11+ Contoh Teks Editorial Singkat Beserta Strukturnya

11+ contoh teks editorial singkat beserta strukturnya terbaru 2020⏩ pengertian apa itu teks editorial ☑️ ciri ciri ☑️ dan contoh nya! ☑️

Apakah Anda pernah mendengar tentang teks editorial? Jika belum, maka pada pembahasan artikel kali ini akan membahas mengenai teks editorial. Langsung saja akan penulis bahas dibawah ini:

Gambaran umum mengenai teks editorial ini yakni sama halnya dengan teks opini, sehingga dapat diartikan dengan pendapat seseorang mengenai suatu peristiwa atau kejadian yang masih memilki perselisihan dan belum mendapatkan titik terang.

Pada artikel ini akan dibahas lebih dalam lagi dengan paparannya yakni: pengertian teks editorial, struktur , ciri-ciri dan berbagai contoh teks editorial singkat. Dengan adanya contoh teks ediatorial semga pebaca akan lebih bisa memahami apa itu teks editorial.

Pengertian Teks Editorial

teks editorial

Teks editorial adalah teks yang berisikan sebuah pendapat atau opini perihal kejadian atau peristiwa yang sedang hangat dibicarakan, atau yang masih memilki persoalan-persoalan yang belum mendapatkan titik terang. Biasanya teks editorial ini muncul di majalah atau surat kabar yang menerima masukan-masukan dari orang-orang yang memiliki pendapat.

Teks jenis ini bertujuan untuk memberikan cela atau sarana publik kepada si pendapat terhadap kegelisahan ataupun ungkapan yang perlu diungkapkan, sehingga dapat ditangkap dengan berbagai kalangan yang membaca majalah tersebut.

Struktur Teks Editorial

Terdapat 3 bagian dalam struktur teks editorial ini yakni:

  1. Pernyataan pendapat

Berisikan pendapat umum tentang argumen terbaru atau yang sedang hangat dibicarakan, dana masih dalam sisa-sia persoalan.

  1. Argumentasi atau opini

Berisikan pendapat khusus atau dapat disebut dengan pendapat penulis sebagai pendukung dari pendapat umum.

  1. Pernyataan ulang pendapat

Berisikan sebagai penutup, dengan mengulang argumen yang telah dipaprkan sebelumnya sehngga pembaca yang membaca akan lebih memahami dan mudah diserap oleh pembaca jika diulang kembali pendapatnya pada bagia penutup.