Integrasi Adalah ? Arti Integrasi Nasional dan Sosial + Contohnya

⏩ Integrasi Adalah? Berikut pengertian apa itu Integrasi sosial dan nasional menurut KBBI ⭐️ Dasar Hukum ☑️ dan contoh di masyarakat ☑️

Siapa yang belum mengenal dengan yang namanya integrasi? Arti integrasi dimaknai dengan menyatu, berirama dan hal-hal yang berhubungan dengan kesatuan. Apalagi yang namanya integrasi nasional sudah tidak jarang lagi didengar oleh telinga.

Yang berhubungan dengan kata nasional berarti menyangkut pautkan dengan Bangsa Indonesia. Yang berkaitan erat dengan kondisi Indonesia saat ini terhadap generasi muda zaman sekarang yang kurang cinta terhadap bangsa Indonesia.

Integrasi menjadi sangat penting ketika zaman sekarang sudah mulai runtuh rasa cinta terhadap Bangsa Indonesia. Kita harus menanamkan dan membudayakan hal ini sebelum semua yang tidak diinginkan terjadi.

Pengertian Integrasi

integrasi

Arti Integrasi adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh warga negara untuk mempersatukan masyarakat dan melahirkan sebuah identitas dari Indonesia. Integrasi adalah proses dimana masyarakat melakukan adaptasi terhadap masyarakat diwilayah yang berbeda, dengan tujuan baik untuk menjaga kesatuan masyarakat.

Pengertian Integrasi Sosial

Integrasi sosial adalah bagian-bagian yang berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan keberanegaragaman atau keserasan fungsi. Atau bisa disebut dengan suatu pembauran yang dijadikan menjadi satu kesatuan yang utuh.

Nah dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa Integrasi sosial adalah suatu hal yang bertujuan untuk menyatukan elemen-elemen masyaraat yang berbeda-beda ras, suka, agama, dan budaya.

Integrasi adalah tidak memandang siapa-siapa namun saling megasihi, tolerasni, meghargai satu sama lain, tidak membangun oknnum-oknum baru, saling keterbukaan, memilki rasa kasih sayang, kepedulian antar sesama.

Pengertian Integrasi Nasional

Integrasi nasional adalah suatu upaya untuk memersatukan bangsa Indonesia tanpa adanya perpecahan, sehingga degan adanya kata nasional ini. Berarti menyangkut dengan Bangsa Indonesai seluruhnya.

Kita harus bersatu walaupun berbeda-beda. Berbeda suku, agam, ras, dan lain sebegianya yang berbeda namun kita harus menggunakan integrasi nasional, agar Indonesia ini utuh dan tak terpecah belah.

Banyak yang menjadi faktor tumbuhnya nasionalisme ini seperti keinginan untuk bersatu, sejarah atas penjajahan yang membuat kita harus bangkit atas keterpurukan dimasa lalu, cinta tanah air dan rela berkorban untuk membela tanah air.

Namun disisi lain juga ada hambatan untuk terjadinya integrasi nasional yakni heterogen masyarakat yang membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan perbedaan masing-masing wilayah, wilayah yang luas dan terpisah oleh lautan-lautan, ketidakmerataan pembangunan, ancaman dari dalam dan luar negeri.

Contoh Integrasi  Sosial & Nasional di Masyarakat

integrasi adalah

Nah dari beberpa penjabaran diatas dapat disimpulkan bahwa integrasi adalah upaya warga negara untuk melakukan kesatuan dan menjaga silaturahmi terhadap masyarakat dengan masyarakat lain.

Sehingga semua ini harus diupayakan terutama pada era sekarang ini pemuda yang semakin kurang cinta terhadap Bangsa Indnesia. Berikut beberapa contoh integrasi nasional dan integrasi sosial yang bisa anda simak paparannya.

  • Integrasi nasional di lingkungan sekolah

Seperti seragam sekolah semua sama, baik pada Sekolah Dasar, Sekolah Menegah Pertama, Sekolah Menengah Kejuruan pun. Walaupun mereka dari berbagai daerah namun dengan menggunakan seragam sekolah yang sama, membuktikan bahwa tidak adanya berbedaan, yang berbeda kulit, bahasa boleh, namun kita tetap saudara. Tanpa membedakan kedudukan, ras, agama, suku dan lain sebagainya.

Tidak hanya seragam saja, jadwal piket,disini menjelaskan bahwa semua mempunyai hak dan kewajiban, hak sebagai murid menerima ilmu, sedangkan kewajiban kita menjaga lingkungan, menyayangi lingkungan sekitar dengan diadakannya piket, untuk menerapkan gotong royong, kerjasama. Ada juga mengenai menaati peraturan sekolah, dengan ini sisiwa akan dilatih menjadi siswa yang tegas dan dispilin, tidak meremehkan waktu dan peraturan dimanapun.

Menaati guru juga termasuk contoh dari integrasi. Upacara bendara yang dilaksanakan pada setiap hari senin. Hal ini mengajarkan siswa bagaimna cara menghargai jasa-jasa para pahlawan dengan melaksanakna upacara, sehingga rasa hormat kepada Bangsa Indonesia dan rasa cinta tanah air dengan meyanyikan lagu Indonesia Raya akan menimbulkan sedikit demi sedikit cinta.

Dan menceritakan kepada mereka bahwa Indonesia tanpa mereka bukan apa-apa, Indonesia ada karena pahlawan dan kita sekarang ini. Jika bukan kita yang cinta dengan tanah air kita lalu siapa lagi? Khususnya para pemuda yang menjadi andalan Bangsa, yang menjadi kebanggan Bangsa.

  • Integrasi sosial di masyarakat

Kerja bakti yang dilakukan di daerah masing-masing akan menimbulkan rasa keberrsamaan, kekompakan tanpa membedakan ras, suku, dan asal darimana, dengan adanya komunkias yang baik, maka persaudaraan akan terus berjalan dengan baik. Saling menghargai, atau tolerasni walaupun berbeda agama tetapi tea meghargai jika waktu adzan maka lebih baik berheti dan tunaikan sholat bagi yang beragama Islam. Hari Minggu yang biansany beribadah ke Gereja kita pun jug atoleran terhadap mereka. Tidak perlu ada permusuhan, kita saling menghargai akan menimbulkan rasa kasih dan sayang serta pengertian yang akan membuat masyarakat seslau damai dan tentram.

Sikap saling berbagi, sehinga jika kita memilki banyak sesuatu maka lebih baikberbagi sehingga akan menimbulkan rasa kepedulian, tanpa memilih-milih tetangga. Sehingga akan ada rasa keterbukaan dan saling mengasihi. Ramah terhadap tentangga jika dijalan bertemu menyapa, saling mengucapkan salam, tidak acuh tak acuh.

  • Integrasi nasional di lingkungan keluarga

Saling membantu anggota keluarga, sehingga akan menimbulkan rasa kepedulian dan rasa dilindungi, rasa kekeluargaan yang hangat, sehingga jika ibu sibuk memasak dan cucian piring banyak maka kita membnatu ibu memasak dan cuci piring. Jika ayah sedang menyirami bunga yang banyak maka kita harus membantu agar pekerjaan cepat selesai.

Rajin beribadah, berjaamaah shlat dirumah sehingga akan merrasakan kekluargaan yang hangat, saling menghargai pendapat satu sama lain, tidak bertengkar, saling berbagi, selalu membantu jika ada anggota keluarga yang kesulitan, menghomati ayah dan ibu, patuh terhadap orang tua.

  • Integrasi nasional bangsa dan negara

Pembagunan TMII (Taman Mini Indonesia Indah) yakkni bentuk miniatur dari Indonesia tercinta, lengkap disana terdapat pulau –pulau Indonesia mulai dari Sumatera hingga Papua. Dibangun dengan berbagai adat 33 Provinsi yang ada di Indonesia, ciri khas masing-masing dari setiap provinsi. Toleransi umat beragama, tidak menciptaan kelompok-kelompok asing, menaati Undang-Undang yan telah dibuat oleh pemerintah.

Mari kita lakukan inetrgasi nasional, hindari hal-hal yang tidak baik, lakukan hal0hal yan gposistif agar Bangsa Indonesia ini tetap utuh tanpa adanya perpecahan karena berbedaan suku maupun ras. Ingat semboyan kita “Bihineka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda namun tetap satu jua.

Terimaksih sudah menyimak artikel arti integrasi dan contohnya ini dengan baik semoga bermanfaat bagi para pembaca. Dan dipersilahkan untuk copy paste jika anda membutuhkan materi ini untuk sarana belajar, namun jangan lupa sertakan sumber ya jika ingin di publish ulang.

Baca Juga : Arti Implikasi

Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika dalam penulisan ada yang salah ataupun menyinggung perasaan, penulis mohon maaf yang sebsar-besarnya. Semoga artikel mengenai pengertian integrasi sosial dan integrasi nasional diatas bisa bermanfaat!