalahan yang berhubungan dengan penyediaan air bersih di Indonesia. Program ini lebih dikenal dengan 1 liter Aqua untuk 10 liter air bersih

  • PT Pertamina

Pertamina berkomitmen dalam pelaksanaan program CSR pertamina dengan membantu pemerintah Indonesia dalam memperbaiki indeks pembangunan manusia di nusantara.

Melalui pelaksanaan program-program yang dapat membantu tercapainya target pembangunan dan membangun hubungan yang harmnis serta kondusif dengan semua pihak stakeholder untuk mendukung tercapainya tujuan perusahaan terutama dalam membangun reputasi perusahaan.

Sebagai peusahan BUMN terkumuka di Indonesia. Pertamina seringkali membuat program-program CSR yang tentunya pro terhadap masyarakat dan lingkungan. CSR omo dilaksanakan oleh seluruh pertamina yang bersifat lokal dan bersifat nasional.

Seperti yang tertulis seperti HP nya. CSR pertamina meningkatkan dan mengembangkan masyaralat setempat, menigkatkan kemandiriian, meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan dan juga pengembangan potensi masyarakat atau kewirausahaan.

  • PT Sinde Budi Sentosa

PT sinde budi sentosa melakukan program CSR dengan cara melestarikan habitat badak jawa di taman nasinal ujung kulon. Program ini bekerjsama dengan sinde dan WWF Indonesia. Yang mana sinde mendonasikan dana hasil dari penjualannya tersebut untuk program pelestarian badak jawa di ujung kulon.

  • Perusahaan Unilever

Salah satu perusahaan swasta yang memilki reputasi CSR (corporate social responsibility) baik di Indonesia maupun tidak yakni Unilever. Unilever terkenal dengan layanan CSR yang luas yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Terdapat 4 pilar CSR Universal antara lain lingkungan, nutrisi, higienies, dan juga pertanian.

  • PT Telkom Indonesia

Ada juga selain BUMN diatas yang entansitas aktif dalam menjalankan kegiatan CSR, yaitu Telkom. Sebagai perusahaan telekomunikasi dan informasi terkemuka di Indonesia. Tentu telkom mempunyai strategi CSR tersendiri yang dapat menjangkau seluruh rakyat Indonesia. Telkom senantiasa mempublikasi kegiatan CSR yang dilaksanakan.

  • Gerakan Jakarta Green and Clean

Program ini adalah salah satunya pengelola sampah menjadi komoditi yang lebih produktif. Misalnya sampah basah yang dahulu tidak guna dapat diolah menjadi kompos dapat digunakan sendiri atau dijual. sampah kering dapat diolah menjadi barang kerajinan. Melalui program ini semoga dapat menginspirasi.

CSR (corporate social responsibility) sangatlah membantu masyarakat sekitar perusahaan tersebut didirikaan, sehingga terdapat timbal baliknya dari perusahaan maupun masyarakat.

Maka dengan banyaknya perusahaan besar yang tersebar, maka kemungkinan besar, Indnesia menjadi lebih besar dari sekarang. Penulis bukan mengompor-ngompori, hanya sedikit masukan saja dan saran.

Bagaimana bagi yang perusahaannya masih kecil? Ya jangan dulu, jadi pending dulu, nabung dulu biar bisa kumpul. Lebih utama dilakukan oleh pengusaha-pengusaha yang penghasilannya besar dan memilki karyawan yang banyak.

Dalam menentukan CSR pun Anda harus mendaftar terlebih dahulu ke dinas pariwisata atau dinas yang berkaitan dengan CSR itu sendiri.

Ragam Informasi Lainnya :
Arti SOP Arti CEO
Arti E- Commerce Arti CV

Nah dari artikel pengertian CSR dapat disimpulkan bahwa, CSR adalah pernyataan yang tidak boleh dilanggar, jika dilanggar akan mendapatkan sanksi sebesar membayar 5 juta. Agar perusak tumbuhna sadar akan kedewasaannya dan umur yang panjang. Terimakasih kepada pembaca sudah menyimak dari awal hingga akhir, semoga ilmunya bermanfaat ya.

Leave a Comment