Gambar Jaring Jaring Balok dan Rumus Volume Balok

Jaring jaring balok – Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai jaring jaring balok, gambar jaring jaring balok dan juga rumus rumus balok. Akan tetapi sebelum jauh membahas jaring jaring balok dan juga rumusnya, lebih baik paham dan mengerti terlebih dahulu mengenai pengertian balok, tanpa basa basi lagi berikut penjelasannya. Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki 6 sisi dan 12 rusuk dan juga 8 titik sudut.

Bangun ruang balok juga bisa terbentuk dari tiga buah pasang sisi yang memiliki bentuk persegi atau persegi paajang yang  dimana satu diantaranya itu memiliki ukuran yang berbeda. Di setiap sisi berimpitan dengan sisi persegi panjang yang lainnya dengan sisi yang berhadapan dan memiliki sifat yang konguren. Nah konguren adalah sebuah bentuk bangun ruang yang sudut sudut akan bersesuaian dengan sama besar dan juga dengan panjang yang sama.

Unsur Unsur Balok

jaring jaring balok

Balok juga mempunyai beberapa unsur yaitu :

  1. Sisi atau bidang

Sisi balok meruapkan bidang yang membantasi balok. Balok mempunyai 6 buah sisi yang setiap sisi yang berhadap hadapan konguren, adalah ABCD sisi bawah kongruen dengan EFGH ( sisi atas ), ABFE ( sisi depang ) konguren, dan BCGF ( sisi samping kanan ) konguren dengan ADHE ( sisi samping kiri )

  1. Rusuk

Rusuk balok merupakan garis potong antar dua sisi bidang balok dan terlihat hampir sama dengan kerangka yang menyusun balok.

  1. Titik sudut

Titik sudut balok merupakan titik potong antar dua rusuk

  1. Diagonal bidang

Selain tiga unsur di atas tadi juga balok juga mempunyai diagonal, salah satunya diagonal bidang. Diagonal bidang adalah titik sudut yang saling berhadapan di dalam satu sisi atau bidang.

  1. Diagonal ruang

Dua titik sudut  yang saling berhdapan di dalam satu ruang. Ruas garis itu disebut dengan diagonal ruang.

  1. Bidang diagonal

Bidsang diagonal merupakan bidang yang dibatasi oleh dua rusuk dan dua diagonal bidsang di balok. Balok mempunyai 6 bidang diagonal.

Sifat Sifat Balok

Bangun ruang balok juga memiliki beberapa sifat yaitu :

  1. Sisi sisi balok yang memiliki bentuk persegi pajang
  2. Rusuk rusuk yang sejajar mempunyai ukuran yang panjangnya sama
  3. Pada setiap diagonal bidang pada sisi yang berhadapan mempunyai ukuran yang pajangnya sama.
  4. Pada setiap diagonal ruang pada balok mempunyai ukuran yang sma pajangnya.
  5. Di setiap bidang diagonal di balok mempunyai benuk persegi pajang.

Nah sedangkan jaring jaring balok adalah suatu sisi balok yang direntangkan setelah di potong potong mengikuti rusuk rusuknya. Contohnya seperti pada 6 buah persegi panjang yang terdiri atas 3 pasang persegi panjang yang konguren jika disusun belum pasti membentuk jaring balok.

Karakteristik yang dipunyai oleh jaring jaring balok inidapat dilihat jika bentuk tersebut di lipat dan membentuk sebuah banguh balok. Juga bisa mengetahui bentuk dari jaring jaring balok yaitu dengan menggunakan car amemotong model balok di rusuk rusuk tertentu sehingga akan menghasilakan jaring jaring balok.

Cara memotongnya pun juga sama jika diawali dari sisi yang beda jadi akan menghasilkan sebuah bentuk yang beda juga . jaring jaring balok ini tidak jauh beda dengan bentuk jaring jaring kubus. Bedanya ada pada bentuk sisi dan keduanya.

Pada jaring jaring kubus mempunyai bentuk sisi yang hanya di dalam bentuk persegi saja, sementara di sisi jaring jaring balok tediri atas beberpa bentuk persegi dan juga persegi panjang. Setelah ini terdapat beberapa gambar jaring jaring balok yang bisa digunakan untuk membentuk sebuah balok untuk beragam kebutuhan.

Leave a Comment