Rumus Deret Aritmatika dan Contoh Soal + Jawabannya

Deret Aritmatika – Pada kesempatan kali ini akan menjelaskan tetang deret aritmatika dengan jelas. Dimulai dari rumus deret aritmatika, pengertian deret aritmatika, jenis jenis deret aritmatika, pengertian deret hitung, pengertian dari deret aritmatika. Tak hanya itu, akan tetapi juga akan disajikan contoh soal dari deret aritmatika, dan juga contoh deret aritmatika, dan juga rumus aritmatika dan juga rumus deret hitung.

Pastinya sudah tidak sedikit orang pernah memperlajari tenang barisan bilangan. Dimulai dari bilangan  aritmatika dan bilangan geometri. Lalu bagaimana sih apabila suku suku di barisan bilangan itu akan jumlahkan apakah bisa menghitung hasilnya ?  Contohnya seperti berikut ini.

Contoh Rumus Deret Aritmatika

perhitungan deret aritmatika

Diketahui sebuah barisan bilangan dengan nilai seperti di bawah ini.

  • 2, 5, 8, 11, 14,  17, …., Un

Maka, barisan bilangan itu jika dijumlahkan  akan mendapatkan hasil seperti di bawah ini :

  • 2 + 5 + 8 + 1 + 14 + 17

Nah, bentuk seperit itu yang dapat disebut dengan deretan bilagan. Maka dari itu deret bilangan adalah jumlah suku suku dari sebuah baraisan bilangan. Sama seperti dengan barisan bilangan, di deret bilangan, di deret bilangan juga dibagi ke dalam dua bagian, yaitu deret aritmatika dan geometri.

Coba perhatikan barisan deret aritmatika di bawah berikut ini.

  • 3, 6, 9, 12, 15, 18, … , Un

Jadi, jika di jumlah deret aritmatika tersebut, maka terbentuklah jadi deret artimatika dengan nominal sebagai berikut ini.

  • 3 + 6 + 9 + 12 + 15 +18 + … + Un

Bisa disimpulkan apabila deret artimatika adalah jumlah suku suku dari hasil barisan deret aritmatika.

Simak juga : Deret Geometri

Leave a Comment