14+ Contoh Proposal Pengajuan dengan Format Yang Benar

Bingung mencari format penulisan proposal yang benar ? ⏩ Ini 14+ contoh proposal terbaru ⭐untuk penelitian☑️ kegiatan☑️ usaha☑️ Skripsi☑️

Apakah Anda selaku pengunjung artikel ini ada yang belum tahu mengenai format penulisan proposal yang baik dan benar ? Pasti ada yang sudah tau dan belum tau. Pasti yang belum tau ingin mengetahui format proposal penelitian, pengajuan, maupun kegiatan akan diajukan.

Dan untuk yang belum tahu maka Anda harus tau terlebih dahulu apa itu proposal. Proposal biasanya masih ada hubungannya di sebuah instansi, organisasi, sekolah dan yang berhubungan dengan lembaga.

Maka dari itu perlunya kita yang masih berkecimbung di dunia organisasi harus mempelajari mengenai cara membuat proposal. Lalu apa itu proposal? Dalam artikel ini akan dibahas lebih dalam mengenai apa itu proposal beserta berbagai contoh proposal dan langkah langkah mudah cara membuat proposal yang baik dan benar.

Pengertian Proposal

proposal

Apa itu proposal? Proposal adalah suatu gagasan atau rencana untuk melakukan suatu kegiatan yang akan dicapai, dengan sistematis dan terperinci. Proposal umumnya dijadikan pedoman kerja atau acuan dalam pelaksanaa kegiatan yang direncanakan dengan matang.

Proposal juga merupakan suatu perencanaan yang diajukan atau sebagai bentuk pengajuan atau permohonan. Suatu pihak memberikan proposal untuk menawarkan ide, gagasan atau rencana pada pihak lain agar mendapatkan dukungan. Dukungan tersebut dapat berupa izin, persetujuan, dana dan lain-lain.

Tujuan Pembuatan Proposal

format proposal

Tujuan dibuatnya proposal adalah untuk mendapatkan izin atau persetujuan dari suatu pihak mengenai rencana atau rancangan yang akan dilakukan. Selain itu, proposal juga sering dibuat untuk permohonan dana atau sponsorship melalui kerjasama dengan pihak lain.

Isi dalam proposal biasanya mengenai rincian kegiatan yang akan dilaksanakan, rincian dana yang akan dibutuhkan, sehingga keseluruhan isi dari proposal harus benar-benar dipahami oleh pembaca atau yang akan dimintai izin atau persetujuan atau dana.

Fungsi proposal yakni memberikan informasi yang terperinci dan sistematis tentang suatu kegiatan ketika mengajukan dana untuk pelaksanaan kegiatan. Ada lagi fungsi proposal yang cukup penting perannya.

Adapun fungsi proposal lainnya yaitu sebagai gambaran dan proyeksi dalam mendirikan suatu usaha atau sebagai dasar untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan sosial, budaya, agama, ekonomi, dan bidang lainnya.

Kumpulan Contoh Proposal Terbaru

contoh proposal

Nah, setelah penulis membahas pengertian proposal, maka selanjutnya akan dipaparkan contoh proposal diantaranya yaitu contoh proposal penelitian, contoh proposal usaha, contoh proposal skripsi.

Ada juga contoh proposal kegiatan, contoh cover proposal, contoh proposal pengajuan dana,  contoh proposal kegiatan sekolah, contoh proposal bisnis, contoh proposal usaha makanan. Berikut ini paparannya:

Contoh Proposal Penelitian

  • Judul proposal

PENGARUH AKTIVITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 6 SD 1 MI SUNAN GIRI

  • Latar belakang

Seiring berkembangnya zaman gadget sudah menyebar dimana-man, bahkan anak kecil saja yang berumur 6 tahun sudah biasa dipegangin gadget untuk nbermain game, dengan alasan agar anak kecil tersebut diam dirumah dan tidak ramai. Sehingga orang tua langsung ingin anaknya diam sesuai kemauan orang tua, sehingga dengan itu anak menjadi kebiasaan dan ketagihan degan kenyamanan yang diberikan kedua orang tuanya. Karena bagi anak gadget lebih menarik perhatian daripada teman-temannya.

Hal ini kami melakukan peneltian terhadi SD MI Sunan Giri yang sudah mempunyai fasilitas yang canggih, sehinga kami ingin tahu bagaimana pengaruh gadget pada anak di kelas 6.

  • Pembatasan masalah

1 Tingginya intensitas bermain game online yang dilakukan oelh siswa kelas 6 MI Sunan Giri

2 Rendahnya motivasi belajar siswa kelas 6 MI Sunan Giri

  • Rumusan masalah

1 Adakah pengaruh aktivitas bermain game online terhadap motivasi belajar siswa kelas 6 SD MI Sunan Giri?

  • Kajian Teori

Berdasarkan permasalahan yang dipilih, maka dalam proposal penelitian ini perlu dicantumkan dua teori, yaitu mengenai motivasi belajar dan game online. Kajian teori mengenai motivasi belajar terdiri dari pengertin, fungsi, jenis, ciri-ciri, faktor yang mempengaruhi dan upaya untuk meningkatkannya, smentara itu, kajian teori mengenai game online me;ipti pengertian, jenis dan dampaknya.

  • Hipotesis

Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel aktivitas bermain game online dengan motivasi belajar siswa kelas 6 SD kelas 6 MI Sunan Giri.

  • Desain Penelitian

Penelitian ini berdesain ex-post facto, dimana peneliti berusaha untuk meneliti sesuatu fakta yang telah terjadi di lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif sehingga menghasilkan data berupa kumpulan angka.

  • Populasi dan Sampel

1 Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 6 MI Sunan Giri yang berjumalh 60 orang yang ada 3 kelas, masing-masing 20 orang

2 Sampel dalam penelitian ini akan mengambil masing-masing 10 orang dari setiap kelas untuk dijadikan sebagai subjek.

Pengambilan siswa tersebut dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dimana respnden dipilih oleh peneliti secara acak.

  • Instrumen Pengumpulan Data

Peneliti akan melakukan pengumpulan data dari respnden dengan menggunakan instrumen berupa angket tertutup. Dalam angket ini telah disusun berbagai pertanyaan mengenai variabel yang diteliti, yaitu aktivitas bermain game online dan motivasi belajar.

  • Validitas Data

Pengujian data hasil penelitian ini menggunakan empat validitas data yaitu isi, knstruk, konkuren dan prediksi. Alat ukur yang akan digunakan oleh peneliti untuk menguji validitas data penelitian adalah Product Moment dari Karl Pearson.

Contoh Proposal Skripsi

membuat proposal

Untuk contoh proposal skripsi sama halnya dengan contoh proposal penelitian hanya saja ada lembar pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, daftar lampiran.

Yang terdiri dari 3 BAB diantaranya yakni BAB 1 pendahuluan, BAB 2 tinjauan pustaka, BAB 3 metde penelitian. kuang lebih isinya sama dengan contoh proposal penelttian karena skripsi juga termasuk penelitian. Kurang lebih seperti ini detail format per sub bab nya.

  • 1. Pendahuluan
    • 1. Latar belakang masalah
    • 2. Perumusan masalah
    • 3. Tujuan penelitian
    • 4. Manfaat penelitian
  • 2. Landasan Teori
    • 1. Tinjauan pustaka
    • 2. Kerangka pemikiran
    • 3. Hipotesis
  • 3. Metode Penelitian
    • 1. Jenis penelitian
    • 2. Lokasi dan waktu penelitian
    • 3. Subjek penelitian
    • 4. Teknik pengambilan sampel
    • 5. Besar sampel penelitian
    • 6. Variabel penelitian
    • 7. Definisi operasional variabel
    • 8. Instrumen penelitian
    • 9. Teknik analisis data
  • 4. Daftar Pustaka

Contoh Proposal Kegiatan

  • Judul Proposal

GEBYAR AL-BANJARI SEKOTA MALANG MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI KELURAHAN TLOGOMAS

  • Latar Belakang

Albanjari yakni ajang dimana para santri ataupun umum untuk menunjukkan aksi minta dan bakatnya dengan memepringati maulid nabi maka kami inisiatif untuk mengadakan lmab al-banjari serta memingat dulu bagaiman anbi Muhammad SAW berjuang untuk menegakkan islam hingga adanya hari maulid Nabi Muhammad SAW.

Oleh karena itu maka kami selaku panitia albanjari, berinisiatif mengadakan lomba al-banjari agar semakin dekat kita kepada Yang Kuasa serta semakin Mencintai Nabi Muhammad SAW.

  • Tema

Dalam kegiatan ini kami selaku panitia karang taruna Tlogomas, sepakat untuk mengangkat tema “SHOLAWAT KUPERSEMBAHKAN UNTUK NABIKU MUHAMMAD SAW”. Melalui tema ini diharapkan seluruh masyarakat khususnya umat islam dapat mengingat kembali perjuanagan Nabi Muhammad SAW menyebarkan agama islam, serta menambah cinta dan rindu kita kepada Nabi Muhammad SAW dengan mengadakan lomba al-banjari tingat kota Malang di Tlogomas.

  1. macam-macam kegiatan
  2. lomba al-banjari
  3. ceramah kultum
  4. pengumuman juara
  5. peserta

Peserta dalam rangkaian acara ini yakni umu untuk masyarakat dan bagi yang mendaftar lomba al-banjari.

  • Waktu dan Tempat

1. Lomba al-banjari

Hari/tanggal    : jum’at/2 mei 2017

Pukul               : 08:00-16:00 WIB

Tempat            : Gedung serbaguna Tlogomas Jalan Liman satu No. 34

2. Kultum serta pengumuman juara 1,2 dan 3

hari/tanggal    : sabtu/3 mei 2017

pukul               : 08:00-12:00 WIB

tempat            : Gedung serbaguna Tlogomas Jalan Liman satu No. 34

  • Susunan Panitia

pelindung                          : Drs. Sudiyanto, M.Pd.

pembina                            : Suliswati, S.Pd

penanggung jawab           : Achmad Sandy maulana

ketua panitia                     : Nur Yulia Prajnya paramita

sekertaris                          : rehan lece Prasetya

bendahara                         : putri wahyu rosalia

koor sie acara                   : agyl ade anisa

koor si perkap                   : iis suryani

koor sie dokumentasi        : puti manda sari

koor sie publikasi              : rina ageng

koor sie humas                  : yane eka

koor sie keamanan           : fidi fiorintina

  • Anggaran Dana

1. Pemasukan

dana kas kartar           : Rp. 1.500.000

dana partisipsi warga : Rp. 2.000.000

dana sponsor roti        : Rp. 2.000.000

dana sponsr sound      : Rp. 1.000.000

dana sponsor RT         : Rp. 2.000.000

total                             : Rp. 8.500.000

2. Pengeluaran

sewa terop                  : Rp. 2.000.000

sewa panggung           : Rp. 1.000.000

sewa sound system     : Rp. 1.000.000

konsumsi                     : Rp. 2.000.000

publikasi                      : Rp. 700.000

dokumentasi               : Rp. 1.000.000

lain-lain                       : Rp. 500.000

total                             : Rp. 8.200.000

Contoh Proposal Pengajuan Dana

  • Judul Proposal

GELAR SENI DAN BUDAYA SISWA-SISWI SMK NEGERI 5 MALANG DALAM RANGKA MEMPERIGATI HARI BATIK SEDUNIA

  • Latar Belakang

Pentas seni adalah ajang dimana menyalurkan bakat dan minat siswa siswa di sekolah, dengan adanya pentas seni, mereka dapat berpartisipasi dan semangat karena mereka akan menunjukkan bakat mereka yang mungkin jika di sekolah tidak ditampakkan. Sehingga dengan pentas seni dapat memberikan kesempatan kepada mereka untuk unjuk diri dan berani untuk mengemukakkan di tempat umum.

Dan juga dapat meningkatkan daya bakat serta minat siswa untuk semnagat dalam melakukan segala hal. Dan dapat memberikan pengaruh yang posistif kepada siswa siswi yang lainnya.

Oleh karena itu, kami selaku sebagai pihak OSIS yang mewakili suara siswa siswi khususnya siswa siswi SMK Negeri 5 Malang, maka berinisiatif mengadakan pntas seni dengan tujuan untuk memperingati hari batik sedunia, dan mengenalkan batik kepada siswa siswi SMK Negeri 5 Malang. Serta dilengkapi atau dimeriahkan dengan adanya workshop batik serta hiburan-hiburan atau ajang menunjukkan bakat dan minta siswa siswi SMK 5 Malang

  • Tema

Dalam kegiatan ini kami selaku panitia, sepakat untuk mengangat tema “KU PERTAHANKAKN BATIK UNTUK NEGERIKU INDONESIA”. Melalui tema ini diharapkan seluruh sswa siswi SMK Negeri 5 Malang menyadari Batik merupakan aset negera yang harus dilestarikan dan dipertahankan. Caranya dengan mengadakan workshp untuk mengenalkan bagaimana cara pembuatan batik, sehingga kita tidak ahanya dapat memakainya saja, tetapi juga dapat membuatnya serta memberikan persembahan senbuah bakat dan minat.

1 macam-macam kegiatan

2 teater

3 pagelaran music bnd

4 seni islami

 5workshop batik

6 stand up comedy

  • Susunan Acara

Terlampir

  • Waktu dan Tempat

a. Workshop batik

hari/tanggal    : jum’at/2 mei 2017

pukul               : 08:00-12:00 WIB

tempat            : lapangan upacara SMK Negeri 5 Malang

b. Teater, seni islami

hari/tanggal    : sabtu/3 mei 2017

pukul               : 08:00-12:00 WIB

tempat            : lapangan upacara SMK Negeri 5 Malang

c. Pertunjukkan bakat, music band dan stand up comedy

hari/tanggal    : minggu/4 mei 2017

pukul               : 08:00-12:00 WIB

tempat            : lapangan upacara SMK Negeri 5 Malang

  • Susunan Panitia

Terlampir

  • Anggaran Dana

a. Pemasukan

dana kas sekolah         : Rp. 1.000.000

dana partisipasi siswa : Rp. 1.500.000

dana sponsor axis       : Rp. 1.000.000

dana sponsr telkom    : Rp. 1.000.000

dana partisipasi guru  : Rp. 1.000.000

total                             : Rp. 5.500.000

b. Pengeluaran

sewa terop                  : Rp. 2.000.000

sewa panggung           : Rp. 1.000.000

sewa alat musik          : Rp. 1.000.000

konsumsi                     : Rp. 2.000.000

publikasi                      : Rp. 700.000

dokumentasi               : Rp. 1.000.000

lain-lain                       : Rp. 1.000.000

total                             : Rp. 8.200.000

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

  • Judul Proposal

GELAR SENI DAN BUDAYA SISWA-SISWI SMK NEGERI 5 MALANG DALAM RANGKA MEMPERIGATI HARI BATIK SEDUNIA

  • Latar belakang

Pentas seni adalah ajang dimana menyalurkan bakat dan minat siswa siswa di sekolah, dengan adanya pentas seni, mereka dapat berpartisipasi dan semangat karena mereka akan menunjukkan bakat mereka yang mungkin jika di sekolah tidak ditampakkan. Sehingga dengan pentas seni dapat memberikan kesempatan kepada mereka untuk unjuk diri dan berani untuk mengemukakkan di tempat umum.

Dan juga dapat meningkatkan daya bakat serta minat siswa untuk semnagat dalam melakukan segala hal. Dan dapat memberikan pengaruh yang posistif kepada siswa siswi yang lainnya.

Oleh karena itu, kami selaku sebagai pihak OSIS yang mewakili suara siswa siswi khususnya siswa siswi SMK Negeri 5 Malang, maka berinisiatif mengadakan pntas seni dengan tujuan untuk memperingati hari batik sedunia, dan mengenalkan batik kepada siswa siswi SMK Negeri 5 Malang. Serta dilengkapi atau dimeriahkan dengan adanya workshop batik serta hiburan-hiburan atau ajang menunjukkan bakat dan minta siswa siswi SMK 5 Malang

  • Tema

dalam kegiatan ini kami selaku panitia, sepakat untuk mengangat tema “KU PERTAHANKAKN BATIK UNTUK NEGERIKU INDONESIA”. Melalui tema ini diharapkan seluruh sswa siswi SMK Negeri 5 Malang menyadari Batik merupakan aset negera yang harus dilestarikan dan dipertahankan. Caranya dengan mengadakan workshp untuk mengenalkan bagaimana cara pembuatan batik, sehingga kita tidak ahanya dapat memakainya saja, tetapi juga dapat membuatnya serta memberikan persembahan senbuah bakat dan minat.

  1. macam-macam kegiatan
  2. teater
  3. pagelaran music bnd
  4. seni islami
  5. workshop batik
  6. stand up comedy
  • Peserta

peserta dalam rangkaian acara ini yakni perwakilan dari siswa-siswi SMK Negeri 5 malang.

  • Waktu dan Tempat

a. Workshop batik

hari/tanggal    : jum’at/2 mei 2017

pukul               : 08:00-12:00 WIB

tempat            : lapangan upacara SMK Negeri 5 Malang

b. Teater, seni islami

hari/tanggal    : sabtu/3 mei 2017

pukul               : 08:00-12:00 WIB

tempat            : lapangan upacara SMK Negeri 5 Malang

c. Pertunjukkan bakat, music band dan stand up comedy

hari/tanggal    : minggu/4 mei 2017

pukul               : 08:00-12:00 WIB

tempat            : lapangan upacara SMK Negeri 5 Malang

  • Susunan Panitia

pelindung                          : Drs. Sudiyanto, M.Pd. (Kepala Sekolah)

pembina                            : Suliswati, S.Pd

penanggung jawab           : Achmad Sandy maulana

ketua panitia                     : Nur Yulia Prajnya paramita

sekertaris                          : rehan lece Prasetya

bendahara                         : putri wahyu rosalia

koor sie acara                   : agyl ade anisa

koor si perkap                   : iis suryani

koor sie dokumentasi        : puti manda sari

koor sie publikasi              : rina ageng

koor sie humas                  : yane eka

koor sie keamanan           : fidi fiorintina

  • Anggaran Dana

a. Pemasukan

dana kas sekolah         : Rp. 1.500.000

dana partisipasi siswa : Rp. 2.000.000

dana sponsor axis       : Rp. 2.000.000

dana sponsr telkom    : Rp. 1.000.000

dana partisipasi guru  : Rp. 2.000.000

total                             : Rp. 8.500.000

b. Pengeluaran

sewa terop                  : Rp. 2.000.000

sewa panggung           : Rp. 1.000.000

sewa alat musik          : Rp. 1.000.000

konsumsi                     : Rp. 2.000.000

publikasi                      : Rp. 700.000

dokumentasi               : Rp. 1.000.000

lain-lain                       : Rp. 500.000

total                             : Rp. 8.200.000

Contoh Proposal Bisnis

A, Judul Proposal

“Es Klamud Jelly Susu”

B. Ringkasan Eksekutif

Konsep Bisnis

Es klamud jelly susu merupakan produk minuman segar dan menyehatkan yang berbahan dasr utama kelapa muda. Agar cita rasanya semakin nikmat, maka ditambahkan jelly serta susu kental manis. Penjualan produk ini rencannay akan berlokasi di kawasan alun-alun Kota Malang jam operasi mulai dari 11:00-16:00 WIB

Tim Manajemen

usaha ini adalah kolaborasi diantar 4 mahasiswa. ke empat orang ini menyetorkan modal dengan jumlah yang berbeda pada usaha ini. Jadi, jumlah profit yang akan dibagikan nantinya juga akan mnyesuaikan banyaknya modal. Selain berperan sebagai owner, keempat orang ini juga bertugas untuk melayani pembeli dengan sistem shift.

C. Gambaran Usaha

Produk ini dilatar belakangi minuman sehat karena terbuat dari kelapa muda serta rasanya menyegarkan. Agar terkesan lebih bervariasi dalam hal cita rasa, mak ditambahkan jelly dan susu kental manis. Minuman ini memiliki keunggulan dari pada yang lain yakni penggunaan bahan yang masih segar. Harga yang akan dijual cukup murah yang dapat dijangkau oleh masyarakat sekitar yakni Rp. 5.000. promosinya kami lakukan dengan online dan offline dengan berupa media spanduk maupun brosur. Target pasar kepda anak sekolah, pekerja dan wisatawan.

D. Analisis Persingan

Banyak yang menggunakan es kelapa muda namun kita gunakan variasi denga jelly dan susu kental manis. Lokasi yang kami tempat di alun-alun Kota Malang masih belum terdapat pedagang yangmenjual es klamud tersebut.

E. Rencana desain dan pengembangan

Produk minuman yang diminati banyak orang dari berbagai kalangn, dengan hal tersbuet dapat memberikan peuang untuk membuka cabang. Dengan memanfaatkan jejaring sosial aka kami mengunakan promosi dengan onlineseperti di instagram, facebook, serta whatsapp. Namun resiko dari es klamud ini tidak dapat bertahan lama. Bahan dan alat mudah kami temukan (jelaskan alat dan bahan apa saja)

F. Perkiraan pendapatan

Anda dapat mencantukan penghasilan perminggu, serta cantumkanmodal berapa. Sehinga dapat dihitung laba dan ruginya.

Untuk contoh proposal usaha makanan sama halnya dengan contoh proposal bisnis, sehinga dapat di copy paste dan dirubah apa yang perlu diubah sesuai dengan kebtuuhan teman teman semua.

Nah, setelah menyimak dengan seksama artikel contoh proposal, dapat disimpulkan bahwa contoh proposal peneltian dan contoh proposal pengajuan dana atau kegiatan itu tidak sama, sehingga Anda harus benar-benar dapat membedakan, bagian isinya berbeda.

Contoh Cover Proposal

contoh cover proposal

Dalam pembuaan cover untuk proposal adalah kesan pertama yang dilihat oleh calon donatur atau calon sponsorship, maka jika mendaatkan kesan yang bagus, maka tanggapannya akan bagus, dan tertarik untuk terlibat dalam kegiatan tersebut.

Nah, sebaik-bai cover proposal kegiatan adalah yang matching dengan bentuk dan nuansa kegiatannya. Diatas telah kami sajikan contoh cover proposal kegiatan dan cover proposal penelitian yang bisa anda jadikan referensi.

Nah maka dari itu jika Anda hendak membuat suatu contoh proposal peneltian atau proposal kegiatan maka Anda harus tahu terlebih dahulu mengerti letak perbedaannya.

Ragam Informasi Lainnya :
Contoh Surat Penawaran Contoh Surat Permohonan
Contoh Surat Lamaran Kerja Contoh CV

Dengan adanya kumpulan contoh proposal diatas, harapan penulis untuk pembaca dapat lebih memahami bagaiaman cara membuat proposal serta dapat mempraktekkannya dengan baik, bahkan jika bisa lebih baik dari paparan diatas.

Terimakasih pembaca sudah membaca dari awal hingg akhir, semoga ilmunya bermanfaat dan dapat digunakan referensi untuk pembaca. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam menulis contoh proposal diatas, entah itu contoh proposal penelitian maupun contoh proposal kegiatan, penulis mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya.