12+ Contoh Teks Ulasan Novel/ Film Beserta Strukturnya

Ini 15+ contoh teks ulasan terbaru lengkap beserta strukturnya untuk Anda. ⏩ teks ulasan singkat tentang novel ☑️film ☑️ cerpen ☑️

Ada yang sudah tahu belum, apa itu teks ulasan? Memang jarang sekali didengar oleh telinga mengenai teks ulasan. Teks ulasan merupakan suatu penilaian atau akhir dari suatu novel, film atau karya-karya yang menjadi penikmat seluruh masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan hasil karya untuk selanjutnya menjadi lebih baik.

Untuk lebih jelasnya pada artikel ini akan dipaparkan mengenai apa itu teks ulasan, struktur , kaidah kebahasaan, dan juga ragam contoh terbaru 2020. Yuk langsung saja kita simak detailnya.

Pengertian Teks Ulasan

teks ulasan

Teks ulasan adalah teks yang bermaksud untuk menilai suatu karya sastra ataupun karya lainnya seperti novel, film, pameran dan lain sebagainya. Dengan adanya teks ulasan bertujuan untuk membangun pencipta karya untuk menciptakan karya-karya yang lebih baik lagi.

Selain itu, teks ini juga sebagai wadah untuk para penikmat karya mengapresiasi dan berpendapat mengenai apa yang telah dirasakan ataupun yang telah nikmati. Karena penilaiannya setiap individu memiliki pendapat yang berbeda-beda.

Struktur Teks Ulasan

Berikut akan disebutkan apa saja struktur dari teks ulasan yakni sebagai berikut:

  1. Orientasi yakni yang memuat mengenai gambaran awal tentang karya yang akan diulas.
  2. Tafsiran yakni yang menjelaskan mengenai suatu kelebihan karya yang akan diulas.
  3. Evaluasi yakni menjelaskan bagian yang kurang pada karya yang akan diulas.
  4. Rangkuman yakni memberikan kritik san saran dengan sift yang membangun, tanpa menjatuhkan.

Nah itulah tadi 4 struktur teks ulasan yang harus kamu ketahui. Dalam penulisan teks ulasan jika ingin merasalan adanya satu kesatuan maka gunakan semua struktur teks ulasan. Sehingga pembaca akan merasa lengkap tanpa harus menanyakan lagi.

Kumpulan Contoh Teks Ulasan

contoh teks ulasan

Selain itu, penulis akan memaparkan berbagai contoh teks ulasan sebagai referensi pembaca, dapat di copy paste namun sebaiknya ada yang diubah atau diperbaiki kata yang mungkin kurang tepat, atau kalimat yang kurang tepat.

Yang akan penulis paparkan contoh teks ulasan yakni contoh teks ulasan novel, contoh teks ulasan film dan contoh teks ulasan cerpen. Yuk kita simak lagi dengan baik.

Contoh Teks Ulasan Novel

  1. Identitas buku

Judul buku : Dilan 1990

Penulis         : Pidi Baiq

Genre           : Percintaan

Penerbit      : Pastel Books

Tahun terbit: 2014

Tebal buku  : 346 halaman

  1. Sinopsis:

Dilan adalah seorang siswa SMA yang mengalami jath cinta kepada seorang wanita yakni bernama milea. Milea adalah siswa dari jakarta yang pindah ke bandung karena ayahnya jendral yang dipindah tugas ke bandung. Dilan memiliki saudara salah satunya adiknya yang sering muncul dinovel yakni dysa. Dilan sangat mengagumi sosok wanita milea yang baginya ia tidak hanya cantik, namun ia juga dapat meluluhkan hati dilan hingga ia sulit mengungkapkan rasa cintanya itu, bahkan ia selalu membuatkan milea puisi. Namun dilan adalah seorang anak yang memiliki club geng motor, bahkan ia menjadi kepala tempur. Jika salah satu dari gengnya dilukai, maka semua harus menyerbu. Dilan orangnya keras, namun ia sangat penyanyang kepada perempuan. Milea tidak menyukai dilan yang suka tawuran, hingga dilan melanggar bahwa ia tawuran. Suatu saat mile pernah bilang “jika kamu bertengkar lagi, aku akan menghilang”. Mau tidak mau milea harus memegang kata-katanya itu, dan pada akhirnya dilan memlakukan tawuran itu, dan milea meninggalkannya.

  1. Penilaian :

Buku ini sampulnya menarik, sederhana, warna yang digunakan pun menyenagkan jika dipandang, isi bukunya sangat bagus, mudah dipahami, dan pembaca akan terus-menerus membacanya terutama anak muda yang sedang mengalami jatuh cinta. Bahasanya pun sangat humor, sehingga pembaca tertawa sendiri, banyak percakapan yang jarang idengar namun sangat berkesan. Kelebihan buku ini berisi mengenai masalah anak remaja zaman sekarang, bahkan anak remajapun pasti mengalami. Tidak jarang ada seorang laki-laki yang mendekati wanita seperti itu, sangat membekas dihati. Isinya banyak percakapan yang romantis. Kekurangan pada buku ini adalah kurang banyak gambar ilustrasi itu saja dari penulis.

  1. Kesimpulan :

Buku ini sangat diminati oelh kalangan remaja bahkan tua, cerita yang tidak akan termakan oleh zaman. Karena setiap insan pasti akan mengalami yang namanya jatuh cinta, namun yang membuat tertarik pada buku ini adalah, taktik mendekati wanita yang berbeda dengan yang lainnya.

Contoh Teks Ulasan Film

Laskar pelangi merupakan film sejak tahun 2008 yang disutradai oleh riri riza. Pemeran cut mini, ikranagara, slamet rahardjo djarot, mathias muchus, teuku rinu wikana. Film ini menceritakan tentang kumpulan anak-anak yang semangat sekolah namun tidak tercukupi untuk fasilitas seklah, rumah mereka berada di desa yang tidak diperhatikan oleh pemeritah, karena didirikiannya sekolah harus memiliki sayarat salah satunya yakni siswa lebih dari 10 orang.

Namun, pada cerita ini terdapat 10 anak yang ingin sungguh0sungguh dalam belajar, mereka merupalan anak-anak yang pintar, hingga suatu ketika terdapat lomba cerdas sermat ada tiga anak yang mewakili sekolah tersebut denga keterbatasan fasilitas, maka dari itu mereka ingin embuktikan kepada dunia bahwa mereka tidak bisa diremehan. Mereka mendapatkan juara saat cerdas cermat tersebut. Dan sekolah mereka dianggap sekolah yang layak untuk menjadi tempat belajar. Namun, suatu ketika terdapat perselisihan diantara mereka, namun dapat diatasi bersama. Filmnya sangat memotivasi kita sebagai siswa agar lebih giat belajar dengan keterbatasan tidak menjadi penghalangan untuk berprestasi, kekurangan dalam film tersebut, pada bagian tertentu suara pemain kurang keras. Namun tetap saja bagus untuk ditonton.

Kesimpulan yang dapat diambil dalam kisah ini adalah, jangan pernah menyerah, tidak ada kata terlambat untuk belajar dan terus berusaha untuk membanggakan kedua orang tua kita, memperbaiki perekonomian keluarga dan tetap bersyukur dalam keadaan apapun itu. Kebersamaan yang paling utama.

Contoh Teks Ulasan Cerpen

Cerita pendek dengan judul “penyesalan yang terlambat” kisah ini pengarangnya Nur Yulia ynag terinspirasi oleh kisah rakyat yaknimalin Kundang. Judul ini pernah digunakan untuk mengikuti lomba menulis cerpen tingkat nasional. Ceritanya berisi mengenai seorang cucu yang durhaka terhadap neneknya. Ia gadis yang cantik, seiring berjalannya waktu ia beranjak remaja dan dinikahi oleh saudagar kaya. Neneknya yang hanya memiliki cucu kemudian ditinggal menikah, maka nenek hanyalah sebatang kara. Nenek tidak inginmerepotkan cuucnya, sehingga ia tinggal sendirian digubuknya itu.

Nenek sudah lanjut usia, ia semakin hari semakin lemah karena rentan usianya yang seharusnya menikmati hidup namun nenek masih saja untuk menghidupi seorang diri. Nenek sejak menikahkan cucunya ia tidak pernah dijenguk, hingga suatu ketika nenek sangat lapar dan nenek sedang sakit saat itu, sehingga nenek tidak bisa bekerja. Keseharian nenek pekerjaannya yakni mencanting batik, jika batik sudah selesai dicanting maka batik tersebut disetorkan kepada pabrik dannenek mengambil kain lagi untuk dicanting dirumah. Nenek menuju rumah cucunya yang sanagtlah besar, pintunya 3 kali lipat ukuran dari badan nenek.

Nenek mengetuk pintu dan apa yang terjadi, cucucnya malu ia berpura-pura tidak mengenalinya. Hingga neneknya diusir dan keeskan harinya neneknya meninggal dunia. Ia menyesali perbuatannya karena tidak memberikan nasi untuk neneknya makan. Kelebihan cerita ini adalah ia sedikit berbeda ceritanya, serta tokohnya namun himah yang dapat diambil sama halnya seperti malin kundang. Kekurangannya sebagainya menggunakan cerita-cerita lain yang lebih inovasi sehingga terdapat pesan moral yang baru dan berbeda.

Ragam Informasi Lainnya :
Contoh Teks Eksplanasi Contoh Teks Berita
Contoh Teks Eksposisi Contoh Teks Eksemplum
Contoh Teks Anekdot Contoh Teks Prosedur

Nah itulah tadi paparan yang dapat penulis sampaikan, seperti contoh teks ulasan yang semoga dapat bermanfaat untuk pembaca, contoh teks ulasan bila ada salah dalam penulisan, penulis dengan luas hati mengucapkan mohon maaf, terimakasih sudah menyimak dengan baik.

Leave a Comment