Contoh Teks Eksposisi dan Strukturnya

Kumpulan contoh teks eksposisi singkat dilengkapi Struktur & kaidah kebahasaan☑️ teks eksposisi tentang kesehatan, pendidikan, proses & analisis☑️

Seperti yang sudah kami ulas sebelumnya, Teks eksposisi merupakan suatu bacaan yang berisikan informasi pengetahuan agar pembaca mendapatkan pengetahuan tambahan dari informasi tersebut yang ditulis leh penulis namun bersifat akurat.

Menjadi pembeda dari teks eksposisi dengan teks yang lainnya adalah struktur teks eksposisi yang digunakan yakni dibagi menjadi tiga bagian yaitu tesis, argumen dan pengulangan kata.

Dalam artikel ini akan dipaparkan mengenai contoh-contoh teks eksposisi diantaranya contoh teks eksposisi tentang pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan juga tentang analisis dan proses.

Sebelum penulis memaparkan kumpulan contoh teks eksposisi, penulis akan mengawalinya dengan memaparkan contoh paragraf eksposisi yakni sebagai berikut:

Apa itu Teks Eksposisi

teks eksposisi

Teks eksposisi adalah suatu bacaan atau suatu kalimat yang memuat sebuah informasi berupa berita atau pengetahuan yang bersifat akurat.

Biasanya seperti pengetahuan contohnya yakni tentang kesehatan kunyit untuk tubuh kita, perbedaan kehidupan masyarakat pesisir dan kota, perawatan wajah pada kulit berminyak, mencegah kanker paru-paru dan lain sebagainya.

Teks eksposisi sama halnya dengan teks-teks yang lain, namun hanya struktur eksposisi, ciri-ciri teks eksposisis dan kaidah teks eksposisi yang menjadi pembeda.

Jenis teks ini juga dapat diartikan dengan suatu paragraf yang berisikan suatu informasi yang detail dan dijelaskan dengan tujuan menjabarkan kalimat yang perlu djabarkan.

Teks eksposisi ini banyak ditemui pada buku pelajaran, buku majalah dan buku bacaan yang bersifat memberikan pengetahuan atau informasi.

Struktur Teks Eksposisi

karangan eksposisi

  1. Tesis

Pada desa watugong yang dikenal dengan kebun labu kendi, kini kabu kendi terancam punah karena kurang minatnya penduduk sekitar yang merawat sehingga pada akhir bulan, bulan labu kendi tersebut mengalami penuruanan dalam hal penjualan.

Hal tersebut terbukti bahwa kurangnya minat warga terhadap labu kendi, hal ini untuk engatasi tersebut dapat menjelaskan mengenai keuntungan mengnsumsi labu kendi, agar konsumen senantiasa mengnsumsi labu kendi terus menerus.

  1. Argumen

Pada tanggal 17 Oktober 2018, petani Watugong memanen banyak namun penjualan menurun dibandingkan pada minggu sebelumnya, yang berawal dari 200 buah terjual menjasi 150 buah yang terjual sisanya dikonsumsi oleh petani sendiri.

Pada tanggal 25 Oktober juga mengalami merosotan yang drastis, penjualan dari 150 menjadi kurang dari 100. Hal ini menunjukkan bahwa warga sekitar watugong semakin sedikit miat pada buah yang hampir punah ini.

  1. Pengulangan Kata

Hal tersebut menjadi permasalahan warga watugng, sehingga mereka menyepakati suatu hal yang dapat meningkatkan nilai jual labu kendi menjadi naik dikarenakan hal-hal yang telah disebutkan diatas, harapannya dengan kesepakatan bersama dapat meningkatakan minat warga sekitar terhadap  buah labu kendi.

Jenis Teks Eksposisi

  1. Ilustrasi yaitu suatu paragraf yang menggambarkan suatu ide atau gagasan yang mempunyai kesamaan sifat.
  2. Berita yaitu suatu paragraf yang membrikan informasi mengenai kejadi atau peristiwa atau surat kabar.
  3. Perbandingan yaitu suatu paragraf yang menggunakan perbandingan untuk menemukan gagasan atau ide topik yang akan dibahas.
  4. Proses yaitu sutu paragraf yang berisikan tentang tata cara membuat sesuatu atau prosedur dalam melakukan aktivitas.
  5. Definisi yaitu suatu paragraf yang berisikan menidentifikasi atau memberikan arti pada suatu objek.
  6. Pertentangan yaitu suatu paragrafyang berisikan tentang pertentangan mengenai suatu hal.
  7. Analisis yaitu suatu paragraf yang memuat isi suatu penelitian suatu objek atau suatu kondisi.

Ciri Ciri :

Adapun ciri ciri yang ada pada text eksposisi secara lengkap bisa anda lihat pada point point ulasan dibawah ini :

  1. Bacaan atau paragraf bersifat informatif.
  2. Menjabarkan informasi-informasi yang menjadi penguat argumen penulis.
  3. Menyertakan data-data yang akurat.
  4. Teks eksposisi bersifat netrak dan tidak meyudutkan pihak apapun.
  5. Penyampaian dalam menulis informasi jelas, menggunakan bahasa yang baku.

Kaidah Kebahasaan :

struktur teks eksposisi

Kaidah-kaidah yang terdapat pada teks eksposisi diantaranya yakni pranomina, konjungsi, dan kata leksikal. Pada proniman dapat dibagi menjadi dua bagian yakni:

  1. Pranomina persona yaitu kata ganti orang seperti Anda, Saudara, Dia, Kamu, Saudara,-nya, -mu, -ku, kami, mereka, kalian, hadirin dan sebagainya yang merupakan kata ganti orang.
  2. Pranomina non persona yaitu kata ganti bukan orang seperti ini, itu, tersebut, apa, mana, siapa, sana, sini, situ dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk konjungsi yakni kata penghubung yang dibagi menjadi 13 diantaranya sebagai berikut:

  1. Konjungsi Waktu, seperti sebelum, setelah itu, kemudian, sesudah, setalah, lalu.
  2. Gabungan, seperti dengan, dan, serta.
  3. Pembatasan, seperti asal, selain, diantaranya, kecuali.
  4. Tujuan, seperti supaya, agar, untuk.
  5. Persyaratan, seperti asalkan, bilamana, jikalau, apabila.
  6. Perincian, seperti adalah, yaitu, yakni, merupakan, ialah.
  7. Sebab-akibat, seperti sehingga, karena, sebab, akibatnya.
  8. Pertentangan seperti namun, melainkan, sedangkan, akan tetapi, tetapi.
  9. Pilihan seperti atau.
  10. Penguatan atau penegasan seperti hanya, lagi pula, itupun, apalagi, bahkan.
  11. Penjelasan seperti bahwa.
  12. Perbandingan seperti serupa, seperti, bagai, ibarat.
  13. Penyimpulan seperti jadi, oleh karena itu, oleh sebab itu, demikian.

Pada leksikal yakni terdapat empat bagian diantaranya sebagai berikut:

  1. Nomina yaitu kata yang menunjukkan pada suatu benda, baik nyata maupun tidak nyata.
  2. Verba yaitu kata yang memiliki arti proses, atau langkah-langkah atau keadaan yang bukan sifat.
  3. Adjektiv yaitu kata yang menjelaskan suatu benda atau sifat dan keadaan orang.
  4. Adverbia yaitu kata yang menjadi pelengkap seperti menyantumkan nama, lokasi, alat, suaasana dan sebagainya.

Contoh Teks Eksposisi Singkat

contoh teks eksposisi

Teks eksposisi diatas merupakan juga contoh karangan eksposisi jika dijadikan satu paragraf atau satu bacaan. Contoh karangan eksposisi sama halnya dengan contoh eksposisi paragraf yang membedakan hanyalah terpisah-pisah setiap paragraf sesuai struktur teks eksposisi. Berikut contoh-contoh teks eksposisi singkat sebagai berikut:

Contoh Teks Eksposisi Pendidikan

Pendidikan Di Indonesia

Sistem  pendidikan yang berada di Indonesia kini mengalami perubahan yang menjadi lebih baik dari waktu kewaktu, dari kurikulum lama yakni 2006 hingga menjadi kurikulum 2013 yang mengutamakan pendidikan karakter, hal ini mendukung dengan seiring berkembangnya zaman. Dengan kecanggihan teknologi yang sudah ada mejadikan kurikulum mengikuti arus zaman yang menjadi upaya pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dapat dilihat pada masa penerus bangsa masa kini, terjadi krisis moral pad siswa dasar hingga mahasiswa, sehingga pemerintah mengupayakan dengan menerapkan program 2013 yang berbasis pendidikan karakter, maka dari itusduahbanyak sekolah-sekolah yang melaksaakan program tersebut namun juga ada yang belum siap melaksanakan program tersebut, dikarenakan kekuarngan biaya dan kurang perhatian pemerintah pada sekolah-sekolah terpencil, sehingga terdapat sekolah yang tertinggal.

Namun hal tersebut juga menjadi upaya-upaya pemerintah aggar semua sekolah dapat mewujudkan program kurikulum 2013.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjelaskan bahwa kurikulum 2013 diutamakan yang berakreditasi A atau sekolah bertaraf Internasional , terjangkaunya distribusi juga menjadi syarat terhadap sekolah yang menjalankan kurikulum 2013, dan mejelaskan bahwaa kurikulum 2013 menyangkup tiga hal yakni, sikap, pengetahuan, keterampilan serta karakter yang berdasarkan pendejatan ilmiah.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Peremajaan Pada Kulit Wajah

Perawatan yang instan akan mendapatkan hasil yang instan juga namun akan berefek samping cepat kembali pada bentuk asalnya, namun berbeda jika kita menggunakan bahan-bahan alami yang sudah sejak nenek moyang kita gunakan untuk perawatan wajah.

Sudah tidak asing lagi dengan namanya kopi, apalagi di Indonesia sudah banyak industri-indstri yang menciptakan kopi-kopi instan yang menjadi ciri khas Indonesia. Selain kopi dapat diminum, kopi juga memiliki zat kafein yang dapat mengecilkan pori-pori wajah, sehingga tidak jarang jika para wanita untuk merawat dirinya menggunakan salah satunya yaitu kopi.

Hanya dengan cara dioleskan pada wajah setiap dua kali sehari maka akan nampak hasilnya, dan juga kopi selain untuk perawatan juga memiliki manfaat baik dalam tubuh, menurut kopi dapat menahan rasa kantuk dan menambah stamina pada tubuh, mengurangi depresi, menenangkan pikiran, memperlancar metabolisme tubuh, meredakan sait kepala dan masih banyak lagi. maka dari itu penggunaan kopi sangatlah banyak keuntungannya apalagi berhubungan dengan  perawatan wajah. Perawatan wajah yang alami akan menghasilkan yang alami juga dan akan bertahan lama.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Kesehatan Lingkungan

Lingkungan yang sehat selain bersih juga aman terhadap bahaya serta keramahan kita kepada tetangga juga merupakan lingkungan yang sehat.

Dapat dilihat di sekitar kita saja, jika lingkungan kumuh maka kesehatan akan semakin berkurang, jadi sebaikanya diatasi bersama dengan gotong ryong membersihkan lingkungan sekitar, dengan didukung ramah dengan tetangga maka pelaksanaan pun menjadi lancar dan tidak ada hambatan

Lingkungan sehat tidak itu saja, melainkamn teman sekumpulan yang kesehariannya kita selalu bersama, sebaiknya bertemanlah dengan rang-orang yang baik, yang selalu mengingatkan dalam kebaikan, serta selalu di setiap harinya mengajak hal-hal posistif dan juga mengadakan kativitas yang dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat sekitar.

Seperti kampung pendem yang berada pada Kota Malang Provinsi Jawa Timur yang lingkungannya selalu mengadakan pengajian bagi yang beragama islam, dengan hal positif tersebut warga sekitar akan menjadi lingkungan yang sehat. Tdak hanya lingkungan yang sehat melainkan persaudaraan yang sehat. Namun keduanya memiliki suatu hubungan yang erat, jangan lupa selalu tersenyum pada saudara kita. Karena senyum kita kepada saudara kita adalah Sodaqoh.

Contoh Teks Eksposisi Analisis

Narkoba Perusak Generasi Jaman Now

Di era kecanggihan zaman, Indonesia mengalami masalah kepurukan narkoba bahkan anak kecil sudah pernah mencicipi atau mencoba-coba yang namanya narkoba. Hal ini gharus diatasi dan menjadi garis bawah bahwa nak kcil sudah menjadi korban.

Dilihat pada berita-berita tahun lalu pad tahun2017 banyak artis yang dijerumuskan dipenjara karena masalah narkoba, seperti artis pemain anak jalanan, artis Roro dan artis lainya. Bahkan artis yang tidak disangka-sangka yaitu artis Ridho roma anak dari Roma Irama pun juga dijerumuskan di penjara karena masalah narkoba.

Maka dari itu, mari kita ajarkan dan berikan pengetahuan kepada generasi muda zaman now ini tentang narkoba serta bahayanya narkoba untuk tubuh kita. Dan mempersiapkan program bagaimana cara mengatasi beredarnya narkoba, penulis berpendapat bahwa penegak hukum harus tegas dalam memberikan sanksi pada para peredar narkoba dan konsisiten atas sanksi yang telah dibuat.

Contoh Teks Eksposisi Proses

“Merawat kulit berminyak“

Kulit yang berminyak jika diabaikan akan menjadi suatu hal yang serius, dan akan berdampak buruk pada wajah, sehingga perlu adanya perawatan khusus untuk merawat kulit wajah berminyak Anda.

Kulit berminyak biasaya disebabkan oleh pori-pori yang membesar. Sering terkena debu, dan mengeluarkan keringat yang berlebih. Biasanya pori-pori membesar disebabkan udara panas yang berada disekeliling Anda.

Maka dari itu, langkah awal yang harus dilakukan yakni mencuci muka sebanyak 7 kali, yakni 5 kali saat melaksanakan sholat wajib (bagi yang beragama islam) kemudian 2 kali saat mandi dalam sehari, hal ini akan memicu untuk mengurangi kadar minyak yang berlebih, selanjutnya yakni minum air putih minimal 2 liter dalam sehari, sehingga kadar air dalam tubuh dapat terkontrol dengan stabil.

Ssetelah itu menggunakan facial foam untuk menghilangkan debu-debu yang menempel pada wajah dan akan membuat kulit Anda menjadi fresh kembali, dan terakhir  gunakan masker seperti timun, putih telur, kopi dan gula, serta es batu. Dari beberapa masker yang telah disebutkan diatas, Anda dapat menggunakan salah satu diantara masker tersebut, karena masker tersebut dapat mengecilkan pori-pori besar Anda menjadi mengecil.

Dari kumpulan contoh teks eksposisi diatas semoga dapat membantu pembaca dalam mencari referensi-referensi tentang teks eksposisi, mohon maaf jika ada kesalhan dalam pembuatan contoh, jika salah kami penulis mengucapkan beribu maaf. Semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya. Selamat belajar!

Leave a Comment