15+ Contoh Teks Eksemplum Singkat Beserta Strukturnya

Simak 15+ contoh teks eksemplum beserta strukturnya terbaru untuk Anda. ⏩ teks eksemplum singkat tentang cerita rakyat ☑️ liburan ☑️ diri sendiri ☑️

Siapa yang pernah mendengar tentang teks eksemplum? Teks eksemplum nama lain dari cerita pengalaman seseorang seperti dongeng ataupun cerita rakyat. Teks eksemplum biasanya muncul karena pengalaman seseorang sehingga berasal dari kejadian yang nyata.

Kata teks eksemplum muncul pada kurikulum 2013, maka dari itu perlu kita uprgrade istilah-itilah lama menjadi baru, yuk kita telusuri lebih dalam apa itu teks eksemplum. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian teks eksemplum, struktur esksemplum, dan berbagai contoh mengenai teks eksemplum.  Erikut paparannya dibawah ini:

Pengertian Teks Eksemplum

contoh teks eksemplum

Teks eksemplum adalah teks yang berisikan mengenai pengalaman seseorang yang berasal dari kisah nyata yang tidak menyenangkan atau kisah pahit kemudian dijadikan menjadi cerita rakyat. Dongeng sebelum tidur, legenda dan lain sebagainya.

Dengan adanya cerita teks eksemplum ini, dapat kita ambil pelajaran atau hikmah, pesan-pesan yang dapat di ambil didalamnya dan pembaca wlaupun tidak pernah mengalami setidaknya dapat merasakan peristiwa tersebut dengan membaca.

Maka dari itu, kita seharusnya banyak-banyak membaca karena membaca merupakan pengetahuan yang dapat kita rasakan walaupun tidak pernah terjadi dalam hidup kita. Dengan adanya teks eksemplum kita akan tahu bahwa kisah-kisah yang belum pernah kita alami ternyata memang benar adanya, bahkan hal mustahilpun juga terjadi pada teks eksemplum ini.

Struktur Teks Eksemplum

teks eksemplum

Dalam struktur teks eksemplum berbeda dengan teks yang lainnya, struktur teks esksemplum memiliki ciri-ciri khusu yakni sebagai berikut:

  1. Abstrak berisi menegnai latar belakang cerita atau pengalaman seseorang.
  2. Orientasi berisi mengenai menceritakan pengenalan tokoh dan awal mula terjadi peristiwa yang tidak menyenangkan tersebut.
  3. Insiden yakni kisah-kisah yang menjadi inti cerita, seperti kejadia yang tidak diinginkan oleh tokoh cerita.
  4. Interpretasi berisikan pesan yang dapat dipetik pada cerita tersebut atau menjadikan pelajaran yang berharga agar tidak mengulangi yang kedua kalinya.
  5. Koda atau penutup yakni penutup, harapan dari tokoh maupun penulis.

Setelah menjelaskan mengenai pengertian dan strukutur teks eksemplum maka dibawah ini akan dijelaskan mengenai contoh teks eksemplum. Contoh teks eksemplum yang akan disajikan diantaranya yakni:

Contoh teks eksemplum beserta strukturnya, contoh teks eksemplum cerita rakyat, contoh teks eksemplum tentang liburan, contoh teks eksemplum sesuai pengalaman. Berikut dibawah ini akan dipaparkan cerita teks eksemplum yang berupa contoh-contoh teks ekssemplum yang telah disebutkan diatas, sebagai berikut.

Contoh Teks Eksemplum Singkat :

Tina adalah seorang mahasiswa semster 6 di Universitas watugong. Ia terkenal mahasiswa yang rajin, ia selalu bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosennya. Hingga suatu ketika dosen emberikan tugas akhir sebagai tugas akhir semester pada seluruh mahasiswa yang ada di kelasnya. Mata kuliah yang diberikan yakni Fotografi. Seperti yang Tina lakukan, ia rajin mengerjakan, hingga suatu ketika saat itu ia sangat malas mengerjakan tugas, hingga molor-molor.

Ketika kurang dua hari pengumpulan ia baru mengerjakan tugas akhirnya itu, dan ternyata Tina saat hari pengumpulan ia pun belum selesai. Ia pagi-pagi harus mengambil hasil cetakan foto yang harus ditempel di buku laporan tuga akhir. Padahal masuk mata kuliah tersebut pagi pukul 07.00 WiB. Ia terlambat masuk karena harus menempelkan satu persatu hasil cetakan foto dengan memberikan keterangan dari foto tersebut.

Tinan membutuhkan waktu 1,5 jam untuk menyelesaikannya, ia memberanikan diri untuk mengumpulkan tugasnya itu. Akhirnya, ia tiba-tiba masuk dan mngucapkan salam. Lalu apa yang terjadi? Tina dinasehati di depan teman-temannya dikelas. Dan dosen tidak menerima tugas akhirnya itu karena ia tidak mengabari bahwa ia sedang mengerjakan. Maka dari itu, tina harus menerima keputusan dosen dengan ia mengulang lagi mata kuliah fotografi semster depan.

Tina sangat menyesali perbuatannya yang menunda-nunda pekerjaannya itu, ia lebih senang bermalas-malasan terlebih dahulu daripada bersusah-susah dahulu. Dari cerita diatas dapat kita simpulkan bahwa memnunda-nunda sesuatu akan mengakibatkan sesuatu hal yang tidak kita inginkan sehingg alebih baik kita mengerjakan tepat waktu dan dapat menghasilkan hasil yang baik.

Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya :

  • Abstrak

Kedua orang tuaku lahir di berbeda Kota, ayahku di Malang sedangkan Ibuku di Lampung. Kami berempat yakni aku, adik, ayah dan ibu tinggal di Kota Malang, sehingga ibu harus meninggalkan saudaranya di Lampung. Setiap 2 tahun sekali kami sekelaurga mudik ke lampung dengan mengendarai dua sepeda motor, ayahku membonceng ibuku, sedangkan aku sendirian dengan membawa barang-barang.

  • Orintasi

Kami melakukan perjalanan selama 3 hari 4 malam, berangkat pagi pada pukul 03:00 WIB, kemudian malamnya kita sudah berada di Kota Semarang di Provinsi Jawa Barat. Kami hanya tidur selama 3-4 jam dari pukul 22:00 WIB hingga 02:00 WIB kemudian berangkat lagi, sudah jelas tidur singkat dengan perjalanan jauh sangatlah tidak cukup. Pada hari kedua kami bernagkat dari Kota Semarang, malamnya sampai di Kota Pemalang. Begitupun selanjutnya kami bangun tidur pukul 02:00 WIB dengan keadaan selesai mandi dan siap bernagkat.

  • Insiden

Aku sebenarnya selalu bergantian menyetir jika aku dalam posisi ngantuk ataupun capek. Namun, entah mengapa pada saat aku bernagkat aku merasa kasihan dengan ibuku jika mengendarai sepeda motor sendirri, akhirnya aku ingin menggantikan ibu walaupun kondisi dalam posisi mengantuk, bebrrapa kilo meter telah terlewati, namun rasa ngantukku semakin lama semakin parah dengan jalan yang lurus terus menerus tanpa adanya belokkan. Hingga bebrapa menit setelah itu aku sedikit menutup mata sejenak dan posisi saat itu jalan sangat sepi. Tak sadar sepeda motorku menepi dan ternyata ketika ku membuka mata ku melihat segunung pasir dan aku secara spontan mengerem mendadak dan “sreeeeeettttttt” aku terjatuh dan terpental sekitar 3 meter. Kacamata yang ku kenakan saat itu berubah menjadi dua bagian. Dan aku merasa aku ingin tidur yang nyenyak pagi itu. Alu terdengar ibuku berteriak namaku “yuliiiiiiiiiii”.

Aku dibawa ke indomaret terdekat untuk diobati lukaku yang lumayan parah. Sepda motorku tidak terluka hanya tergores sedikit. Namun tidak dengan kondisiku, wajahku terpenuhi oleh darah, dan tiba-tiba aku merasakan kaki ku terasa sakitdan sulit digerakkan. Memang benar kakiku terluka parah hingga aku tidak bisa melipat kakiku seperti biasanya.

  • Interpretasi

Dari situ aku merasa sangat menyesal dengan keberanianku yang penuh resiko, sebaiknya jika mengantuk maka lebih baik berhenti dan tidur sejenak menghilangkan rasa kantuk itu. Rasa kantuk mungkin terlihat sepele, namun jika diremehkan akan berakibat fatal.

  • Penutup

Setelah kejadian itu, saya sesampainya di Lampung saya dirawat oleh saudara saya hingga sembuh, saya sangat bersyukur wajah saya dapat pulih kembali.

Contoh Teks Eksemplum Cerita Rakyat :

Suatu ketika tinggallah seorang gadis cantik bersama ibunya yang setiap harinya mencari kayu bakar di hutan untuk memasak. Gadisnya masih berumur 13 tahun namun ia pandai bersolek. Gadis tersebiut selalu menampakkan kecantikannya ketika ia hendak keluar rumah, sedangkan ibunya hanya memakai baju kebaya yang warnanya sudah tidak pekat lagi, dengan baju yang sederhana.

Suatu ketika ibunya mengajak anaknya pergi ke pasar, seperti biasanya anak gadisnya itu terlihat sangatlah cantik sedangkan ibunya sangatlah sederhana. Saat diperjalanan si gadis itu berjalan dengan melenggak-lenggokkan pinggulnya itu. Ibunya yangberada dibelakangnya sedang memayunginya dengan berjalan menggunakan sandal jepitnya itu.

Seketika ada sekumpulan laki-laki yang sedang berbicara seraya ia bertanya kepada gadis cantik itu “hai manis, siapakah orang tau yang berjalan dibelakangmu?” lalau ia menjawab “ia pembantuku” ibu dengan wajah yang penuh keringat merasakan kaget dengan jawaban anaknya itu, namun ibu hanya diam saja. Ketika ada seorang laiki-laki yang bertanya lagi dengan hal yang sama, si gadis pun menjawab “ia adlah budakku”. Ibunya langsung menangis sambil berjalan. Lalu ada seoranglaik-laki lagi yang bertanya padanya “siapakah orang tua yangberjalan dibelakangmu itu? Pakah dia ibumu?” langsung si gadis itu menjawab “bukan, dia bukan ibuku namun ia pembantuku”.

Ibunya ynag telah sabar, kini tidak dapat terbendung lagi. Ibunya seraya berdoa kepada Sang Maha Kuasa untuk mengutuk anaknya itu, ibunya berhenti danmenangis merintih-rintih, lalu kemudian langit berubah menjadi mendung, hati ibunya sangat terluka mendengar anaknya menjawab dengan teganya. Lalu beberapa detik kemudian petir menyambar anak gadisnya itu yang lalu berubah jadi batu.

Bagiamanpun ibu kita, kita harus menghormatinya karena sipa yang melahirkan kita di muka bumi ini jika bukan perantara dari ibu kita? Bukankah surga berada ditelapak kaki ibu.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Liburan :

Libur sudah berada didepan mata, seperti biasanya disaat liburan sekolah kami selalu berliburke Banda Aceh. Banda aceh berada didekat laut. Ketika kami asyik dipantai, tiba-tiba terdengarsuara gemuruh yang sangat kecil, lalu kemudian lama kelamaan suara itu semakin besar dan besar.

Tanpa kami duga, air pantai menuju kepada kami yang sedang asyik bermain air, seraya kai kami kaku dan tak berdaya, kami pasrah atas apa yang akan terjadi kepada kami.

Disekeliling kami banyak yang menjerit dan berlalri-lari. Namun aku dan adikku hanya diam dan pasrah atas kehendaknya. Tiba-tiba aku merasakan terbang yang sangat tinggi tanpa merasakan apapun itu, hingga cahay amatahari tiba-tiba membangunkanku.

Tiba-tiba aku terdengar suara orang-orang memanggil-manggilnamaku “Tesaaaaaaaa, Tesaaaaaaa” kemudian aku menyaut “Toloooong, Tolooong” entah apa yang terjadi, speertinya badanku sangatlah berat, aku tak bisa bergerak. Aku lalu ditemukan dan aku digendong oleh seorang dokter menuju rumah sakit. Kakiku patah tulang pada bagian kanan. Kepalaku terbentur karang. Dan adikku telah tiada bersama keluargaku, ayah dan ibukku. Aku sendirian  disini. Tidak ada yang dapat menhindari takdir Allah bahkan bencana alam tidak dapat kita hindari. Semua kuserahkan padaNya.

Ragam Informasi Lainnya :
Contoh Teks Eksplanasi Contoh Teks Prosedur
Contoh Teks Eksposisi Teks Eksposisi
Contoh Teks Anekdot Teks Anekdot

Diatas merupakan contoh teks eksemplum singkat dengan berdasarkan jenis ceritanya. Semoga contoh teks eksemplum dapat bermanfaatbagi pembaca dan dapat digunkan asebgai referensi. Jik acontoh teks eksemplum diatas terdapat kesalahan dalam penulisan kata, penulis mengucapkan beribu maaf kepada pembaca. Terimakasih sudah menyimak.