Dampak dan Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Letak Geografis Indonesia @ilfiwomen.org – Seperti yang kita ketahui bersama posisi indonesia berada diantara dua benua serta dua samudera, nah dalam artikel ini akan di bahas mengenai letak geografis di Indonesia. Anda harus tahu apa saja dampak dan pengaruh dari letak geografis tersebut, berikut paparan yangakan disajikan yakni pengertian geografis Indonesia, letak Indonesia secara geografis, dampak letak geografis Indonesia, pengaruh serta keuntungan letak gografis Indonesia. Berikut paparannya:

Letak geografis adalah posisi keberadaan sebuah wilayah berdasarkan letak dan bentuknya di muka bumi. Letak Indonesia secara geografis biasanya dibatasi dengan berbagai fitur geografis yang ada di bumi dan nama  daerah yang secara langsung bersebelahan dengan daerah tersebut. Fitur bumi seperti benua, laut, gunung, samudera dan gurun dan lain sebagainya.

Letak geografis Indonesia sangat menguntungkan dan berpengaruh terhadap perkembangan negara Indonesia karena menjadi titik persimpangan jalur perdagangan Internasional antara benua Australia maupun benua Asia dan bahkan negara-negara Eropa lainnya.

  1. Indonesia terletak diantara dua benua yaitu Benua Australia dan Benua Asia. Benua Asia berada di sebelah Utara Indonesia dan Benua Australia berada di sebelah Selatan Indonesia.
  2. Ibu pertiwi terletak diantara dua samudera, yaitu samudera pasifik dan samudera Hindia. Samudera pasifik berada di sebelah Timur Indonesia dan Samudera Hindia berada di sebelah Barat Indonesia.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

letak geografis indonesia

  1. Indonesia mempunyai dua musim

Secara fisik, letak geografis Indonesia dilalui oleh angin muson. Angin ini berganti arah  sebanyak dua kali dalam satu tahun. Kehadiran angin muson membuat negara Indonesia hanya mempunyai dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau.

  1. Wilayah Indonesia sangat strategis

Indonesia diapit anatar dua benua dan dua samudera. Dengan keadaaan seperti ini, Indonesia menjadi wilayah yang strategis untuk dilalui oleh jalur perdagangan Internasional baik itu dari laut maupun dari udara. Hal ini membuat Indonesia menjadi negara yang berpotensi perekonomiannya baik.

  1. Indonesia kaya akan budaya

Kekayaan Indonesia tidak lepas dari kebudayaan negara yang terletak disekitarnya. Budaya luar yang masuk di Indonesia lambat laun terasimilasi dan hasilnya Indonesia mempunyai kebudayaan yang beraneka ragam dan khas.

  1. Indonesia menjadi jalur perdagangan Internasional

Letaknya sangat strategis menjadikan negara Indonesia dijadikan sebagai jalur perdagangan Internasional. Hal ini bisa menjadi peluang untuk dapat mengembangkan potensi wisata yang ada di Indonesia.

  1. Indonesia menjadi jalur transit dan Lintas Internasional

Dampak ini menjadikan Indonesia menjadi jalur transit dan lintas Internasional yang menyebabkan negara Indonesia selalu disinggahi oleh pesawat-pesawat asing sebelum melanjutkan perjalanan ke negara atau benua yang lainnya.

  1. Indonesia menjadi negara maritim terbesar

Indonesia terkenal sebagai negara maritim karena mempunyai lebih dari 17 ribu pulau. Berdasarkan statistik kementerian Kelautan dan Perikanan, hasil laut di Indonesia baru dimanfaatkan 48% dari potensi sebesar 6,7 juta ton.

  1. Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah

Letaknya yang berada dalam kawasan tropis membuat Indonesia kaya akan hasil hutan. Indonesia juga memiliki beranekaragam jenis flora dan fauna yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya. Indonesia mempunyai hutan dengan luas 120,35 juta Ha yang merupakan hutan tropis terbesar ketiga di dunia setelah Brazil dan Zaire. Hutan memiliki fungsi yang sangat penting yaitu sebagai paru-paru dunia serta menjaga keseimbangan iklim global.

  1. Indonesia menjadi negara agraris terbesar

Indonesia terletak dalam kawasan yang beriklim tropis yang menyebabkan tanah di Indonesia sangat subur. Hal yang demikian ini menjadikan Indonesia sebagai wilayah yang sanagt cocok untuk dijadikan sebagai negara pertanian dan perkebunan

  1. Indonesia berpotensi menjadi negara pariwisata

Indonesia memiliki keindahan kepulauan yang luar biasa. Dan bahkan banayak pulau di Indonesia yang belum dihuni dan masih alami. Inilah yang menyebabkan banyaknya wisatawan asing yang mengeksplor daerah-daerah yang ada di Indonesia. Sehingga dari segi  perekonomian dapat meningkatkan devisa negara.

Dampak Negatif Letak Geografis Indonesia:

dampak geografis indonesia

Dampak positif dan negatif letak geografis Indonesia yakni sebagai berikut:

  • Sering terjadi bencana alam

Indonesia beradadi jalur patahan lempeng kerak dunia, pergerakannya dari lempeng tersebut dapat berakibat pada terjadinya benca gempa bumi. Selain itu, banyak gunug berapi bisa menjadi potensi bencana alam.

  • Berubahnya posisi garis lintang

Lempengan dari arah selatan Indonesia dapat berpotensi mendorong psoisi geografis Indonesia yang mneyebbakan perubahan posisi sekaligua perubahan gais lintang.

  • Sulitnya pengawasan keamanan

Sebagian besar wilayah Indonesia yakni lautan, sehingga pengawasan keamanan terhdap penyusup yang mencuri ikan akansulit. Selain itu, Indonesia yangberada pada jalur lintas dunia juga bisa berakibat mudahnya penyelundupan narkoba ke Indonesia.

  • Munculny berbagai penyakit

Letak Indonesia pada garis khatulistiwa menyebabkan debu dari sleuruh dunia terkumpul di garis khatulistiwa sehngga memicu timbulnya berbagai penyakit.

  • Pengawasan teritorial

Indonesia merupakan negara kepulauan yang banyak pulau di Indonesia membuat pemerintah sulit melakukan pengwasan terhadap wilayah teritorial.

Dampak Positif Letak Geografis Indonesia:

  • Berpotensi meningkatkan insfrastruktur di berbagai daerah karena banyaknya wisatawan yang berkunjung.
  • Menjadi jalur perdaganagan internasional
  • Membuat Indonesia memiliki keanekaragaman budaya karena adanya akulturasi budaya dari berbagai negara, selain itu akan sangat mudah mengenalkan budaya Indonesia ke kancahInternasional.

Keuntungan Letak Geografis Indonesia

  1. Keuntungan di bidang ekonomi
  2. Menambah devisa negara
  3. Sebagai pusat perekonomian diantara dua benua dan dua samudera
  4. Perkembangan pariwisata di Indonesia menjadi lebih pesat
  5. Sebagai jalur perdagangan Internasional
  6. Sebagai destinasi pariwisata utama
  7. Keuntungan letak geografis Indonesia di bidang komunikasi
  8. Indonesia kaya akan bahasa
  9. Indonesia bisa menguasai bahasa asing secara tidak langusng
  10. Masyarakat dituntut dapat berbahasa inggris karena merupakan jalur lintas Internasional
  11. Keuntungan di bidang transportasi
  12. Percepatan infrastruktur di daerah-daerah Indonesia
  13. Peningkatan transportasi untuk tujuan wisata, laut , dan juga angkutan umum
  14. Keuntungan di bidang sosial budaya
  15. Pakaian Indoenesia semakin modern
  16. Adanya kulturasi budaya asing dengan budaya lokal.
  17. Mempunyai keanekaragaman budaya
  18. Dapat dengan mudah menyebarkan budaya di Indonesia.

Baca juga : Letak Astronomis Indonesia

Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa artikel menegnai letak Indonesia secara geografis yakni posisi keberadaan sebuah wilayah berdasarkan letak dan bentuknya di muka bumi. Dengan adanya pengaruh serta dampak positif dan negatif. Terimakasih kepada pembaca yang sudah menyimak dari awal hingga akhir smeoga bermanfaat.