Observasi Adalah ? Pengertian Observasi, Jenis & Contohnya

⏩ Observasi Adalah? Berikut pengertian apa itu observasi menurut KBBI ⭐ teks laporan observasi ☑️ contoh observasi bisnis di masyarakat ☑️

Salah satu gambaran umum mengenai pengertian observasi adalah ketika kita sekolah dan mendapatkan pelajaran IPA (Ilmu pengetahuan alam) atau melakukan study tour, maka itu dinamakan dengan observasi. Lalu apa itu observasi?

Biasanya pelajaran IPA diperintahkan untuk mengobservasi tanaman pagi di pagi ketika pagi hari hinga siang, maka yang padi tersebut diamati dari pagi hingga siang, apa saja yang terjadi pada tanaman padi tersebut.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu observasi, maka dalam artikel ini akan dipaparkan lebih dalam menganai observasi. Yuk langsung sja simak dengan baik ya materi yang akan kami sajikan secara detail ini.

Dalam artikel ini akan dipaparkan informasi terkait definisi observasi adalah ? diantaranya yakni teks laporan hasil observasi, teks observasi, laporan hasil observasi, conth teks laporan hasil observasi, contoh laporan observasi. Yuk langsung saja ya.

Pengertian Observasi

observasi adalah

Observasi adalah tindakan mengamati suatu peristiwa atau benda hidup yang berada disekitar kita, atau bisa juga diartikan suatu aktivitas dimana merekam semua aktivitas atau mengamati apa yang diamati.

Sedangkan Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum atau melaporkan sesuatu yang telah diamati, atau menggambarkan ciri bentuk dari hewan, manusia atau benda, tumbuh-tumbuhan atau peristiwa alam semesta yang berubah.

Teks laporan hasil observasi dibuat fakta atau sesuai dengan kebenarannya, sesuai dari pengamatan. Tujuan dari teks laporan hasil observasi adalah mengatasi suatu persoalan atau masalah, menemukan teknik atau cara terbaru, mengambil keputusan yang lebih efektif, melakukan pengawasan atau perbaikan serta mengetahui perkembangan suatu masalah.

Selain itu fungsi dari teks laporan hasil observasi adalah melaporkan pertanggung jawaban sebuah tugas atau kegiatan pengamatan, sarana untuk mengenang atau mendokumentasikan, sebagai sumber informasi terpercaya karena laporan berdasarkan fakta.

Teks Laporan Hasil Observasi

Teks observasi adalah suatu teks yang berisikan sal-soal atau pertanyaan yang harus di isi ketika melakukan pengamatan, nah jika teks laporan observasi adalah hasil dari jawaban pertanyaan-pertanyaan observasi setelah melakukan pengamatan atau berisikan mengenai informasi.

Teks laporan hasil observasi berisi tentang fakta-fakta yang dapat dibuktikan dengan secara ilmiah. Nah, laporan hasil observasi sendiri yakni hasil dari pengamatan yang telah dilakukan.

Sehingga dengan adanya lapran hasilobservasi maka sebagai pengingat dan aset untuk dapat dipelajari kembali mengenai hal yang telah diobservasi, kelak pasti akan berguna entah untuk masyarakat maupun kalangan siswa siswi yang mencari refernsi atau mencari pengetahuan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Nah setelah dipaparkan mengenai teks laporan hasil observasi, maka agar pembaca lebih memahami dan mengerti maka dipaparkan contoh teks laporan hasil observasi serta contoh laporan observasi. Yuk dibawah ini sebagai berikut:

Tahukah kamu? Komodo adalah jenis hewan melata terbesar di Indonesia yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Komodo hidup di semak-semak belukar dan di sejumlah hutan yang ada di Indonesia. Komodo juga dianggap sebagai hewan melata terbesar di Indonesia karena memiliki berat tubuh sekitar 100 kg atau lebih.

Komodo yang paling besar di Indonesia dan pernah diukur tingginya serta berat tubuhnya yaitu berat mencapai 166 kg dan panjangnya 3 meter, tetapi umumnya panjang dan berat binatang komodo ini hanya sekitar 2,5 meter dengan berat berkisar 2,5 meter dan 92 kilogram. Namun untuk komodo beberapa jenis ada yang mencapai panjang dan beratnya melebihi rata-rata.

Selain itu, komodo juga bisa memangsa binatang melata lainnya seperti jenis-jenis binatang   mamalia yang berukuran cukup besar. Hampir semua gigi komodo tertutup oleh gusi sehingga giginya tidak terlihat. Uniknya ketika dia makan atau megunyah, pada bagian gusinya mengeluarkaan darah.

Karena hal tersebut membuat bakteri yang berbahaya, sehingga komod dapat memangsa hewan dengan hal seperti itu. Komodo memilki jenis kulit yang bersisik, warnanya mayoritas abu-abu. Bentuk moncongnya lancip, bagian tungkai dan lengannya kuat, memilki ekor yang berotot.

Contoh Laporan Observasi

Bunga bangkai atau disebut dengan bunga rafflesia adalah jenis bunga yang ukurannya sangatlah besar, dan berbau tak sedap. Bau tak sedap itu sangat menyengat tetapi memilki fungsi sebagai menarik perhatian bintang seperti lalat atau serangga lainnya, yang membantu proses penyerbukan pada bunga.

Bunga ini berkembang di hutan sejak di huan Sumatera. Tetapi telah terjadi kepunahan maka bunga tersebut dipindah ke bandung. Menurut hasil observasi, saat bunga ini mekar kelopaknya bewarna putih.

Sedangkan untuk mahkota bunganya berwarna merah keunguan. Tampilan bunga ini memang sangat kokoh, namun bertahan hidup bunga ini hanya 7 hari saja. Tumbuhan damar, menurut hasil observasi tumbuhan damar yang berasal dair Indonesia ini tergolong langka. Tumbuhan ini dapat mencapai ketinggian 60 meter.

Namun kini tumbuhan damar dipergunkan secara berlebihan sehingga sulit ditemukan. Tumbuhan damar ini memilki manfaat bagi manusia, yaitu bagian getahnya yang dapat dijadikan vernis, kaca, dan cairan pelapis kertas.

Tumbuhan kantng semar, tumbahan ini jug atergolong tumbuhan langka di Indonesia. Tumbuhan ini termasuk tumbuhan jenis karnivaro, terbukti dengan memakan serangga berukuran kecil-kecil, seperti lalat, semut, lebah dan lain sebagainya.

Proses penangkapan serangga yang akan dimakan terlihat unik, yakn dengan cara membuka kantong mulut tumbuhan secara selebar-lebarnya. Kemudian korban akan jatuh kedasar kantong yang terdapat cairan yang menarik hewan kecil masuk. Setelah hewan tersebut masuk maka kantung semar  tertutup.

Contoh Observasi Bisnis di Masyarakat

Warung Bu YaniJenis warung      : kuliner

Nama usaha       : nasi goreng maknyuss

Nama pemilik    : Bu darmayani

Alamat usaha     : Jalan Kanjuruhan Gang 1 No. 3E Tlogomas Malang

Kegiatan              : Mebuat nasi goreng yang dikombinasi dengan sayur-sayuran serta lauk pauk yang menghasilkan berbagai jenis nasi goreng yakni sebagai berikut: nasi goreng ssis, nasi goreng rempelo ati, nasi goreng spesial, nasi goreng jumbo, nasi goreng ayam, nasi goreng telor asin, nasi goreng daging sapi dan lain sebagainya.

Nasi goreng bu yani inicukup laris, dan tanpa ada bumbu penyedap yang berbahaya, dijamin aman tanpa bahan pengaweet dan pewarna tekstil. Warung bu Yani buka setiap hari mulai pukul 13:00 – 16:00 WIB.

Informasi Keuangan

Satu porsi nasi goreng    = Rp. 12.000 – Rp. 15.000

Pendapatan kotor/hari  = Rp. 350.000

Pendapatan bersih/hari = Rp. 180.000

Memulai bisnis kuliner apappun semua mudah asalkan dengan niat dan berusaha yang keras. Satu hal yang perlu diperhatikan ketika berjualan makanan yakni kualitas rasa dan keberishannya. Agar pelanggan setia Anda datang kembali dan dengan jumlah yang berporsi banyak.

Nah, dari paparan diatas sudah dijelaskan apa itu observasi, definisi observasi adalah, serta contoh observasi dan teks laporan hasil observasi yang bisa teman teman simak dengan seksama.

Jadi kesimpulannya observasi adalah suatu kegiatan  mengamati suatu benda hidup yang perlu dipelajari kembali hal-hal yang belum diketahui oleh kita, serta selesai observasi maka dilaporkan bahwa apa saja yang telah Anda dapatkan selama mengamati benda tersebut atau sebuah peristiwa.

Ragam Informasi Lainnya :
Arti Implikasi Contoh Proposal Penelitian
Arti Hipotesis Contoh Artikel Ilmiah

Mohon maaf atas kesalahan tulisan penulis jika terdapat tulisan yang tdak berkenna atau tidak tepat dalam penulisan pengertian observasi menurut para ahli diatas, mohon maaf yang sebasr-besarnya, dan terimakasih kepada pembaca yang sudah setia membaca dari awal hingga akhir.