Gambar Jaring Jaring Kubus dan Rumus Volume Kubus

Jaring Jaring Kubus – Kali ini akan membahas mengenai jaring jaring kubus dan juga rumus kubus, akan tetapi sebelum jauh membahas jaring kubus alangkah lebih baiknya paham dan mengerti terlebih dahulu apa itu kubus. Kubus merupakan bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi dengan enam bidang kongruen yang memiliki bentuk bujur sangkar atau persebit. Kubus memiliki ciri ciri yaitu mempunyai enam sisi, 12 rusuk, dan 8 titik.

Sifat Sifat Kubus

jaring jaring kubus

Tidak hanya ciri ciri akan tetapi kubus juga memiliki beberapa sifat yaitu :

  1. Seluruh sisi kubus bentuknya persegi
  2. Seluruh rusuk kbus memiliki ukuran yang sama pajang
  3. Setiap diagonal bidang pada kubus mempunyai ukuran yang panjangnya sama
  4. Setiap diagonal ruang pada kubus mempunyai ukuran yang panjangnya sama
  5. Setiap bidang diagonal pada kubus mempunyai bentuk persegi panjang

Unsur Unsur Kubus

gambar kubus

Sebelum mengetahui unsur unsur bangun ruang kubus, coba amati gambar kubus di atas terlebih dahulu. Nah, Kubus sendiri memiliki 6 unsur yaitu :

  1. Sisi atau bidang kubus

Sisi atau bidang kubus merupakan bidang atau sisi yang membatasi kubus. Kubus mempunyai 6 sisi. Coba amati gambar kubus di atas, dimana sisi atau bidang kubus adalah (ABCD), (EFGH), (DCGH), (BCGF), Dan (ADHE).

  1. Rusuk

Rusuk merupakan garis potong antaran dua sisi bidang kubus dan hampir terlihat seperti keragkan yang menyusun kubus. Keubs mempunyai 12 rusuk. Amati gambar kubus di atas yang meruapkan rusuk adalah AB, BC, CD, DA, AE, BF, CG, DH, EF, FG, GH, dan HE.

  1. Titik sudut

Titik sudut merupakan titik potong antar 2 atau 3 rusuk. Kubus mempunyai 8 titik sudut. Coba amati gambar kubus di atas yang merupakan titik sudut adalah A, B, C, D, E, F, G, dan H.

  1. Diagonal bidang atau diagonal sisi

diagonal ruang kubus

Diagonal bidang atau diagonal sisi merupakan garis yang menghubungkan dua titik sudut yang berhadapan di setiap bidang atau sisi kubus. Kubus mempunyai 12 diagonal sisi atau diagonal bidang. Sekarang coba amati bidang ABEF di gambar kubus ABCD, EFGH di bawah ini.

Yang merupakan diagonal bidang yaitu AF, BE, BG, CF, CH, DG, DE, AH, AC, BD, EG, dan Hf. Diagonal bidang atau sisi bisa ditentukan dengan memakai teorema phytagoras

  1. Diagonal ruang

diagonal ruang kubus

Diagonal ruang merupakan garis yang mengubungkan 2 titik sudut yang saling berhadapan di dalam satu ruang. Kubus mempunyai 4 diagonal ruang. Coba amati gambar kubus di bawah ini.

Yang merupakan diagonal ruang yaitu AG, BH, CE, dan DF.

  1. Bidang diagonal kubus

bidang diagonal kubus

Bidang diagonal suatu kubus merupakan bidsang yang dibaasi dengan dua rusuk dan dua diagonal bidang kubus. Ada 6 bidang diagonal pada kubus. Amati gambar kubus di bawah ini.

Bidsang ABGH disebut dengan bidang diagonal, tak hanya itu yang merupakan bidang diagonal adalah ACGE, AFGH, CDEF, BFHD, dan BEHC.

Jaring jaring merupakan bidang datar yang berbentuk gabungan dari bangun datar yang membentuk sebuah bangun ruang contohnya seperti kubus, balok, limas dan bangun ruang yang lainnya. Jaring jaring bisa didapat menggunakan cara membagi sebuah bangun ruangĀ  dengan mengikuti rusuk rusuknya. Nah jaring jaring kubus sendiri terdiri atas 6 buah bangun datar persegi atau bujung sangkar. Nah berikut ini terdapat beberapa gambar jaring jaring kubus.

Gambar Jaring Jaring Kubus

gambar jaring kubus

Gambar di atas adalah gambar dari sebuah kubus yang akan di cari jaring jaringnya, warna hijau adalah tutup sementara warna biru adalah alasnya. Nah di bawah ini akan dijabarkan dengan detail mengenai beragamĀ  jaring jaring kubus.

jaring jaring kubus 1

jaring jaring kubus 2

jaring jaring kubus 3

Nah itulah beberapa gambar jaring jaring kubus, semoga dapat dipahami dengan mudah. Rumus kubus baik rumus untuk mencari luas permukaan, volume, dan juga diagonal sisi kubus dibuthkan suatu titik sudut, sisi dan rusuk bangun ruang kubus itu sendiri dikarenakan untuk rumus luas kubus dan rumus volume kubus sendiri begitu membutuhkan jumlah sisi sisi kubus.

Leave a Comment