Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya

Ini 15+ contoh teks eksplanasi lengkap beserta strukturnya untuk Anda. ⏩ teks eksplanasi singkat tentang bencana alam ☑️ sosial ☑️ budaya ☑️

Apakah ada yang sudah tahu tentang teks eksplanasi itu apa? teks eksplanasi masih baru-baru ini muncul pada kurikulum 2013 di kelas VII pada pelajaran bahasa Indonesia.

Mengingat teks eksplanasi tergolong baru dan masih belum memadai buku mengenai teks eksplanasi. Dalam artikel ini, penulis akan memaparkan apa pengertian, struktur , ciri-ciri , jenis jenis, contoh dan kaidah kebahasaannya. Berikut dibawah ini paparannya:

Teks Eksplanasi

teks eksplanasi

Teks eksplanasi adalah suatu bacaan atau paragraf yang berisikan tentang informasi mengenai proses bagaimana terjadinya suatu peristiwa atau kejadian dan mengapa itu terjadi baik itu mengenai alam maupun sosial di sekeliling kita, yang memiliki hubungan sebab-akibat dan proses.

Teks ini memiliki ciri khusus yang membedakan dengan teks-teks yang lain, yakni berisikan suatu peristiwa yang memiliki sebab dan akibat.

Contohnya yaitu rumah tiba-tiba roboh, dibalik robohnya rumah pasti terdapat faktor yang dapat membuatnya robot seperti kurangnya bahan, tidak kokoh dalam proses pembuatannya, terjadi pelapukan kayu atau sebab lainnya.

Dengan adanya suatu peristiwa, kita tidak hanya merasakan saja, melainkan kita dapat mendapatkan pelajaran atas semua yang terjadi, sehingga kita dapat lebih waspada dan dapat menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Kesimpulannya, apa itu teks eksplanasi? Teks eksplanasi adalah suatu bacaan atau paragraf yang memuat mengenai informasi berupa sebab-akibat sebuah peristiwa yang terjadi baik peristiwa alam maupun peristiwa sosial (Llingkungan sekitar).

Adapun struktur teks eksplanasi yang menjadi ciri khas teks ekplanasi sebagai berikut :

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur teks eksplanasi terdiri dari tiga bagian, yakni:

  1. Pernyataan umum yaitu suatu paragraf yang menjadi inti atau menjadi pembuka dalam suatu bacaan.
  2. Urutan sebab dan akibat yaitu mengenai uraian tentang apa yang telah terjadi atau peristiwa yang telah terjadi
  3. Interpretasi yaitu suatu paragraf yang berisikan mengenai kesimpulan apa yang terjadi, mengapa bisa terjadi dan bagaimana mengatasinya.

Struktur teks ekplanasi diatas harus ada pada bacaan yang menjelaskan mengenai suatu peristiwa, karena dengan adanya struktur teks eksplanasi, bacaan akan menjadi satu kesatuan.

Jenis Teks Eksplanasi

Dalam kaidah teks ini, jenis secara umum dibagi menjadi dua yakni:

  1. Teks eksplanasi tentang alam

Teks ini bermuat tentang bacaan bencana alam seperti gempa, tsunami, gerhana bulan, angin topan, tanah longsor dan bencana lainnya yang berhubungan dengan alam.

  1. Teks eksplanasi tentang sosial (lingkungan sekitar)

Teks ini memuat tentang peristiwa yang terjadi di sekitar kita, seperti demo, rumah roboh, listrik putus, kemiskinan, pengangguran dan lainnya. Pada teks eksplanasi sosial ini dapat diuraikan menjadi banyak seperti tentang budaya, tentang permasalahan perekonomian masyarakat dan masih banyak lagi.

Ciri Ciri :

Ciri ciri mudah yang menjadi pembeda diantara teks-teks lainnya, yakni sebagai berikut:

  1. Terdapat pernyataan sebab dan akibat.
  2. Informasi yang dimuat berupa fakta.
  3. Memuat pengetahuan berupa keilmiahan atau ilmiah.
  4. Menceritakan suatu peristiwa atau kejadian.
  5. Strukturnya terdiri dari 3 bagian yakni pernyataan umum, sebab-akibat dan interpretasi.

Kaidah Kebahasaan :

Dalam teks eksplanasi biasanya memiliki ciri khas kebahasaan dibawah ini sebagai berikut:

  1. Mayoritas menggunakan kegiatan keilmiahan atau ilmiah seperti pelajaran sains yang meneliti sebuah kupu-kupu yang berawal dari kepompong
  2. Biasanya menggunakan konjungsi waktu seperti pertama, sebelum, sesudah, setelah itu, jika, sehingga, bila, kemudian, selanjutnya, kedua, ketiga.
  3. Teks eksplanasi ditulis bahwa sesuatu yang dipaparkan dan diinformasikan bersifat benar adanya, karena sifatnya ilmiah sehingga terdapat bukti yang valid atas penelitian tersebut.
  4. Menggunakan kalimat pasif

Dari paparan yang telah dijelaskan diatas dapat disimpulkan bahwa teks eksplanasi adalah suatu teks yang memuat berita atau informasi mengenai peristiwa atau kejadian sosoial yang terdapat sebab-akibat dan solusi yang masuk akal.

Maka dari itu artikel ini akan mengulas tentang contoh teks eksplanasi beserta strukturnya itu sendiri. Dengan dituliskannya contoh teks eksplanasi ini diharapkan dapat membantu teman teman dalam menyelesaikan tugas Bahasa Indonesia. Yuk kita simak dibawah ini:

Contoh Teks Eksplanasi Singkat

contoh teks eksplanasi

Artikel ini akan kami paparkan mengenai contoh teks ekplanasi bedasarkan jenisya secara umum yakni contoh teks eksplanasi tentang bencana alam, contoh teks eksplanasi budaya dan contoh teks eksplanasi sossial. Berikut kumpulan contoh teks eksplanasi singkat dan kompleks yang dapat dijadikan referensi pembaca :

Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya

Pernyataan umum:

Pengangguran merupakan suatu hal yang tidak asing lagi yang didengar oleh telinga, dan menjadi permasalahan yang belum ada akhirnya, banyak yang di Indonesia bahkan dari lulusan SD, SMP, SMA dan Sarjana pun masih pengangguran. Namun permasalahan ini masih saja terus terjadi ketika banyaknya lulusan-lulusan yang belum tau arah tujuan dan belum tau akan bekerja apa.

Tidak hanya itu, pengangguran biasanya terjadi dikarenakan tidak kesesuaian bidang yang ia tekuni dan dikeluarkan dalam pekerjaan dikarenakan suatu hal yang melanggar dari peraturan pekerjaan tersebut, keluar dari pekerjaan karena tidak ada kecocokan antar teman atau tidak cocok dengan gaji yang ia peroleh.

Pengangguran banyak yang mengartikan bahwa  orang yang tidak bekerja, orang yang sedang mencari pekerjaan dan tidak memiliki pekerjaan tetap dan tidak berpenghasilan.

Sebab-akibat :

Banyak faktor yang menjadikan pengangguran tersebar luas yakni minimnya lapangan pekerjaan. Setiap lapangan pekerjaan memiliki pekerja yang berketerampilan berbeda-beda.

Hal ini biasanya disyaratkan dengan lulusan minimal S1 atau yang berpengalaman dibidang yang sedang dicari lowongan pekerjaan. Hal tersebut menjadikan masyarakat terbebani dengan persyaratan tersebut.

Namun dengan adanya persyaratan tersebut yang menuntut lulusan tinggi menjadikan motivasi untuk belajar kejenjang yang lebih tingg dan biasanya karena faktor ekonomi sehingga masyarakat lebih memilih tidak melanjutkan sekolah dan lebih memilih untuk bekerja.

Interpretasi :

Dari uraian diatas, maka pengangguran menjadi permasalahan yang serius untuk dicarikan solusinya, yakni dengan memberikan keterampilan kepada masyarakat yang pengganguran dan meluaskan lapangan pekerjaan.

Sehingga dengan memberikan keterampilan, mereka yang penggangguran dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan dapat menentukan apa yang cocok menjadikan bidang yang ia tekuni.

Meluaskan lapangan pekerjaan juga dapat sedikit membantu mengurangi pengangguran yang ada. Jika kita para mahasiswa dapat menanggapi permasalahan ini.

Maka berindak untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat yang memiliki banyak pengangguran maka gelar sarjana akan menjadi tidak sia-sia karena dapat bermanfaat untuk orang lain dan menyalurkan ilmunya kepada yang berniat menekuninya.

Contoh saja batik, mahasiswa mengadakan workshp tentang batik ikat celup yang dapat dijangkau oleh masyarakat, dan mudah dilakukan oleh kebanyakan orang.

Dari situ akan muncul kekreatifitasan masyarakat dengan bisa menciptakan lapangan pekerjaan usaha kaos batik ikat celup dan lain sebagainya. Atau keterampilan lain misalnya merajut karena pengagguran kebanyakan dari kalangan perempuan yang dituntut hanya dirumah saja, denga merajut akan bisa dilakukan didalam rumah. Dan dengan seiring berkembangnya zaman dapat memanfaatkan teknologi yakni telepon genggam yang dapat mengakses dipenjuru dunia. Dengan menjual rajutan atau batik ikat celup pada online shop dan lain sebagainya.

Pada pembagian struktur teks eksplanasi diatas dapat disimpulkan bahwa pernyataan umum sebagai pembuka, sebab-akibat sebagai isi dan interpretasi sebagai penutup.

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam ( Banjir)

Bencana Banjir

Pernyatan umum:

Dapat kita lihat tahun-tahun belakangan sering terjadi banjir, banjir merupakan bencana alam yang dapat merusak keseluruhan partikel-partikel jalan, rumah dan lainnya.

Sebab-akibat:

Banjir ada, karena ulah manusia itu sendiri. Banjir bermula karena adanya muatan air yang cukup besar dan tidak biasa dibandngkan air pada umumnya. Banjir muncul karena banyaknya faktor diantaranya yaitu sampah yang menumpuk, hujan deras yang tak kunjung reda, kurangnya lahan peresapan air, minimnya pohon-pohon besar. Dampaknya akan merugikan masyarakat sekitar terutama masyarakat yang berada dilingkungan sungai atau lautan.

Interpretasi :

Dari bacaan diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa lebih baik hindari hal-hal yang akan menadatangkan banjir, dengan menanam pohn besar agar air dapat diresap oleh ohon-pohon tersebut, dengan membuang sampah ditempatnya hindari membuang sampah di sungai ataupun lautan, jika perlu sampah dibakar hingga tak tersisa, membuat resapan air terutama pada daerah perkotaan yang padat penduduk sehingga perlu adanya drainase disekitar lingkungan perkotaan. Maka dari itu, jika tidak ingin banjir maka lakukan hal-hal untuk mencegah adanya banjir datang.

Pada bacaan contoh teks eksplanasi banjir memuat salah satunya sebab-akibat. Pada bacaan tersebut dapat uraikan lebih dalam lagi dan masih banyak sebab-sebab yang belum tersebutkan, maka pembaca dipersilahkan mengopy paste bacaan dan menambahkan jika ada yang kurang.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Keragaman di Indonesia

Pernyataan umum:

Indonesia terkenal dengan beragamnya budaya, bahasa, pakaian adat, tradisi, bentuk fisik, makanan tardisional, bentuk bangunan, musik, tari-tarian, kesenian,  Hal ini tidak menjadikan Indonesia runtuh namun bersatu dengan perbedaan yang ada, seperti semboyannya “berbeda-beda namun tetap satu jua”. Salah satu budaya Indonesia yang menjadikan aset bangsa Indonesia adalah batik.

Sebab-akibat:

Batik merupakan salah satu karya seni kriya yang berasal dari kain yang melalui proses pencantingan hingga penglorodan. Batik disahkan oleh UNESCO pada tanggal 2 oktober yang pada tanggal tersebut dijadikan hari batik internasional. Batik kini telah muncul diberbagai daerah, bahkan setiap daerah memiliki batik ciri khas. Batik dalam proses pembuatannya dapat dibagi menjadi 4 yaitu batik tulis, batik ikat celup, batik printing, dan batik cap.

Batik tulis dibutuhkan latihan dalam menyanting, karena kebanyakan di industri-industri batik para pengerajinnya telah bekerja selama 10 tahun karena dibutuhkannya tenaga yang terampil dan sudah terlatih karena dalam menyanting tidaklah mudah, bahkan dari jenis batik lainnya batik tulis inilah yang membutuhkan proses yang lama.

Interpretasi :

Maka dari itu dari bacaan diatas dapat disimpilkan bahwa, tetaplah melestarikan batik dalam Indonesia, hargai batik dan lindungi batik. Karena batik aset Indonesia, batik menjadi saksi sejarah Indonesia yang menjadi turun temurun nenek moyang.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Ragam Budaya Indonesia

Pernyataan umum:

Mengenal budaya memang tidk ada habisnya, seperti budaya adat istiadat seperti didaerah pedalaman yakni daerah Nusa tenggara barat yang terkenal dengan upacara adatnya.

Sebab-akibat:

Upacara adat di Nusa tenggara Barat terdapat banyak diantaranya yaitu:

  1. Upacara kelahiran yaitu menyambut hari kelahiran sang buah hati. Untuk pertama kalinya mengadakan upacara pada usia kandungan tujuh bulan, upacara ini bertujuan untuk memberikan keselamatan bagi calon ibu dan bayinya yang masih dalam kandugan. Dalam proses melahirkan jika calon ibu kesulitan maka itu pertanda bahwa saat hamil ibunya melakukan hal yang buruk, misalnya berlaku kasar kepada orang tua atau suami. Maka dari itu dengan adanya upacara degan meminum bekas cuci tangan, menginjak ubun-ubun dan lain sebagainya itu bertujuan utuk memperlancar kelahiran bayi.Setelah bayi lahir diadakannya upacara ari-ari.
  2. Upacara turun tanah yaitu upacara saat bayi pertama kali diperbolehkan keluar rumah. Bayi tersebut diturunkan ke atas tanah sebanyak tujuh kali sesuai ketentuan. Untukbayi perempuan diturunkan pada alat menenun namun untuk bayi laki-laki diturunkan pada ahan pertanian.
  3. Upacara pemotongan rambut yaitu upacara dalam rangka memotong rambut bayi yang tumbuh pada saat bayi, dalam upacara tersebut mengundang bebrapa orang sekitar. Kemudian ayah si bayi menggendong si bayi dan membawanya berkeliling kepada orang-orang yang diundang tadi dan sambil membacakan sebuah serakalan. Setelah itu orang-orang tersebut satu persatu memotong rambut bayi sedikit demi sedikit.
  4. Upacara khitanan yaitu upacara ini diberuntukkan untuk anak laki-laki yang berusia 5-7 tahun. Dan biasanya sebelum dikhitan anak tersebut berendam terlebih dahulu. Dan bagi laki-laki yang sudah dikhitan dinyatakan laki-laki tersebut menginjak pada dewasa
  5. Upacara kematian yaitu seperti halnya pada agama islam, jika ada orang meninggal maka dikabarkan saudara-saudara dan tetangga, dan posisi jenazah ditelentangkan dan kedua tangan ditaruh diatas perut serta menutup mata jenazah dan mempersiapkan memandikan jenazah. Namun pada adat ini sebelum jenazah dikubur sang pemimpin mnyungkil tanah sebanyak tiga kali dengan menggunakan pisau kecil

Interpretasi :

Pada bacaan diatas menyimpulkan bahwa upacara yang menjadi adat istiadat di bagian Nusa Tenggara Barat memiliki arti tersendiri, selama hal tersebut posistif maka lestarikan ata tersebut jangan sampai meninggalkan adat yang sudah menjadi turun temurun dari nenek moyang.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Kemiskinan

Faktor Penyebab Kemiskinan

Kemiskinan adalah pendapatan masyarakat rendah dan tidak dapat emenuhi kebutuhan sehari hari. Biasayan masyarakat miskin tinggal di gubuk, kolong dan bantaran sungai.

Banyak masyarakat miskin membangun rumah di tanah milik negara. Kemiskinan ada di seluruh belahan dunia dan banyak negara berkembang memiliki masalah ini.

Kemiskinan terjadi karena ada faktor penyebab, yaitu seperti pedidikan terbatasnya kelengkapan pendidikan dan pemenuhan kebutuhan setiap harinya. Bangkrut, perbudakan, musibah, dan struktur sosial menjadi faktornya juga.

Struktur sosial dan perilaku menjadi dominasi faktor dari kemiskinan. Prilaku yang kansumtif, gengsi, pengeluaran uang melebihan pemasukan juga. Dibalik itu ada usaha yang dilakukan masyarakat dan pemerintah untuk mengatasi hal ini. Seperit menaikan umr, meluaskan lapangan kerja, pendidikan gratis dan lainnya.

Hal ini selallu di dinga denagn perilaku masyarakat yang tidak membuang uang, menghindari gengsi, selalu menabung, dan membantu sesama. Sehingga kerjasama selalu ada untuk mengatasi masalah ini.

Contoh Teks Eksplanasi Panjang

Angka Pengangguran di Indonesia

Pengangguran merupakan kejadian sosila yang bekaitan dengan aspek ketenagakerjaan menjadi masalah di masyarakat. Banyak usaha untuk masalah ini, tetapi belum terselesaikan.

Pengangguran tidak tejadi di Indonesia saja, hampir semua negara juga mengalami. Badan pusat statistic memberi definisi megnenai pengangguran yaitu orang yang bekerja kurang dari 1 jam setiap minggunya.

Faktor dasar dari masalah ini adalah kesenjangan antara pencari kerja dan kesempatan kerja. Perubahan structural di perekonomian juga menjadi sebabnya. Perubahan tersebut menyebabkan munculnya kebutuhan kepad tenaga kerja dengan keterampilan yang banyak. Jadi pencari krja bisa mendapat pekerjaan sesuai tuntutan dan tak jarang disebabkan karena phk.

Pengangguran mengakibatkan beragam persoalan ekonomi dan sosial. Maka jumlah pengangguran banyak, pasti timbul kekacauan sosial, jumlah gelandangan juga meningkat.

Jadi pengangguran adalah masalah besar yang harus di atasi, dengan memperbaikai kondisi lapangan pekerjaan atau bisa memberi keterampila yang cukup untuk menciptakan lapangan kerja sendiri.

Seharusnya Indonesia tidak ada kemiskinan. Apabila mau menerima dan bersyukur dengan apa yang dimiliki. Sifat buruk seperti hal tersebut dihilangkan.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Lingkungan

Buang Sampah Sembarangan

Sampah merupakan banda yang sudah dimanfaatkan lagi dan keberadaannya menganggu kesehatan masyarakat. Jenis sampah ada dua jenis yaitu sampah organik dan non organik.

Beragam cara bisa dilakukan untuk mengurangi sampah oraganik dengan mengolah dan daur ualng dijadikan baying yang mempunyai nilai jual tinggi. Sampah juga menjadi kejadian yang sering ditemui dilingkungan, sampah sendiri juga akan menimbulakan dampak yang bisa dirasakan seperti banjirdan tanah longsor.

Sampah selalu tidak dianggap dan menupuk aka mencemari udara dan memunculkan bergam penyakit seperti DBD dan muntaber. Pasti akan menyusahkan saat akan melakukan kegiatan.

Jika mempunyai kebiasaan membuang sampah sembarangan pasti akan memberikan dampak kedepannya. Sehingga sesama makhluk sosial mempuyai hasrat untuk menjaga lingkungan sekitar. Dimali dari hal kecil yaitu membuang sampah yang benar

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Perilaku Sosial

KASUS BULLYING

Bullying atau penindasan merupakan tidakan kesewenagan kepada pihak yang lemah. Tidakan ini seperti kekerasan, ancaman dan paksaan yang sifatnya memaksa dan intimidasi. Budaya ini bisa berkembang dan menimbulkan ketidak seimbangan kekuasaan sosil atu fisik.

Perilaku ini muncul di usia sekolah, biasanya pelaku berciri tidak mudah takut dan mempunyai motif perilaku bullyihg yang agresif. Tetapi juga bisa karena rendah dri yang dittupi sikap penindasan untuk pertahanan diri.

Tindakan ini bisa karena kurang terbukanya kepada masalah yang ada dan melampiaskan dengan cara yang salah. Hal ini bisa karena malu karena tidak orang yang mendengarkannya.

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Bencana Tsunami

Pernyataan umum

Tsunamai adalah gelombang laut yagn datang dengan tiba tiba dan kecepatan tinggi mengarah ke daratan yang dikarenakan aktivitas gunung api atau gempa bawah laut.

Urutan Sebab Akibat

Ketika gempa permukaan dasar laut naik rutun disepanjang patahan ketika itu tsunami ada. Patahan menyebabkan keseimbangan air laut terganggu. Tsunami bisa juga ada karena meletus gunung api di dasar laut mengakibatkan tinggi pergerakan air laut disekitar. Tsunami mempunyai kecepatan gelompong sampai 700 km/jam dengan tinggi gelombang 50-100 m. ketingian yang dipengaruhi dari kedalaman pantai.

Interpretasi

Tsunami bancana yang bahaya untuk manusia yang menyebabkan kerusakan besar dan memakan korban jiwa. Maka dari itu harus waspada untuk menghadapi bencana ini apalagi tinggal di kawasan pantai.

Struktur Teks Eksplanasi :

  1. Pernyataan umum yaitu suatu paragraf yang berisikan tentang topik utama atau sebagai pembuka dalam bacaan yang ditulis oleh penulis.
  2. Sebab dan akibat yakni menjelaskan mengapa peristiwa itu terjadi dan bagaimana cara memperbaikinya atau lainnya.
  3. Interpretasi yaitu suatu paragraf yang memuat kesimpulan dari paparan bacaan diatas dan memberikan solusi atau apa yang akan dilakukan ketika terjadi peristiwa tersebut, sehingga pembaca dapat mengantisipasi dan waspada terhadap peristiwa yang belum pernah dialami sebelumnya.

Perlu kami ingatkan sekali lagi kepada teman teman bahwa dalam struktur teks eksplanasi harus memuat ketiga pernyataan diatas, karena akan membuat bacaan tersebut menjadi satu kesatuan.

Dari paparan tentang contoh contoh teks eksplanasi singkat maupun contoh teks eksplanasi kompleks diatas, ternyata bacaan tersebut tidaklah asing kita baca, biasanya terdapat pada buku pelajaran sekolah, majalah, maupun koran.

Nah dari sini kalian sudah tau apa itu contoh teks eksplanasi beserta strukturnya. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi kalian semuanya. Mohon maaf jika dalam teks eksplanasi kompeks belum lengkap. Sekian artikel contoh teks Eksplanasi beserta strukturnya.

Leave a Comment