Contoh Teks Anekdot Singkat dan Lucu

Ini 25+ contoh teks anekdot lengkap dengan strukturnya untuk Anda. ⏩ contoh teks anekdot singkat & lucu ☑️ sindiran ☑️ sosial ☑️ pendidikan ☑️

Tahukah kamu apa teks anekdot itu? Teks anekdot itu merupakan bahasa yang ada pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Teks anekdot baru-baru muncul saat kurikulum 2013 di kelas X. Jika Anda belum tau teks anekdot apa maka akan dipaparkan berikut beserta contoh-contoh teks anekdot.

Dalam artikel ini penulis akan membahas mengenai apa pengertian teks anekdot, struktur teks anekdot, contoh teks anekdot lucu, contoh teks anekdot pendidikan, contoh teks anekdot sindiran. Sebelum memaparkan contoh-contoh teks anekdot alangkah baiknya penulis memaparkan pengertian teks anekdot dan strukur teks anekdot berikut ini:

Pengertian Teks Anekdot

contoh teks anekdot

Yang dimaksud dengan teks anekdot adalah sebuah cerita pendek yang memiliki nilai humor dan mengandung unsur sindiran, karena disajikan untuk publik sehingga pembaca mendapat pelajaran dari cerita pendek tersebut, biasanya tokoh yang digunakan adalah tokoh yang terkenal dikalangan masyarakat.

Tujuan dari teks anekdot yakni, untuk membangkitkan tawa si pembaca atau pendengar, untuk menyindir dan menghibur pembaca. Jadi, dengan adanya teks anekdot ini, sifatnya menyindir namun tidak membuat yang merasa tersindir sakit hati karena terdapat unsur humornya.

Struktur Teks Anekdot

Struktur teks anekdot terdapat 7 bagian yakni: abtraksi, orientasi, event, krisis, reaksi, kda dan re-orientasi. Berikut dibawah ini penjelasannya:

  1. Abtraksi : kalimat pembuka atau pengantar cerita pendek dalam topik yang akan dibuat oleh pengarang.
  2. Orientasi : suatu suasana yang terjadi pada awal cerita yang dibuat oleh pengarang.
  3. Event : suatu kalimat yang berisikan apa yang terjadi pada topik yang dibuat oelh pengarang.
  4. Krisis : puncak dari permasalahan yang menjadi topik pada karangan yang dibuat oleh pengarang.
  5. Reaksi : menyelesaikan masalah yang menjadi topik pada karangan yang dibuat oleh pengarang.
  6. Koda : perubahan reaksi yang terjadi pada tokoh yang berperan pada cerita yang dibuat oleh pengarang.
  7. Re-orientasi : penutup dari cerita pendek atau akhir kisah dari cerita pendek tersebut.

Karena sudah dijelaskan mengenai pengertian dan struktur teks anekdot maka selanjutnya, akan dipaparkan berbagai contoh teks anekdot beserta struktunya.

Jenis Teks Anekdot

Jenis-jenis teks jenis ini terdapat dua macam yaitu lisan dan tulisan, berikut penjelasan dari kedua jenis teks tersebut dibawah ini :

  1. Jenis teks anekdot lisan, contohnya seperti membuat singkatan-singkatan lucu yaitu “mahasiswa kok KUPU-KUPU” yang dimaksud KUPU-KUPU yakni singkatan dari Kuliah Pulang Kuliah Pulang. “mahasiswa rajin tapi TA” yang dimaksud TA yakni singkatan dari Titip Absen. “KUDIS” singkatan dari kurang disiplin. “KRAM” singkatan dari kurang terampil. Atau istilah istilah lain yang merupakan kalimat sindiran.
  2. Jenis teks anekdot tulisan, contohnya percakapan seorang anak kecil dengan ayahnya yang sedang jalan-jalan di mall dengan melihat sekeliling. Tiba-tiba si anak berhenti di depan toko sepatu dan bertanya.

Anak kecil : “loh yah, itu tulisan di toko itu emang gitu ya yah?”

Ayah : “tulisan yang mana nak?”.

Anak kecil : sambil menunjuk kedepan toko bagian atas tulisan, “ANS akar itu artinya apa yah?”.

Ayah : “hahaha, itu bukan akar nak, tapi itu huruf V yang memang ditambah garis dibagian atasnya biar kayak keren gitu, itu merk sepatu nak”.

Anak kecil : “Merk sepatu yang tulisannya sama kayak akar kuadrat ya yaah”.

Ayah : “haha iya nak” ayah tertawa sambil mengelus kepala anak kecilnya itu.

Ciri Ciri Teks Anekdot

struktur teks anekdot

Ciri-ciri teks jenis ini menjadi pembeda dari teks-teks yang lainnya, berikut ciri-cirinya:

  1. Cerita Anekdot Berisikan cerita-cerita lucu dan humor, sehingga bersifat untuk menghibur atau menggelitik
  2. Menyindir tokoh masyarakat maupun lainnya
  3. Berupa percakapan (cerpen) atau komik (jika ada gambar)
  4. Biasanya menggunakan figur orang-orang yang terkenal

Tujuan Penulisan Teks Anekdot

Dengan adanya unsur anekdot, pengarang pasti memiliki tujuan tertentu untuk membuatnya. Tujuan dari anekdot ini adalah sebagai sarana untuk menghibur pembaca, sebagai sarana untuk mengeritik dan membangkitkan tawa pembaca.

Nah, itulah paparan dari contoh cerita pendek atau cerpen teks anekdot yang bersifat humor. Untuk membuat teks jenis ini harus menggunakan ke 7 struktur teks tersebut, agar bacaan atau cerita pendek terasa menjadi satu kesatuan dan pembaca akan mudah untuk memahami cerita pendek tersebut.

Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot

Adapun kaidah yang menjadi ciri khas dalam teks jenis ini akan dipaparkan sebagai berikut:

  1. Cerita pendek yang dibuat berurutan berdasarkan kejadian waktu.
  2. Menggunakan kata kerja.
  3. Menggunakan pertanyaan retorik.
  4. Menggunakan kata penghubung.
  5. Bercerita pada waktu lampau.

Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya

Curhatan Para Cowok

  1. Abtraksi

Suatu ketika ada seorang anak 2 anak yang sedang bencengkrama di kelas saat jam istirahat sekolah

  1. Orientasi

Mereka memulai pembicaraan dengan sesi curhat anak lelaki, lelaki satu bercerita kepada lelaki 2 tentang masalah pacar barunya itu.

  1. Event

Lelaki 1 : he pacar baruku kemarin habis mutusin aku, diam yaa, cuman kamu yang ku ceritain, kamulah sahabatku

Lelaki 2 : lah, nagapin tiba-tiba mutusin?

Lelaki 1 : ya gara-gara aku nggak ngenalin dia ke temen-temenku

Lelaki 2 : trus?

Lelaki 1 : eh dia tiba-tiba mutusin dengan sepihak, lu diem aja yaa jangan bilang siapa-siapa janji yaa..

Lelaki 2 : iyaa janji

  1. Krisis

Kesesokan harinya lelaki 1 masuk kelas dengan suasana yang sangat ramai disambut oleh temannya, teman-temannya mengolok-ngolok diirinya perihal  dia putus dengan pacarnya

Lelaki 1 : he, aku mau curhat, siapa yaa yang beritahu mereka kalau aku putus? Kan aku jadi malu

Lelaki 2 : loh, aku beneran ngk bilang-bilang siapa-siapa, lu sendiri mungkin

Lelaki 1 : oh iya gue bilang juga ke lelaki 3

  1. Reaksi

Lelaki 2 : lain kali curhat itu jangan diumbar-umbar jadi gini kan, lu malu sendiri

Gitu lu bilang cuman aku yang kamu bilang, dasar…

  1. Koda :

Dengan ekspresi malu, eh iya emang mulut nih ngk bisa diem kalau curhat,hehe maaf yaaa teman…

  1. Re-orientasi :

Makanya lebih baik lu tulis aja tuh dibuku, biar lu ngk umbar-umbar ketemen-temen.

Setelah memaparkan pengertian dan struktur teks anekdot dibawah ini akan dibahas cerita anekdot atau contoh teks anekdot. Jika contoh teks anekdot atau cerita anekdot dibawah ini kurang baik, mhon maaf yang sebesar-besarnya. Dan jika ada kesalahan dalam penulisan atau sindiran maka mohon maaf yang sebesar-besarnya. Berikut dibawah ini:

Contoh Teks Anekdot Bahasa Jawa

Bahasa Jawa

Contoh teks anekdot panjang dibawah ini tentang orang berbahasa jawa dan berbahasa Indonesia.

Ludi dan luka baru bertemu di acara ulang tahun malang, merek tidak sengaja saling bertemu dan hampir bertengkar karena antri membeli minuman.

Ludi : eh mas, tadi tempat ini, tempat saya, saya sudah antri lama mas.

Luka : opo seh, aku ki wes antri, kepanasan, ra eruh seng mok omongno opo?

Ludi : mas, saya mohon masnya mundur, karena ini tempat saya, masnya uda nempati tempat saya

Luka : wes ojo omong ae, haduuh

Ludi : mas, ini tempat saya, mass ini tempat saya….

Luka : iyo iyo tak pindah

Ludi : loh ternyata ngerti bahasa Jawa tah, hemm ancene samean iki mas

Contoh Teks Anekdot Lucu

Stand Up Comedy

Dibawah ini contoh teks anekdot Lucu dan contoh anekdot singkat dibawah ini sebagai berikut:

Saat itu malam hari ada acara stand up comedy, comedian ada dua orang. Mereka bernama nusa dan nosa.

Nusa mulai berbicara mengenai rambut dengan nosa

Nusa : eeh lu rambut kriting, gua botak. Lu kebanyakan nanem mie instan apaaa?

Nosa : eh gua mending nanem mie insytan, daripada lu gundul nyamain mereka.

Nusa : mereka mana? Noh lampu jalan haha…..

Contoh Teks Anekdot Singkat

Ayah dan Anak

Contoh teks anekdot pendidikan dibawah ini adalah perbincangan ayah dan anak-anaknya. Berikut dibawah ini:

Pada malam hari, saat itu ayah dan kedua anaknya sedang bencengkrama tentang pendidikan yakni wawasan luas. Pada saat itu menonton tv berita tentang wawasan luas seperti membaca sudah tidak minat lagi terutama pada kalangan muda.

Anak 1 : ayah, kok kita harus sekolah ya yah?

Ayah : agar kita memiliki wawasan luas nak

Anak 1 : trus kenapa kita harus minat membaca?

Ayah : ya sama halnya dengan tadi, agar wawasan kita luas

Anak 1: terus kenapa wawasan kita harus luas yah?

Ayah: nak, kita hidup di dunia yang semakin lama teknologi semakin canggih, sehingga dengan belajar dan memiliki wawasan yang luas, kita dapat merubah atau memiliki fikiran bagaimana minat baca anak muda semakin bertambah.

Anak 1 : contohnya seperti BJ Habibie ya yah?

Ayah : iya, kalo kita belajar sungguh-sungguh dan tetap komitmen dengan apa yang kita kerjakan, kita bisa menjadi kebanggan orang tua maupun bangsa ini nak.

Anak 1 : baik yah, aku ingin seperti BJ Habibie yaaah

Contoh Teks Anekdot Sindiran

Hutang yang Terlupakan

Contoh teks anekdot sindiran tentang hutang antara persahabtan sinta dan sindi, dibawah ini sebagai berikut:

Sindi dan sinta selalu bersama dimanapun ia berada, saat itu sindi membutuhkan uang kemudian ia memberanikan didi untuk meminjam sinta.

Sindi : sinta aku mau pinjem uangmu boleh?

Sinta : iya boleh, mau oinjem berapa?

Sindi : 100 ribu, buat bayar SPP sekolah, aku kembalikan besok yaa, aku lupa bawa uang nih

Keesokan harinya sindi lupa dengan utangnnya itu hingga seminggu kemudian, sinta sebagai temen dekatnya, walaupun dekat namun ia malu untuk menagihnya. Akhirnya sinta memiliki siasat menyindirnya

Sinta : aku laper tapi aku nggak punya

Sindi : makan dirumah aja, ibumu kasian masak buat kamu

Sinta: ibukku ngk punya uang juga mau masak, jadi aku dari tadi belum makan.

Sindi : eh aku baru inget aku punya utang yaa hehe

Contoh Anekdot Lucu

Walikota dan Burung Beo

Di sutu hari dua orang wali kota sedang ada di sesi tanya jawab

Suasana yang cukup membuat heran, karena sedang membahas tentang burung beo.

Ibu negara C : ada burung beo yang diajarkan dua bahasa, burung beo itu dapat
menirukan yang dikatakan manusia dengan baik, satu bahasa
inggris dan bahasa rusia. Jika kaki kanannya ditarik, burung beo
berbicara bahasa inggris dan sebaliknya. Hebat bukan?
Ibu negara D : hebat juga
Ibu negara C : sekarang saya bertanya. Apabila kedua kakinya ditarik, gimana
dong?
Ibu negara D : pastinya dia bakal bisa dua bahasa sekaligus.
Ibu negara C : tidak pak
Ibu negara D : lalu? Apa akan campur aduk?
Ibu negara C : salah juga
Ibu negara D : atau salah satu dari kakinya tertukar, contoh kata pertama bahasa
inggris, kemudian bahasa rusia?
Ibu negara C : salah juga
Ibu negara D : lalu gimana?
Ibu negara C : Kalau kedua kakinya diangkat burung beonya bakal jatuh, bego!
Ibu negara D : jangan bercanda ya, gini gini ibu negara, harus mempunyai
wibawa.Meskipun hanya ibu negara ibu negara rumah tangga,
masa dibilang bego!

Kemudian burung beo menirukan kata terakhir yang diucapkan ibu negara D.

Burung beo : ibu negara bego.. ibu negara bego!

Contoh Cerita Anekdot Lucu

Mahasiswi Cantik

Pada suatau hari, dua orang teman lama berbincang, mereka adalah teman SMA sekarang sudah kuliah di universitas yang beda.

Bebi : lama gak ketemu ya, kabar gimana baik?
Caca : baik kok, kamu gimana?
Bebi : baik kok. Gimana kuliah?
Caca : asik, gak salah pilih kampus.
Bebi : asiknya kayak gimana? Fasilitas lengkap?
Caca : kalo fasilitas gak mikirin, aku kuliah disini dosen cowoknya ganteng ganteng,
,muda, dan gagah. Jadi kalo ketemu di club, mereka beda.
Bebi : waduh, mahasiswa sekarang, carinya gitu yaa hahaha.
Caca : asik juga, betah disi aku sampek gak pengen lulus.
Bebi : kok bisa gitu emang ada apaa?
Caca : mahasiswa ceweknya cantik sama kayak kamu!
Bebi : [email protected]#%$&?

Contoh Teks Anekdot Singkat dan Lucu

Belajar Membaca

Ada seorang guru ditugaskan mengajar di kelas membaca untuk para ibu abdi dalem. Sang guru kemudian menunjuk tuisan “pepaya” yang di bawahnya ada gambar pepaya.

Guru : ini bacanya apa ibu ibu?
Ibu ibu : kates
Guru : tulisannya ibu ibu. P-E-P-A-Y-A, pepaya.
Ibu ibu : kates

Pak guru kebingungan, lalu menghapus gambar pepayanya.

Ibu ibu : kalu di hapus saya tidak dapat membaca lagi, pak guru.

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

Tips Lulus Ujian Sekolah

Di jam pelajaran, bu guru memberi nasehat ke para siswanya jika mereka ingin lulus ujian harus taat kepada perintahnya.

Kemudian semua siswa bingung, lalu bertanya kepada bu guru.

Siswa : kok bisa bu, memangnya apa hubungannya lulus ujian dengan
Taat kepada perintah?
Bu guru : pada soal sudah ada perintahnya.
Siswa : apa perintahnya bu?
Bu guru : perintahnya adalah PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG BENAR. Itu yang
harus ditaati, jangan pilih jawaban yang salah, pasti akan lulus ujian.
Siswa : [email protected]#$?

Contoh Teks Anekdot Pendek

Pak Tua dan Kawanannya

Abstraksi
Pada malam hari, sekor harimau, orang hutan, dan lainnya tiba tiba mendatangi rumah pak tua tidak jauh dari hutan.
Orientasi
Pak tua terkaget kemudian bertanya ke mereka semua.Pak tua : ada apa malam begini kalian kesini?
Para binatang : kami tidak punya rumah sudahan, kami boleh tinggal disini?
Pak tua pun kebingungan
Krisis
Pak tua : kok bisa?
Para binatang : rumah kami sudah dibabat tak tersisa, sehingga kami tidak punya
rumah lagi.Reaksi
Pak tua kasihan melihat mereka dengan ekspresi memelas dan keadaan mereka seperti itu.
Koda
Pak tua kemudian memberi ijin kepada para binatang untuk tinggal di rumahnya.

Contoh Teks Anekdot Dialog

Lampu Ajaib

AbstraksiPada suatu hari lono menemukan lampu ajaibOrientasi

Lono mengusap usap lampu ajaib tersebut berharap bertemy dengan jin. Jin itu keluar setelah lono mengusap 3x.

Krisis

Jin       : kuberi sebuah permintaan untukmu.

Lono  : aku minta 1 buah motor

Kemudian muncul angka 1 yang besarnya sebadan lono.

Reaksi

Lono  : kok angka 1 yang muncul?

Jin       : kamu bilang 1 permintaan, kenamapa bialng 1, buah dan mobil? Yaudah, kata pertama yang hanya aku kabulkan.

Koda

Jin kembali masuk ke dalam lampu ajaib meninggalkan lono yang menyesali perkataannya kenapa dia tidak menyebutkan motor saja.

Contoh Teks Anekdot Beserta Struktur dan Kaidahnya :

Terlambat Sekolah

Abtraksi : suatu hari di pagi hari anak perempuan berparas cantik mengenakan tas bagus dan baju yang rapi dengan wajah yang beseri, ia bergegas untuk berangkat ke sekolah. Tak lupa ia menggunakan jam tangan kesayangannya itu.
Orientasi : bel sekolah sudah berbunyi, namun perempuan cantik itu belum kunjung datang. Ia berjalan santai sambil bernyanyi disepanjang jalan, bahkan ia tidak menghiraukan orang yang berada disekelilingnya.
Event : saat menuju ke kelas, perempuan tersebut tidak mengetahui jika sudah masuk, ia menduga bahwa ia datang lebih pagi dari biasanya. Betapa kagetnya ketika ia masuk ke kelas.
Krisis : “assalamualaikum” dengan lantang ia masuk tiba-tiba wajah yang berseri itu berubah menjadi ekspresi datar. Karena didalam kelas guru akan segera memulai pelajaran. “wa’alaikumsalam, nak. Loh sudah jam berapa ini, kok baru masuk. Coba lihat jam tangan kamu sekrang jam berapa nak?”. Guru di kelas bertanya.
Reaksi : Sambil mengangkat tangannya yang mengenakan jam tangan, dengan wajah yang meringis ia berkata ”Maaf bu, jam tangan saya mati mulai dari 5 hari yang lalu bu”
Koda : “Lalu fungsinya jam tangan yang kamu pakai untuk apa nak, kalau tidak untuk melihat jam agar kamu tidak terlambat?” kata guru dengan berkata halus dan tersenyum kepada perempuan cantik itu.
Re-orientasi : “iya bu, buat gaya-gaya saja bu, tapi nanti akan saya ganti batrenya bu, saya minta maaf buu karena sudah terlambat masuk kelas, saya tidak akan mengulanginya lagi buu”. Kemudian guru tersebut mengizinkan perempuan cantik itu duduk di bangku yang kosong dan bersiap untuk mengikuti pelajaran bersama.
Ragam Informasi Lainnya :
Contoh Teks Eksplanasi Teks Eksplanasi
Contoh Teks Eksposisi Teks Eksposisi

Demikian pengertian, struktur dan kumpulan contoh teks anekdot yang bisa kami paparkan. Selamat belajar dan semoga anda bisa dengan mudah memahami ragam contoh cerita anekdot lucu dan singkat diatas sebagai media pembelajaran. Semoga bermanfaat dan dapat digunkan referensi pembaca. Terimakasih.