Proses Terjadinya Hujan Asam + Pengertian, Dampak & Penyebabnya

⏩ Mengenal pengertian apa itu hujan asam lengkap dengan contohnya⭐ Gambar proses siklus hujan asam beserta dampak dan penyebabnya☑️

Siapa yang tidak tau mengenai hujan? Semua manusia pasti sudah tau apa itu hujan. Hujan merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi karena suatu sebab dan adanya akibat.

Apakah Anda pernah mendengar hujna asam? Jika belum, yuk kita belajar bersama-sama melalui artikel yang akan kami paparkan berikut ini. Sebelum dalam pembahasan hujan ini, berikut paparan yang akan dibahas yakni definisi hujan asam, proses terjadinya , penyebab, dan dampaknya.

Pengertian Hujan Asam

gambar hujan asam

Hujan asam adalah suatu kejadian alam dimana terjadinya interaksi uap air yang kemudian lama kelamaan air tersebut jatuh namun dengan campuran kadar karbondioksida menjadi asam.

hujan asam adalah dengan sedemikian rupa bentuk hujan yang memilki tingkat keasaman atau pH di bawah normal, yakni di bawah 5,6. Selain itu hujan ini adalah suatu hujan yang memilki karakteristik dari hujan lainnya.

Padahal secara umum, hujan normal yang turun di Indonesia memilki pH 6. Hujan ini terjadi karena adanya kandungan karbondioksida atau CO2 yang larut dengan air hujan tersebut dan memiliki bentuk sebagai asam lemah.

Ciri-ciri dari hujan asam yakni memilki pH di bawah kadar normal,yakni di bawah lima koma tujuh, terjadi karena adanya peningkatan kadar asam nitrat dan sulfat yang ada di dalam polusi udara, awalnya terjadi karena disebabkan oleh peningkatan emisi sulfur diksida dan nitrogen oksida yang ada di atmosfer.