Dampak dan Pengaruh Letak Astronomis Indonesia

Letak Astronomis Indonesia @ilfiwomen.org – Jika kita lihat posisi Indonesia didalam peta, maka sudah di pastikan Indonesia berada di  iklim tropis, lalu berapa letak astronomis Indonesia? Dalam artikel ini akan di bahas mengenai khusunya letak astronomis Indonesia. Berikut yang akan dipaparkan yakni pengertian letak astronomis, letak Indonesia secara astronomis, pengaruh letak astronomis Indonesia, dampak letak astronomis Indonesia serta keuntungan letak astronomis Indonesia. Berikut paparannya di bawah ini:

Letak Astronomis Indonesia

letak astronomi indonesia

Letak astronomis adalah suatu letak yang dilihat dari posisi garis bujur dan garis lintang. Garis bujur merupakan garis khayal atau imajiner yang menghubungkan Kutub Selatan dan Kutub Utara bumi atau secara vertikal. Kita lihat dari garis bujur membagi bumi menjadi dua bagian besar yaitu belahan bumi bagian barat biasa disebut dengan bujur barat dan belahan bumi bagian timur biasa disebut dengan bujur timur.

Garis lintang merupakan garis imajiner yang membentang secara horizontal melingkari bumi. Garis lintang terdiri dari garis lintang utara dan garis lintang selatan, dimana titik tengahnya adalah garis ekuator atau khatulistiwa.

Indonesia berada pada daerah yang mempunyai 6 derajat lintang utara, letak Indonesia secara astronomis yakni 11 derajat lintang selatan. Selain itu juga Indonesia memiliki 95 derajat bujur timur, 141 derajat bujur barat. Maka sudah dipastikan bahwa Indonesia memiliki atau mempunyai iklim tropis.

Pengaruh Letak Astronomis Indonesia

Letak astronomis Indonesia menyebabkan wilayah ini tergolong sebagai negara yang beriklim tropis atau panas. Sebagai akibatnya, negara ini mengalami beberapa pengaruh sebagai berikut di bawah ini:

  1. Negara ini mempunyai temperatur yang sangat tinggi yaitu anatara 26 derajat Celsius sampai 28 derajat Celsius.
  2. Mempunyai curah hujan yang sangat tinggi yang dapat mencapai 200 mm pertahunnya.
  3. Temperatur yang sangat tinggi mengakibatkan terjadinya hujan zenithal atau yang di kenal dengan nama hujan equator.
  4. Terjadinya pelapukan bebatuan di wilayah ini begitu cepat.
  5. Keanekaragaman hayati begitu melimpah daripada lainnya.
  6. Munculnya gejala sosial yang sangat khas karena dipengaruhi oleh adaptasi penduduk terhadap iklim tropis.
  7. Menyebabkan negara ini memiliki pembagian waktu yaitu WIT, WITA dan WIB.

Dampak Letak Astronomis Indonesia

dampak astronomi indonesia

Pengaruh yang diberikan karena letak astronomis indonesia sangatlah besar. Sehingga hal itu memberikan suatu dampak yang positif dan negatif. Keuntungan yang akan diperoleh adalah dampak posistif sedangkan dampak negatif akan memberikan kerugian yang harus diselesaikan. Berikut di bawah  ini beberapa dampak positif bagi Indonesia yakni sebagai berikut

  1. Aktifitas perdagangan tinggi

Hal ini dikarenakan Indoensia mempunayai daerah yang luas, dekat dengan laut, kepulauan yang banyak serta terdapat samudera. Sehingga mengakibatkan timbulnya aktifitas perdagangan yang tinggi. Sebagian orang sering menyebutnya dengan istilah Cross position. Bahwa Indonesia terletak di daerah yang strategis.

  1. Budaya, seni dan agama yang beragam

Sudah tidak asing lagi di beberapa daerah di Indonesia terdapat banyak tradisi atau perbedaan agama.

  1. Waktu siang dan malam yang sama

Negara Indonesia berbeda dengan lain seperti Amerika atau Eropa. Perbedaan ini terletak dalam pembagian waktu yangsama anatara siang dan amalam.pada malam hari, Indonesia memiliki 12 jam. Dan itupun sama halnya dengan siang yangmemiliki waktu 12 jam.

  1. Memiliki suhu yang normal

Indonesia memilki dua musiam yaitu musim kemarau dan hujan. Faktor mausim menjadi pengaruh yangkonstan terdapat suhu di Indonesia. Ketika musim kemarau dan hujantiba, suhu yang dirasakan tidak se-ekstrim yang ada dinegara lain.

  1. Kekayaaan flora dan fauna

Indonesia memiliki pertumbuhan floran dan fauna yang begitu baik dibandingkan dengan Negara lain. Hal ini terbukti bahwa ekosistemnya sangat seimbang. Di dorong oelh beberapa faktor positif seperti intensitas hujan yang tinggi dengan sinar matahari yang takarannya sesuai tidak lebih dan tidak kurang.

  1. Sinar matahari

Tumbuhan yang berfotosintesis tentunya memerlukan kuantitas sinar matahari. Intensitas cahaya yang menyinari negara ini cukup konstan. Artinya faktor yang menjadi penyebab terjadinya keragaman tumbuhan dikarenakan sinar matahari yang selalu ada sepanjang tahunnya.

  1. Tanah yang subur

Indonesia memiliki struktur kandungan tanah yang sangat subur. Tanaman apapun bisa tumbuh cepat. Tidak heran, banyak tumbuhan yang beraneka ragam ditemukan. Karena letak astronomis Indonesi yang cukup strategis, membuat kandungan tannahnya menajdi sbur.

  1. Paru-paru dunia adalah julukan bagi negara beriklim tropis

Hal ini sudah sangat farmiliar ditelinga para pelaku akademis maupun peneliti ilmiah.

  1. Sinar matahari yang selalu ada di sepanjang tahun

Dengan keberadaan matahari yang sifatnya lifetime tentunya sangat menguntungkan bagi Indonesia.

Dampak Letak Astronomi Indonesia

  1. Perdagangan ilegal
  2. Timbul banyak penyakit
  3. Anomali suhu panas
  4. Badao tropis
  5. Rawan banjir

Keuntungan Letak Indonesia Secara Astronomi

Negara yang beriklim tropis seperti Indonesia ini, dampak positif yang diberikan tentu sangat menguntungkan. Apa saja keuntungan letak astronomis Indonesia? Berikut ulasannya :

  1. Letak wilayah Indonesia secarastronomis menyebabkan hanya ada dua iklim saja. Hal ini menyebabkan seluruh wilayah akan di sinari, sinar matahari dan tidak pernah ada musim dingin.
  2. Karena posisi ini mengakibatkan iklim tropis. Hal ini menjadikan banyak area hutan hujan tropis yang ada di Indonesia hingg amenjadi paru-paru dunia
  3. Posisi ini menjadikan negara ini memiliki curah hujan tinggi sehingga tidak pernah terjadi kekeringan.
  4. Curah hujan yang tinggi membuat Indonesia memiliki struktur tanah yang subur. Hal ini membuat banyak daerah di Indonesia yang dijadikan area pertanian atau perkebunan.
  5. Keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia menjadi begitu bervariasi yangtersebar di berbagai daerah di Indonesia.
  6. Memiliki banyak tempat wisata yang bagus di dukung deganiklim trpis menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata yang eksotis.
  7. Banyakanya sektor pertanian, perkebunan dan pariwisata akan menambah devisa negara bagi pemerintah Indonesia.
  8. Karena berada di iklim tropis, Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah.

Kerugian letak Indonesia Secara Astronomis

  1. Dalam waktu tertentu, beberapa wilayah di Indonesia akan mengalami temperatur panas yang sangat tinggi bahkan mencapai titik ekstrem.
  2. Curah hujan di Indonesia menjadi sangat tinggi bisa mencapai 200 mm pertahunnya.
  3. Terjadi pelapukan bebatuan di beberapa daerah akibat cuaca dan iklim yang ada di Indonesia.
  4. Kelembaban udara menjadi sangat tinggi akibat adanya penguapan yangbesar sehingga dapat berdampak pada pemanasan global.
  5. Wilayah Indonesia di bagi menjadi tiga zona waktu yakni waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia tengah (WITA), dan waktu Indonesia Timur (WIT).

Dari paparan diatas atau artikel diatas mengenai letak Indonesia secara astronomis dapat disimpulkan bahwa letak astronomis merupakan suatu letak dimana Indonesia dilihat dari sisi bujur dan lintang. Serta terdapat pengaruh dari letak astronomis tersebut salah satunya beriklim tropis. Terimakasih kepada pembaca yang sudah menyimak dari awal hingga akhir semoga bermanfaat.