7+ Contoh Teks Cerita Sejarah Beserta Strukturnya

⏩ Mengenal pengertian apa itu teks cerita sejarah ⭐ struktur ☑️ kaidah kebahasaan ☑️ dan kumpulan contoh teks cerita sejarah singkat ☑️

Kata teks cerita sejarah sudah tidak asing lagi di telinga kita, bahkan pada jenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama) sudah adanya pelajaran IPS (Ilmu Pendidikan Sosial) mengenai topik ini.

Namun walaupun Anda sudah pernah tau tentang teks cerita Sejarah, pada artikel ini akan diulas lebih dalam. Pada artikel ini akan dipaparkan mengenai sebagai berikut: pengertian, struktur, beserta contoh teks cerita sejarah. Langsung saja penulis bahas dibawah ini.

Pengertian Teks Cerita Sejarah

teks cerita sejarah

Teks cerita sejarah adalah teks yang menjelaskan cerita masa lalu namun megenai fakta-fakta, asal muasal atau latar belakang terjadinya suatu peristiwa yang memiliki nilai kesejarahan. Dari nama teks cerita sejarah saja sudah dapat di identifikasi jika sejarah merupakan ulasan masa lalu, yang harus diketahui.

Topik dari teks jenis ini biasanya mengisahkan cerita rakyat, maupun fakta fakta sejarah yang pernah terjadi di bangsa ini, seperti asal mula Candi Singosari, asal Mula Kota Malang, pembangunan Candi Borobudur, dan asal mula lainnya.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Struktur teks cerita sejarah terdiri dari berbagai bagian diantara yakni orientasi, urutan kejadian, dan reorientasi, berikut dibawah ini penjelasannya:

  1. Orientasi

Pada bagian ini berisikan mengenai awalan atau pembukaan dalam mengenalkan cerita awal dari sejarah suatu kejadian atau suatu wilayah.

  1. Urutan kejadian

Pada bagian ini menceritakan cerita pokoknya mulai dari awal hingg akhir peristiwa secara detail, sehingga pembaca akan memahami alur ceita yang disampaikan.

  1. Reorientasi

Pada bagian ini merupakan penutup, atau pesan moral yang dapat diambil pada sejarah yang akan disampaikan kepada pembaca. Atau bisa digunakan sebagai komentar pribadi penulis yang mengulas kembali cerita sejarah suatu kejadian atau suatu tempat.

Dengan adanya struktur yang telah dipaparkan diatas, harus digunkan ketiga struktur tersebut agar menjadi satu kesatuan teks cerita sejarah. Berikut akan dipaparkan kumpulan contoh teks cerita sejarah singkat dan panjang.