Diagram Batang : Contoh dan Cara Membuat Diagram Batang di Excel

Diagram Batang – Istilah diagram pastinya sudah tidak asing lagi di semua orang, baik dari pengertian, macam maca, dan juga contohnya maksudhnya seperti gambar gambar diagram. Jika secara umum daigaram adalah gambar atau garafik yang isinya mengenai keterangan dan menjelaskan sarana, prosedut, atua kegitan yang dapat dijalankan dari suatu sistem. Diagram juga biasa berarti gambaran atua sketasa atau buram yang memakai garis dan simbol untuk menjelaskan atau melihatkan suatu hal.

Diaram sendiri juga memiliki fungsi tersendiri, yaitu untuk memudahkan di dalam merinci data yang isinya angka. Diagram pada umumnya dipakai untuk meringkas dan memperpendek informasi di dalam setiap presentasi data atau hal yang lainnya.

Tidak hanya itu akan tetapi giagram juga memiliki beberapa macam yaitu diagram batang, garis dan lingkaran. Akan tetapi pada pembahasan kali ini akan lebih detai membahas mengenai diagram batang. Berikut penjelasannya.

Pengertian Diagram Batang

Diagram batang sendiri adalah diagram  yang menunjukkan bilangan atua kuantitas yang dinyatkan di dalam bentuk persegi panjang atau persegi. Pada biasanya diagram batang menggambarkan perkembangan nilai nilai dari suatu objek penelitian di dalam kurun wakut tertentu. Diagram batang menunjukkan batang batang tegak , mendatar, dan juga sama lebar dengan batang batang terpisah. Diagram batang sendiri juga terdapat bentuk diagram batang daun.

Diagram batang daun sendiri adalah diagram batang yang menjadi contoh penyebaran data yang datanya diurutkan terlebih dahulu dari yang terkebil hingga yang terbesar. Diagram batang sendiri memuat angka puluhan sedangkan untuk diagram daun adalah memuat angka satuan. Agar dapat memahami secara maksimal berikut ini akan disajika gambar diagram batang dan juga diagram daun.

Gambar Diagram Batang

gambar diagram batang

Diagram Daun

Batang Daun
1 0 5 6 6 6
2 0 1 1 1 6 7
3 1 2 6 8 9
4 2 2 7
5 1 1 1 8
6 1

Pada umumnya tak sedikit orang membuat diagram batang memakai Microsoft word akan tetapi agar lebih mudah lebih baiknya menggunakan Microsoft excel. Lalu bagaimana cara membuat diagram batang di excel? Nah tanpa basa basi lagi berikut penjelasannya.

Diagram atau pada excel bertulisan chart, chart sendiri adalah suau representasi simbolis informasi di dalam bentuk geometri dua dimensi yang sesuai dengan eknik visualisasi. Terkadang teknik yang digunakan memanfaatkan visualisasi tiga dimensi yang selanjutnya diproyeksikan ke permukaan dua dimensi. Di Microsoft excel, untuk membuat sebuah diagram tidak termasuk ke dalam hal yang begitu sulit, pokoknya data yang dibutuhlkan sudah lengkap.

Diagram tidak jarang digunakan untuk melakukana presentasi karena dapat memvisualkan materi jadi dapat dipahami dengan cepat dan juga mudah oleh para peserta dari presentasi itu sendiri. Agar membuat diagram di excel terdapat beberap ahal yang harus disiapkan yaitu data yang akurat danjuga jelas. Menggunakan data tersebut dapat dengan mudah merubahnya di dalam bentuk grafik hanya dengan beberapa kali klik saja.  untuk contohnya akan merubah data barang di bawah ini ke dalam diagaram batang melalui excel.

Contoh Diagram Batang Excel

No Produk Qyt
1 Mouse 5
2 Keyboar 8
3 Modem USB 2
4 Flashdisk 10
5 Kabel data 2

Coba langsung saja ketikkan data di atas ke dalam lembar kerja excel, lalu blok semua sel yang sudah di isi ( point 01 pada gambar di bawah ini ).

diagram batang excel

Setelah melakukan blok, klik di ribbon insert – recommended chart ( point pada gambar di bawah ), jadi timbul lah jendela baru dengan beberapa pilihan diagram yang dapat dipakai, contohnya seperti diagram batang ( point 03 pada gambar di bawah ini ) lalu klik OK.

diagram batang excel 2

Selesai, maka hasilnya pun juga akan langsung dapat dilihat. Untuk merebuah data yang ada di diagram batang, hanya dengan merubah data tersebut yang ada di tabel ( gambar pertama point 01 ). Lalu bagaimana dengan cara membuat diagram atau chart di excel dengan versi 2007 atau versi 2010? Sebenarnya tidsak begitu jauh bedanya dengan excel 2013.

Baca juga : Diagram Lingkaran

Cotoh Model Diagram Batang

Agar lebih jelas dan mengerti lagi, akan disajikan beberapa contoh diagram batang. Yaitu sebagai berikut ini :

  1. Contoh diagram batang 1
    contoh diagram batang 1
  2. Contoh diagram batang 2
    contoh diagram batang 2
  3. Contoh diagram batang 3
    contoh diagram batang 3
  4. Contoh diagram batang 4
    contoh diagram batang 4

Contoh Soal Diagram Batang

Nah berikut ini terdapat beberapa contoh soal diagram batang, yang dapat membantu dalam mengasah kemapuan mengenai soal diagram batang. Berikut contoh soalnya beserta pembahasan dan jawabannya.

1. Contoh soal 1

Sebuah data pengunjuang objek wisaat telah dinyatakan di sebuah diagram batang yatiu seperti di bawah ini :
soal diagram batang
Apabila data pengunjung objek wisata tersebut pada diagaram batang itu diubah ke dalam sebuah data tabel, maka akan seperti di bawah ini :

TABEL HASIL BACA DIGARAM BATANG D

ATA JUMLAH PENGUNJUNGA OBJEK WISATA DI DALAM SATU PEKAN

Leave a Comment