7+ Contoh Penulisan Daftar Pustaka & Cara Membuatnya

⏩ Temukan 7+ contoh daftar pustaka terbaru disini: ☑️ panduan cara membuat daftar pustaka ☑️ contoh penulisan daftar pustaka yang BENAR ☑️

Bagi Anda yang sering bergelut dalam dunia laporan, proposal, artikel dan lain sebagainya, maka tak akan terlewat dengan yang namanya daftar pustaka. Daftar pustaka selalu ada karena dalam artikel Anda atau proposal, jurnal, laporan terdapat bacaan yang Anda kutip entah itu dari buku maupun dari internet.

Dalam penulisan daftar pustaka juga ada tata caranya, mudah diingat dan dapat dipastikan bahwa Anda setelah menyimak artikel ini dengan baik maka Anda akan mahir dalam hal penulisan daftar pustaka.

Pengertian Daftar Pustaka

daftar pustaka

Apa itu daftar pustaka? Daftar pustaka adalah  suatu berbagai identitas sebuah buku atau sumber internet yang menjadi kutipan yang digunakan penulis sebagai referensi dalam pembuatan karya ilmiah.

Selain itu daftar pustaka adalah suatu tulisan yang disusun dan terdapat di akhir suatu karya tulisan yang isinya mulai dari nama penulis, judul penulis, penerbit, identitas penerebit beserta tahun terbit yang mana dijadikan rujukan atau sumber dari seseorang penulis karya tulis.

Adanya cara menulis daftar pustaka bertujuan untuk menghindari plagiat, membuktikan kejujuran penulis, tanda penghargaan serta pengakuan untuk sang penulis serta meringankan pembaca yang ingin mendalami lebih jau dengan mengulas buku-buku referensi yang dibuat.

Cara Membuat Daftar Pustaka :

penulisan daftar pustaka

Berikut akan kami paparkan panduan cara menulis daftar pustaka, cara membuat daftar pustaka, contoh daftar pustaka, cara menulis daftar pustaka dari internet, cara menulis daftar pustaka dari jurnal. Yuk simak dengan baik ya artikel penulisan daftar pustaka.

  1. Disusun menurut abjad sesui dengan nama
  2. Format tidak menggunakan urutan huruf maupun angka
  3. Jarak penyusunan masing-masing satu dengan lainnya.

Walau dalam kenyataannya penulisan daftar pustaka itu mudah, namun masih banyak yang bingung mengenai cara menulis dari daftar pustaka. Yuk simak dibawah ini cara menulis daftar pustaka.

Format Daftar Pustaka yang Benar :

  • Nama penulis

Nama penulis yang terdiri dari dua kata, saat digunakan untuk daftar pustaka. Nama penulis dibalik dengan pemisah koma. Cntoh atas nama Nur Yulia, maka tulisan dalam daftar pustaka yakni yulia, nur. Namun jika dalam penulisan tersebutterdiri dari dua orang, maka yang dibalik nama penulis pertama dan diantara dua nama tersebut dipisahkna dnegan kata “dan”. Namun jika penulis terdapat 3 orang, maka yang ditulis hanya penulis pertama, nama tetap dibalik dan dilanjutkan dengan kata- dengan kawan-kawan yang singkat menjadi dkk.

  • Tahun terbit

Dalam penulisan contoh daftar pustaka, tahun terbit buku yang menjadi kutipan yang digunakan penulis. Tulislah tahun terbit dan beri tanda titik bagian akhir atau belakang.

  • Judul buku

Judul harus ditulis miring atau ilatlic atau menebalkan huruf dengan bold atau bisa dengan menggarisi bawahi. Ketika selesai menulis judul menggaris bawahi tinta warna hati ini.

  • Tempat terbit

Tulislah nama kota penerbit lalu beri tanda titik dua setelah kota iktic

  • Nama penerbit

Pada penulisan daftar pustaka pada bagian nama tidak perlu dicantumkan gelar, sehingga hanya ditulis nama saja. Lalu cara menulis dafatr pustaka bagaimana? Nih caranya. Menulis dari samping kanan diawali dengan nama penulis (dibalik) lalu diakhiri dengan titik setelah itu dilanjutnya dengan tahun terbit buku lalu titik, nama kota tempat terbit diakhiri titik dua dan terakhir nama pererbit diakhiri dengan titik.

Penulisan judul daftar pustaka ditulis miring atau italic. Format penulisan dafatar pustaka berurutan mulai dari A sampai Z sesuai dengan huruf-huruf awal nama pengarang buku. Nah berikut kami paparkan juga apa saja tujuan penulisan daftar pustaka pada karya ilmiah.

Tujuan Penulisan Daftar Pustaka :

  1. Karakteristik khas suatu karya tulisan
  2. Kajian, rujukan maupun sumber ilmu pengetahuan yang berelasi
  3. Menghasilkan kepuasan batin untuk penulis, penerbit dan yang lainnya.
  4. Tahu akan tempat penerbit atau kta
  5. Menumbuhkan sikap pervayapembaca
  6. Mendorong pembaca agar mencsari materi bacaan.

Contoh Daftar Pustaka :

contoh daftar pustaka

Beberapa aturan yang harus dipakai dalam cara menulis daftar pustaka harus anda perhatikan dengan teliti. Dalam artikel ini akan dibahas lebih dalam mengenai penulisan daftar pustaka. Lalu bagaimana contoh penulisan daftar pustaka yang benar? Nah berikut paparan contoh daftar pustaka yang benar.

Sudiyanto, Achmad. 1987. Keragaman ternak ayam. Malang : Swadia Cipta

Yulia, Nur. 1997. Seni Batik Kontemporer: seni mutu tinggi harga nyali.Yogyakarta : Medika Cipta

Sinta, Darmayani dan Nurel Hada. 1970. Suka-suka masak ala kita. Nganjuk : Swastika Raya

Depdikbud. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Wijaya, aris. 1998. Jaya Negeriku Jayalah Bangsaku. Lamongan: sigho Cipta Rejo

Sabda, Gusti. 1995. Buronan bukan lagi brhahaya tetapi melucu. 1998. Sedang cipta

Mulyana, Deddy. 1999. Kampanye politik sebagaiteater. Bandung: Rosda.

Prasetya, lece. 2010. Seniman itu apa?. Jakarta: Nuralta

Lela, kurnia, dkk. 2013. Jalarang Enyang-enyang begsono. Bojonegoro: Sleman Cipta Raharjo.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet :

Salah satu referensi daftar pustaka yang sering sekali digunakan dalam pembuatan makalah, skripsi, maupun karya ilmiah lainnya ialah website di media internet. Nah untuk teman teman yang masih kebingungan mengenai penulisan daftar pustaka dari internet (blog / website / wikipedia  / forum), berikut format nya : “Nama pengarang (penulis nama di balik). Tahun terbit. Judul artikel atau jurnal online. Sumber atau link. Tanggal mengakses.”

Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Internet :

Yulia, Nur. 2000. Pentingnya menanamkan jiwa seni pada anak usia dini. Diambil dari: http://seni-knvensional-zaman-now.html. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2016.

Anisa, Agyl Ade. 2005. Cara meminimalisir waktu. Di ambil dari http://waktu-meminimalisir-pakiransastra. Diakses pad atanggal 28 Oktber 2017.

Wijaya, Aris. 2001. Makanan menjadi hal utama. Di ambil dari: http://Bubbleart2015-scraft-batik). Diakses pada tanggal 10 November 2018

Sheila, retno. 2003. Craft jadi nafasku sehari-hari. Diambil dari http://craft-furnitue-batik-kriya. Yang diakses pada tanggal 27 Oktober 2003

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

Salah satu referensi daftar pustaka yang sering sekali digunakan dalam pembuatan makalah, skripsi, maupun karya ilmiah lainnya ialah Jurnal. Nah untuk teman teman yang masih kebingungan mengenai penulisan daftar pustaka dari jurnal, berikut format nya : “Nama pengarang (penulis nama di balik). Tahun terbit. Judul buku. Tempat terbit: nama penerbit”

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal

Ahmad, A. Kami. 1970. Pendidikan Seni Rupa, Buku SMA. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Alwi, hasan, dkk. 2000. Memahami arti dari lukisan abstrak. Jakarta: Balai Pustaka.

Arsyad, Lece dan Nur Yulia. 1995. Seni Konvensional atau artis ibu kota?. Malang: Cipta Rasa

Dari paparan diatas yakni artikel mengenai, penulisan daftra pustaka bahwa sama saja cara dalam penulisannya, hanya saja bedanya online dengan offline saja.

Dan isi dari daftar pustaka bedanya terletak pada jika dari internet maka ditambah dengan alamat linknya dan tanggal akses sehingga pada buku menggunakan tempat penerbit dan seleksi.

Daftar pustaka menjadi penting jika pembaca membutuhkan referensi yang mungkin ingin dijadikan kasusu atau masalah sehingga dapat memberikan motivasi serta giat dalam belajar.

Tanpa adanya daftar pustaka maka Anda akan dianggap tidak punya perasaan karen atelah melakukan plagiat atanpa harus menyantukan siapa penulisnya.

Ragam Informasi Lainnya :
Contoh Kata Pengantar Contoh Daftar Riwayat Hidup
Contoh Proposal Contoh Surat Lamaran Kerja

Terimakasih atas perhatiannya dan telah mengikuti dari awal hingga akhir, semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca. Serta dapat dijadikan referensi untuk membuat daftar pustaka.

Semoga dengan adanya contoh daftar pustaka tersebut pembaca dapat mudah memahami. Demikian artikel ini dibuat, mohon maaf jika dalam penulisan artikel terdapat kesalahan dalam penulisan daftar pustaka diatas. Selaku penulis kami mohon yang sebesar-besarnya. Kami akhiri dan sampai jumpa kembali.