7+ Contoh Proposal Penelitian Kualitatif, Kuantitatif & Skripsi

⏩Ini 7+ contoh proposal penelitian dengan format penulisan yang benar. ⏩ Contoh proposal penelitian kualitatif ☑️ Kuantitatif  ☑️ dan Skripsi ☑️

Berhubungan dengan proposal penelitian, pasti  hubungannya dengan mahasiswa atau mahasiswi. Mengapa? Karena Sudah tidak asing lagi proposal penelitian bagi mahasiswa baik untuk mahasiswa baru maupun mahasiswa tingkat ahir.

Memang jika kita menjadi mahasiswa selalu diperintahkan untuk membuat proposal penelitian, terutama ketika sudah semsester terakhir, pasti diperintahkan membuat proposal penelitian biasanya berupa skripsi.

Nah, bagi Anda yang baru saja menjadi mahasiswa atau akan membuat proposal penelitian, maka dalam artikel ini akan dipaparkan mengenai proposal, khususnya contoh proposal penelitian, entah untuk proposal penelitian kualitatif , kuantitatif, maupun proposal skripsi. Jadi simak dengan baik ya.

Kumpulan Contoh Proposal Penelitian

contoh proposal penelitian

Sebelum memaparkan kumpulan contoh proposal penelitian, maka kita harus mengetahui apa pengertian dari proposal, bagi Anda yang belum tahu. Proposal adalah suatu rencana atau rancangan atau karya ilmiah yang telah disusun secara matang dan sistematis serta detail.

Sebuah proposal penelitian biasanya meliputi beberapa unsur, diantaranya adalah teori, dan penggunaan metode yang membutuhkan dukungan, entah itu berupa dukungan dana, suara, pendapat, tenaga maupun lainnya dengan dilakukannya penelitian.

Pada dasarnya contoh proposal penelitian adalah suatu rancangan yang bertujuan untuk meneliti sesuatu, atau yang menjadi masalah yang harus dipecahkan dengan adanya jalan keluar.

Tujuan proposal penelitian ini agar dapat memecahkan masalah serta mendapatkan jalan keluar, atau tindakan apa yang harus dilakukan, mencari tahu hal yang belum diketahui, dapat menemukan fakta data informasi, serta menemukan kejelasan hubungan fakta data informasi dan pemecahan masalah.

Dari penjelasan diatas, maka penulis akan memaparkan beberapa contoh proposal penelitian, diantaranya yakni contoh proposal penelitian, contoh proposal skripsi.

Agar pembaca lebih memahami bagaimana format penulisan proposal penelitian dengan membaca kumpulan contoh proposal yang akan kami kupas dibawah ini. Yuk dibawah ini langsung disimak saja.

Dalam contoh proposal penelitian yang akan kami ulas disini, terdapat dua jenis contoh proposal yang akan kami paparkan contohnya, yakni contoh proposal penelitian kualitatif dan contoh proposal penelitian kuantitatif.

Contoh Proposal Penelitian Kualitatif

Judul

Pelaksanaan strategi pembelajaran oleh guru Seni Budaya Mts negeri 2 Malang

Latar Belakang

berdasarkan hasil observasi yang dilakuka di kelas VIII F pada tanggal 8 agustus 2017 ditemukan bbeberapa permaslaahan dalam kegiatan pembelajaran. Pertama, motivasi belajar siswa menjadi rendah ketika proses pembelajaran berlangsung. Kondisi ini dibuktikan dengan banyaknya sisiwa yang melakukan aktivitas lain seperti berbicara dengan teman, bercand, bermain, keluar kelas.

Kedua, prestasi belajar masih rendah dan hasil dai ujian akhir semster rata-rata dibawah kkm, belum mencapai kriteria ketuntasan nilai minimal. Ketiga, sumber blajar yang digunakan oleh guru dan siswa belum memadai karena tidak adanya ahan ajar untk kurikulum edsi revisi.

Keempat, strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru seni budaya belum bervasriasi. Dalam kegiatan pembelajaran, guru seni budaya masih menggunakan strategi yang montn, sehingga siswa menjadi bosan dan cepat mengantuk.

Berdasarkan keempat permsalahan tersebut, perlu sekiranya dilakukan penelitian mengenai pelaksanaan strategi pembelajaran leh guru. Adapun judul penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti yaitu “pelaksanaan strategi pembelajaran oleh guru Seni Budaya Mts negeri 2 Malang”

Pembatasan masalah

Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru seni budaya belum bervariasi

Rumusan masalah

Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran oleh guru seni budaya MTs Negeri 2 Malang

Kajian teori

Berdasarkan tema yang diamabil, terdapat tiga kajian teroi yakni teori mengenai strategi yang terdiri dari pengetian, komponen, jenis, perencanaan dan pelaksanaannya. Kedua, teri tentang pembelajaran yakni pengertian, kmponen, jenis, perencanaannya. Dan ketiga mengenai guru sen budaya pengertian, kompetensi, keterampilan mengajar, peran dalam pembelajaran.

Desain penelitian

Penelitin desian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif sehingg data yang dihasilkan berupa kata-kata atau kalimat berbagai paragraf.

Informan penelitian

Subjek yangterdapat di penelitian ini adalah guru dan siswa MTs Negeri 2 Malang tahun ajaran 2017/2018. Penelitian berupa subjek penelitian berupa guru seni budaya menggunakan teknik purposive sampling. Sementara itu, khusus siswa kelas IX menggunakan tekni snowball sampling.

Instrumen pengumpulan data

Indstrumen yang digunakan untuk proposal penelitian ini adalah pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi.

Teknik analisis data

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data interaktif. Teknik ini terdiri dari tiga tahap kegiatan yang harus ditempuh oleh peneliti yaitu penyajian, reduksi dan penarikan kesimpulan dari data.

Teknik pemeriksaan keabsahan data

Data hasil penelitian yang terkumpul perlu diperiksa keabsahan datanya. Adapun teknik pemeriksaan data yang digunakan adalah triangulasi metode dan sumber. Tringualasi metode dapat dilakuakn peneliti dengan membandaingkan hasil observasi, wawancara dan dokumntasi. Kemudian triangulasi sumber dapat dilakukan dengan membandaingkan data wawancara informan guru A dan guru B.

Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif

Judul

Pengaruh aktivitas game online terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Malang

Latar belakang

Seiring berkembangnya zaman, gadget sudah bisa dipegang oleh anak sekolah. Bahkan tanpa diajaripun anak-anak dapat mengoperasikan gadget dengan sendiri. Apalagi yang berhubungan dengan game online, yang mulai mempengaruhi aktivitas keseharian kalangan remaja usia sekolah. Kondidi ini dapat dibuktikan dengan anak SMP yang berani membolos sekolah, dan ditemukan ternyata sedang bermain game online di sebuah warnet. atau pergi ke tempat Psan, sehingga mereka jadi malas sekolah. Fakta ini sangat memprihatinkan sebab seharusnya seusia mereka banyak menghabiskan belajar dan melakukan hal positif. Dalam perspektif sosiologi, seseorang yang menjadikan game online sebagai prioritas cenderung akan berkembang menjadi pribadi egosentris dan individualis.

Kedua permasalahan tersebut tentu dapat menghambat proses kerja otak da belajar diusia mereka, selain itu juga menghambat tujuan kognitif, afektif dan psikomotorik dari pembelajaran. Oleh karena itu, perlu sekiranya diadakan penelitian dengan judul “pengaruh aktivitas game online terhadap motvasi belajar siswa kelas VIII Mts Negeri 2 Malang.

Pembatasan masalah

  1. Tingginya intensitas bermain game online yang dilakukan oleh siswa kelas VIII Mts Negeri 2 Malang.
  2. Rendahnya motivasi belajar siswa kelas VIII Mts Negeri 2 Malang.

Rumusan masalah

  1. Adakah pengaruh aktivitas bermain game online terhada siswa kelas VIII di MTsn Negeri 2 Malang

Kajian teori

Berdsasarkan permasalahan diatas, maka dalam proposal peneltian ini perlu dicantumkan atau dibagi dua yakni mengenai motivasi belajar dan game online. Kajian teori menegnai motivasi belajar yakni pengertian, jenis, ciri-ciri, daktr yang memepengaruhi dan upaya untuk meningkatkannya. Sedangkan kajian untuk game online meliputi pengertian, jenis dan dampaknya.

Hipotesis

  1. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel aktivitas bermain game online dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di Mts Negeri 2 Malang

Desain penelitian

Penelitian ini berdesain ex-post facto, dimana peneliti berusaha untuk meneliti sebuah fakta yang tejadi di lapangan. Pendekatan yang digunkan dalam pendekatan ini adalah kuantitatif, sehingga meghasilkan data berua kumpulan angka.

Populasi dan sampel

  1. Dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di Mts Negeri 2 Malang yangberjumlah 125 orang
  2. Sampel dari penelitian ini, akan mengambil masing-masing 25 siswa di setiap kelas untuk dijadikan subjek. Pengambilan siswa tersebut dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, dimana responden dipilih oleh peneliti secara acak.

Instrumen pengumpulan data

Penelitia akan melakuakan pengumpulan data dari responden dengan menggunakan instrumen berupa angket  tertutup. Dalam angket ini telah disusun berbagai pertanyaan menegnai variabel yangditeliti, yaitu bermain game dan motivasi belajar.

Validitas data

Pengujian data hasil penelitian ini menggunakan empat validasi yaitu isi, konstruk, konkuren, dan prediksi. Alat ukur yang akan digunakan untuk peneliti yakni product moment dari karl pearson.

Contoh Format Proposal Skripsi

proposal penelitian

Untuk contoh proposal skripsi atau contoh proposal penelitian skripsi dan contoh proposal penelitian ilmiah sama halnya dengan format proposal diatas hanya saja jika skripsi dan ilmiah terdapat diantaranya sebagai berikut:

  • 1. Pendahuluan
    • 1. Latar belakang masalah
    • 2. Perumusan masalah
    • 3. Tujuan penelitian
    • 4. Manfaat penelitian
  • 2. Landasan Teori
    • 1. Tinjauan pustaka
    • 2. Kerangka pemikiran
    • 3. Hipotesis
  • 3. Metode Penelitian
    • 1. Jenis penelitian
    • 2. Lokasi dan waktu penelitian
    • 3. Subjek penelitian
    • 4. Teknik pengambilan sampel
    • 5. Besar sampel penelitian
    • 6. Variabel penelitian
    • 7. Definisi operasional variabel
    • 8. Instrumen penelitian
    • 9. Teknik analisis data
  • 4. Daftar Pustaka

Notes : Bab 1 terdiri dari judul, latar belakang, identifikasi masalah, batasan masalah, tujuanpenelitian, manfaat penelitian. bab 2 terdiri dari landasan teori, kerangka teri, kerangka konsep penelitian, hipotesisi. Bab 3 terdiri dari pendekatan penelitian, tempat dan waktu penelitian, subjek penelitian, teknik pengumpulan data, instrumen penelitian, uji validasi dan reabilitas instrumen, teknik analisis data, daftar pustaka, lampiran.

Setelah dipaparkan mengenai contoh proposal penelitian datas, semoga pembaca dapat memahami bagaimana format proposal penelitian, selamat mencoba. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan artikel contoh format penulisan proposal penelitian dan skripsi ini, penulis mengucapkan yang sebesar-besarnya.