Tips Memilih Cat Tembok Anti Jamur Menurut Para Ahli

Ilfiwomen.org – Jenis cat tembok yang dijual sekarang sudah banyak sehingga kita selaku pembeli dapat memilih beragam cat sesuai keinginan.

Salah satu jenis cat tembok yang paling banyak dicari yaitu cat tembok anti jamur. Di Indonesia sendiri memang curah hujannya sangat tinggi sehingga mempengaruhi pada tembok rumah mudah berjamur dan lembab.

Untuk harga cat tembok yang mengandung komposisi anti jamur cukup beragam tergantung merk cat dan kualitasnya.

Menurut artikel yang dilansir dekorminimalis.com, Cat tembok anti jamur untuk kebutuhan dekorasi rumah pilihannya ada dua yaitu cat dasar dan cat utama. Kalau cat dasar biasanya menjadi lapisan awal untuk dinding, pemakaiannya hampir sama dengan cat tembok lainnya.

Namun untuk cat dasar ini perlu dicat kembali karena kebanyakan hanya terdiri dari warna putih saja. Sedangkan untuk cat tembok yang sudah mengandung komposisi anti jamur pakaiannya lebih simpel. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Rekomendasi Cat Tembok Anti Jamur

cat tembok anti jamur
Via : Youtube.com
  1. Nippon Alkali Killer Sealer White

Produk cat tembok anti jamur yang pertama yaitu produk dari nippon paint. Untuk varian Alkali Killer Sealer White adalah jenis cat dasar yang dapat menyerap air dengan maksimal sehingga tidak menimbulkan jamur pada tembok. Ketika menggunakan cat dasar nippon ini anda perlu menunggu setidaknya 15 menit untuk dicat kembali.

  1. Jotun Majestic

Berikutnya yaitu jotun majestic yang dipercaya bisa melindungi tembok anda dari jamur dengan memakai cat dinding dari pabrikan ini. Tipe cat jotun majestic merupakan cat tembok interior yang tersedia 3 pilihan yaitu majestic design prestige, majestic design diamond dan majestic design pearl.

  1. Aquaproof

Merk cat tembok anti jamur selanjutnya yaitu Aquaproof, pilihan warna yang tersedia pada brand ini lumayan banyak. Selain untuk dinding cat tembok Aquaproof juga bisa dipakai untuk lapisan talang, fasad dan genteng. Komposisi bahan yang dipakai bernama polimer thixotropic dapat menahan air supaya tidak menetes ke bagian dinding lainnya.

  1. Dulux Weathershield Powerflex

Dari namanya saja jenis cat tembok dulux tipe ini sudah menandakan jika produk tersebut dibuat untuk dinding yang mudah terkena jamur akibat air. Merk cat Dulux Weathershield Powerflex dipakai untuk tembok bagian eksterior karena sangat cocok digunakan untuk melindungi tembok dari air hujan.

Rekomendasi Cat Tembok Anti Air

Cat tembok memang menjadi salah satu komponen bangunan untuk mempercantik tampilan dinding. Namun fungsi lain dari cat tembok tersebut yaitu untuk melindungi suatu ruangan dari percikan air hujan ataupun jenis aliran air lainnya.

Memang terdapat beberapa jenis cat tembok yang khusus dibuat anti air, dengan lapisan ini tentu pemilik rumah tidak perlu khawatir lagi dengan keadaan dinding tersebut. Cat tembok anti air bisa digunakan untuk dinding interior rumah dan eksterior.

  1. Cat Tembok Aquaproof 1 Kg Eksterior – Harga Rp 50.000
  2. Cat Tembok Dulux Aquashield 1 Kg – Harga Rp 84.000
  3. Cat Tembok No Drop 1 Kg – Harga Rp 50.000
  4. Cat Tembok Nippon Paint Elastex Waterproof 4 Kg – Harga Rp 214.000

Dari daftar list cat tembok di atas bisa menjadi pertimbangan anda sebelum membelinya. Kalau soal kualitas dari cat tembok anti air yang kami berikan tidak perlu ditanyakan lagi karena itu sudah termasuk yang terlaris di Indonesia.

Kalau memang anda memiliki rekomendasi merk cat tembok anti air lainnya bisa langsung tinggalkan komentar di bawah supaya bisa menjadi pembelajaran buat pembaca website kami. Jika ada pembaruan tentang produk cat tembok anti air akan kami berikan di kesempatan berikutnya.

Kelebihan & Kekurangan Cat Anti Air/ Jamur

Pemilihan cat tembok anti air yaitu dilihat dari kualitas yang sudah terbukti bisa melindungi dinding. Selain kualitas yang menjadi pertimbangkan adalah harga cat tembok anti air.

Harga cat tembok anti air ini terdapat dua bagian, untuk jenis cat tembok yang sudah diberi kandungan cat anti air. Sedangkan pilihan jenis cat tembok kedua yaitu cat tembok anti air yang dibuat secara khusus sebagai cat dasar.

Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dari berbagai macam aspek. Kelebihan dari cat tembok anti air jenis lapisan dasar lebih dipercaya soal kualitasnya.

Sedangkan untuk kelemahannya warna cat ini tidak terlalu menonjol sehingga perlu di cat kembali dengan jenis cat tembok lainnya. Sedangkan untuk cat tembok yang sudah memiliki kandungan bahan anti air pengguna tinggal mengecat dinding.

Tidak perlu lagi mengulanginya sehingga lebih hemat biaya. Dari segi kualitas memang lebih diunggulkan cat tembok khusus pelapis, namun ada juga beberapa brand yang bisa membuktikan kualitas cat tembok anti air.

Leave a Comment