7+ Contoh Teks Cerita Sejarah Beserta Strukturnya

⏩ Mengenal pengertian apa itu teks cerita sejarah ⭐ struktur ☑️ kaidah kebahasaan ☑️ dan kumpulan contoh teks cerita sejarah singkat ☑️

Kata teks cerita sejarah sudah tidak asing lagi di telinga kita, bahkan pada jenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama) sudah adanya pelajaran IPS (Ilmu Pendidikan Sosial) mengenai topik ini.

Namun walaupun Anda sudah pernah tau tentang teks cerita Sejarah, pada artikel ini akan diulas lebih dalam. Pada artikel ini akan dipaparkan mengenai sebagai berikut: pengertian, struktur, beserta contoh teks cerita sejarah. Langsung saja penulis bahas dibawah ini.

Pengertian Teks Cerita Sejarah

teks cerita sejarah

Teks cerita sejarah adalah teks yang menjelaskan cerita masa lalu namun megenai fakta-fakta, asal muasal atau latar belakang terjadinya suatu peristiwa yang memiliki nilai kesejarahan. Dari nama teks cerita sejarah saja sudah dapat di identifikasi jika sejarah merupakan ulasan masa lalu, yang harus diketahui.

Topik dari teks jenis ini biasanya mengisahkan cerita rakyat, maupun fakta fakta sejarah yang pernah terjadi di bangsa ini, seperti asal mula Candi Singosari, asal Mula Kota Malang, pembangunan Candi Borobudur, dan asal mula lainnya.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Struktur teks cerita sejarah terdiri dari berbagai bagian diantara yakni orientasi, urutan kejadian, dan reorientasi, berikut dibawah ini penjelasannya:

  1. Orientasi

Pada bagian ini berisikan mengenai awalan atau pembukaan dalam mengenalkan cerita awal dari sejarah suatu kejadian atau suatu wilayah.

  1. Urutan kejadian

Pada bagian ini menceritakan cerita pokoknya mulai dari awal hingg akhir peristiwa secara detail, sehingga pembaca akan memahami alur ceita yang disampaikan.

  1. Reorientasi

Pada bagian ini merupakan penutup, atau pesan moral yang dapat diambil pada sejarah yang akan disampaikan kepada pembaca. Atau bisa digunakan sebagai komentar pribadi penulis yang mengulas kembali cerita sejarah suatu kejadian atau suatu tempat.

Dengan adanya struktur yang telah dipaparkan diatas, harus digunkan ketiga struktur tersebut agar menjadi satu kesatuan teks cerita sejarah. Berikut akan dipaparkan kumpulan contoh teks cerita sejarah singkat dan panjang.

Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat

Perjalanan Bersepeda dari Jawa menuju Sumatera

  1. Orientasi

Mereka adalah keluarga yang memiliki nama panggilan dengan hurufnya sama, yakni huruf Y. Yulia, Yanto dan Yani. Nama Yanto adalah nama ayahnya sedangkan ibunya bernama Yani dan anak tunggalnya yakni Yulia.

Mereka tinggal di Kota Malang Pulau Jawa, yang menjadi Kota kelahiran Ayahnya, berbeda dengan ibunya yang lahir di Kota Palembang di Pulau Sumatera. Saat usia anaknya sudah berumur 12 tahun, merek memberanikan diri untuk mudik ke Lampung.

Karena ibunya yang rindu dengan keluarganya yang jauh disana. Mereka memberanikan diri mengendarai satu sepeda motor, sehingga berbonceng tiga orang, setiap 2 tahun sekali kami mudik ke Lampung untuk menuntaskan rasa rindu kami yang tak kunjung berhenti di setiap harinya.

Namun ketika kami mudik untuk yang kedua kalinya mengendarai sepeda dengan dua buah, saat itu anaknya sudah bisa mengendarai sepeda motor dan belum memiliki SIM dan juga ibunya sudah bisa mengendarai sepeda mtrnamun belum memiliki SIM.

Lalu untuk mudik kami yang ketiga dengan mengunakan sepeda motor, anaknya sudah memiliki SIM namun ibunya belum memilki SIM.

  1. Urutan cerita

Pada mudik yang pertama kali menggunakan satu sepeda motor. Kami sebenarnya sudah sering ke Sumatra, hanya saja berangkat menggunakan sepeda mtor pertama kali bagi mereka.

Pada minggu ke empat bulan Ramadhan atau bulan puasa seminggu sebelum hari Raya Idul Fitri mereka memulai perjalanan mudik menuju Sumatera. Kami melakukan perjalanan semlama 3 hari 4 malam.

Mereka memiliki banyak rintangan, dari berbgai perjalanan yang mereka  lewati, diantaranya mereka ditilang di daerah Jawa Barat karena berbonceng tiga serta membawa barang-barang yang memenuhi sepeda motor tersebut.

Dan berplat N, N berasal dari Kota Malang Jawa Timur. Pak yanto menjelaskan bahwa anaknya masih kecil, sehingga masih bisa untuk dibonceng tiga, kasiani kami. Kami sudah sejauh ini, masak kami disuruh pulang ke Jawa Timur.

Akhirnya Polisi tersebut hanya mengenakan sanksi sebesar Rp. 80,000. Dan pak yanto segera menyusul anaknya yang tadi dititipkan kepada orang laki-laki yang berada dipinggir jalan agar anaknya aman.

Setelah itu mereka melanjutkan perjalanan dengan berhati-hati dan memilki prinsip bahwa “pelan tapi pasti”, saat malam hari tiba pada hari ke 2 perjalanan mereka, mereka kehujanan di daerah bogor, dan saat itu wilayah yang mereka lewati sangatlah gelap, seperti hanya kebun-kebun saja.

Mereka curiga bahwa mereka tersesat. Tak lama kemudian mereka mendapatkan lampu yang sangat terang dari kejauhan, akhirnya mereka berteduh di rumah yang berlampu terang tersebut, dan ternyata itu dalah warung, sungguh misterius. Daerah yang gelap gulita hanya dihuni oleh dua rumah saja dan itu sekedar hanya warung makan.

Untung penjual warung tersebut sangatlah ramah dan baik hati. Mereka menyuguhkan sebut saja 3Y dengan berbagai hidangan, tanpa membayar satu pun, mereka juga difasilitasi selimut, bantal, kamar mandi, dan sebagainya.

Mereka dianggap tamu oelh penjual warung makan itu. 3Y tertidur terlelap di tengah-tengah hujan deras. Hingga mereka bangun bekisar jam 4 pagi lalu mereka melaksanakan sholat shubuh.

Penjual tersebut memberikan 3Y bekal makanan untuk perjalanan jauh selanjutnya. Sungguh mulia sekali hatinya, saat mereka berangkat lampu-lampu dijalan tidak ada, hanya lampu sepeda motor 3Y yang menerangi jalan, seketika ini nyata terjadi, lampu jalan tiba-tiba menyala satu persatu dari ujung mereka berangkat hingga akhir.

Mereka merasa bahwa dimudahkannya seorang hamba yang melakukan perjalanan untuk bersilaturahmi atau untuk menyambung silaturahmi. Untuk cerita selanjutnya akan penulis lanjutkan pada artikel selanjutnya.

  1. Reorientasi

Dari cerita diatas bahwa, seorang hamba yang sedang melakukan perjalnan jauh hanya karen auntuk menyambung silaturahmi, maka niscaya akan dipermudah jalannya oleh Allah SWT. maka bagi siapa saja yang memiliki tujuan baik jika dalam perjalanan jauh, maka sebaiknya serahkanlah semuanya pada Allah SWT.

Namun jika sebaliknya niat jelek untuk berpergian jauh maka jangan harap keselataman pada Anda sekalian. Hal yang buruk akan dibalas dengan hal yang buruk pula. Semoga dengan adanya sejarah dari perjalanan 3Y dapat diambil hikmahnya.

Dari paparan diatas, sebenarnya tidak hanya hal seperti itu saja menjadi contoh teks cerita sejarah. Ada sejarah dari asal mula Kota Lumajang, atau Nyi Roro Kidul, Hantu jenglot, contoh teks cerita sejarah lainnya yang masih berbau-bau sejarah. Dari beberapa contoh diatas, diharapkan pembaca bisa lebih memahami topik ini.

Ragam Informasi Lainnya :
Contoh Teks Eksplanasi Contoh Teks Editorial
Contoh Teks Eksposisi Contoh Teks Negosiasi
Contoh Teks Anekdot Contoh Teks Ulasan

Mohon maaf jika ada kesalahan kata dalam penulisan artikel, semoga bermanfaat bagi pembaca. Mohon maaf jika contoh teks cerita sejarah yang penulis tuliskan tidak menyinggung mengenai sejarah umum, namun sejarah megenai perjalanan orang yang dijuluki oleh 3Y. Terimakasih sudah menyimak dengan baik.

Leave a Comment