9+ Contoh Artikel Ilmiah & Cara Membuat Artikel yang Benar!

⏩ Artikel Adalah? Panduan cara membuat artikel yang benar ☑️ Contoh artikel ilmiah, kesehatan & tutorial sesuai kaidah Bahasa Indonesia☑️

Siapa yang tidak kenal dengan kata artikel? Pasti sudah banyak yang mengerti pengertian apa itu artikel. Pada jenjang sekolah menengah atas sudah dikenalkan mengenai artikel bahkan mahasiswa akan selalu bergelut dengan yang namanya artikel ilmiah.

Nah dalam pembahasan kali ini akan dibahas lebih dalam apa itu artikel, namun lebih kepada contoh artikel. Namun, sebelum dipaparkan contoh artikel maka penulis akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian artikel, cara membuat artikel ilmiah, serta bebagai contoh artikel ilmiah.

Pengertian Artikel

contoh artikel

Artikel adalah suatu tulisan yang memiliki beberapa paragraf yang memiliki topik tertentu, contoh artikel biasanya dipublikasikan pada majalah, koran hingga sosial media.

Artikel adalah teks bacaan yang memberikan penjelasan yang lebih dalam mengenai topik yang dibicarakan, sehingga dapat digunakan referensi oleh pembaca, memberikan pengetahuan kepada pembaca yang ingin tahu atau belum tahu.

Di dalam sebuah contoh artikel terdapat gagasan, pendapat, dan fakta yang diungkapkan seseorang dengan tujuan memberi informasi kepada pembaca. Berikut panduan cara membuat artikel yang benar.

Cara Membuat Artikel

contoh artikel ilmiah

Dalam membuat artikel kita harus menetukan tema apa yang akan digunakan penulis. Penulis harus banyak-banyak membaca mengenai tema contoh artikel yang akan ditulis, karena jika penulis tidak memahami isi tema yang dipilih, maka artikel yang dibuat akan tidak menarik untuk dijadikan referensi pembaca. Bagaimana cara menulis artikel dengan baik ?

Yang harus benar-benar diperhatikan oleh penulis artikel yakni topik contoh artikel yang akan disajikan, penulis harus benar-benar memahami terlebih dahulu apa yang menjadi tema sehingga dalam menulis artikel akan lebih mudah menulisnya. Tanpa harus membaca berulang-ulang kali.

Berikut ini cara menulis artikel ilmiah yang baik dan benar :

  1. Menentukan tema
  2. Menetapkan tujuan penulisan
  3. Merumuskan ide pokok atau masalah
  4. Mengembangkan tema dan pembahasan sesuai dengan jenis artikel
  5. Membuat kesimpulan, agar dengan adanya pengulangan kalimat maka pembaca akan lebih memahami artikel yang disajikan penulis

Kumpulan Contoh Artikel

contoh artikel pendidikan

Nah, paparan diatas sudah menyajikan sebelumnya apa itu artikel serta bagaimana cara membuat artikel. Nah untuk selanjutnya agar pembaca lebih bisa memahami maka penulis akan menyajikan beberapa contoh artikel yang disajikan melalui contoh artikel ilmiah, pendidikan, penelitian , kesehatan , dan artikel populer lainnya.

Contoh artikel yang akan disajikan diantarnya contoh artikel pendidikan dan contoh artikel ilmiah. Contoh Artikel pendidikan yakni sebuah tema yang membahas mengenai pendidikan.

Sedangkan contoh artikel ilmiah mengenai tema yang berhubungan dengan penelitian sehingga pada contoh artikel ilmiah akan tertulis hasil dari penelitian. Beriut ini paparannya dibawah ini.

Contoh Artikel Ilmiah

Dampak buruk Junk Food untuk kesehatan Tubuh

Siapa yangtidak mengenal junk food, pasti semua dan termasuk Anda tahu apa itu junk food. Apa sih itu junk fod? Ya, junk foof adalah makanan siap saji atau instan, sehingga tidak perlu harus mengolah bumbu dan mencapur bumbu, hanya saja Anda akan langsung tersaji makanan siap saji. Junk fod biasanya terdapat di restoran, Anda hanya akan memilih makanan, langsung makanana pesanan Anda akan dapat. Makanan junk fod dinilai sebagian orang lebih efektif terhadap waktu dan mudah ditemukan. Selain itu junk food juga merupakan makanan yang lezat serta harganya yang terjangkau.

Junk food atau yang biasa disebut dengan makanan cepat saji ini sudah berdampak buruk di negara kita ini. Dampak buruknya yakni karena terdapat zat-zat berbahaya didalam makanan instan seperti lilin pada mie instan. Tak hanya itu saja, kenyataannya dalam makanan cepat saji terdapat bahan pengawet dan penyedap makanan yakni micin.

Kata micin sudah tidak asing lagi di era anak muda zaman sekarang, biasanya jika ada seseorang yang sedang mengalami ketidak normalan dalam biasanya bergaul mereka menyebut generasi micin.

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa keseringan mengknsumsi makanan cepat saji memnag tidak berdampak langsung pada tubuh. Namun pada kemudian hari makanan siap saji tersebut akan tertumpuk-tumpuk dalam tubuh hingga menyebabkan penyakit, yakni kanker. Tidak hanya kanker, penyakit lainnya akan muncul seperti stroke, diabetes, ususbuntu, serta gagal ginjal dan lain sebagainya.

Maka dari itu bagi Anda yang sudah terlanjur sering mengonsumsi makanan cepat saji, maka muali sekarang coba kurangi stok untuk makanan cepat saji. Mulai sayangi tubuhmu, dengan mengurangi maka Anda menolak untuk sakit. Semoga bermanfaat untuk pembaca.

Contoh Artikel Kesehatan

Bahaya Minuman Beralkohol Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan sebutan alkohol, alkohol diera zaman milenia ini sydah banyak tersebar, bahkan anak sekolahpun pernah mendapatkan kasus karena meminum-minuman beralkohol tersebut. Minuman alkohol adalah minuma keras yang memabukkan peminumnya, dengan resik dapat membuat efek samping menjadi sempoyongan, jalan tidak bisa lurus serta efel-efek lainnya.

Minuman keras memiliki kadar alkohol ynag beragam dimulai dari 11 % hingga 45 %. Banyak orang yang tidak pengaruh dari minuman beralkohol  sangatlah berbahaya bagi tubuh. Minuman keras dianggap sebagai perigan suhu tubuh, serta memberikan perasaan senang kepada yang meminumnya. Namun ada dampak buruk yang akan terjadi terhadap kesehatan tubuh, yakni seperti lambung, hati, ginjal, dan otak.

Sudah tidak heran lagi, jika dizaman ini anak muda sudah meminum alkohol. Dengan usiany ayang labil serta rasa ingin tahu yang tinggi, maka mereka akan mencoba-coba. Sebagai orang tua sangat berperan penting, untuk memberikan pengetahuan kepada anaknya bahwa minumankeras tidak baik oleh tubuh. Hal yang paling mengerikan jika sudh terlanjur mengonsumsi mnuman keras maka akan mennimbulkan penyakit yakni kanker hati serta gangguan pada otak.

Adapun dalam buku ilmu penyakit dalam menyebutkan bahwa akibat minum minuman keras dapat menyebabkan sakit epidiomologi, yakni penyakit hati. Banyak sekali penyakit yang disebabkan karena minum minuman keras. Maka sebaiknya jika tidak ingin kesehatan terganggu, maka sebaiknya hindari minum mminuman keras. Kareana sehat tu sangatlah mahal…

Contoh Artikel Pendidikan

Pengaruh Pendidikan Terhadap Wilayah Pedalaman

Mungkin sebagian orangtidak tahu bagaimana kondidi endidikan dipedalaman. Tetapi sudah bukan rahasia lagi jika daerah pedalaman selalu terbatas apa-apa yang dibutuhkan, seperti halny air bersih, listrik serta pendidikan bahkan lainnya. Terutama yakni pendidika, mereka harus menempuh jarak berpuluh-puluh kilo untuk bernagkat sekolah, karena tempat tinggal serta sekolah jaraknya sangatlah jauh.

Kurangnya pengajar yang terjun dalam wilayah pedalaman, sehingga mereka sulit untuk melnjutkan jenjang sekolah. Hal ini sangat menyedihkan betapa entingny abagi ereka sekolah 12 tahun. Mungkin pemerintah masih dalam proses mengupayakan agar mereka wilayah pedalaman dapat sekolah dengan semestinya, dengan fasilitas yang lengkap. Namun semua itu tidak mudah, semua juga butuh proses.

Kualitas seseorang dapat diukur sejauh mana ia mencapai pendidikan, karna kualitas orang lulusan SD dengan lulusan sarjana pasti berbeda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan sangatlah berpengaruh dan penting bagi mereka yang berada di pedalaman.

Nah, dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian artikel adalah suatu bacaan atau beberapa paragraf yang berisikan menegnai pengetahun-pengetahuan dengan tema yang khusus sehingga pembaca dengan membaca artikel tersebut mendapatkan pengentahuan atau informasi, serta menggunakan kata-kata yang mudah dipahami.

Contoh Artikel Tutorial

Cara Merawat Vapor Agar Awet dan Tidak Rusak

Prinsip kerja vapor pada dasarnya menggunakan energi listrik untuk menggubah lilitan kawat yang terpasang guna menghasilkan panas, sehingga larutan liquid akan membentuk uap air yang menghasilkan asap.

Alat-alat untuk pembuatan vapor pada dasarnya dapat dibuat sendiri, tetapi jika ingin kualitas yang baik, maka banyak pabrik yang telah memproduksi vapor dengan kualitas yang baik. Jika Anda tidak ingin vapor Anda rusak maka Anda perlu mengetahui beberapa cara merawat vapor agar awet dan aman.

  1. Gunakan baterai dan charger asli

Baterai merupakan komponen penting. Jika kita menggunakan baterai asal-asalan  dikhawatirkan baterai tersebut justru berbahaya untuk vapor kita karena muatan listrik yang mengalir bisa berbeda dari yang seharusnya dan perbedaan voltage tersebut dapat membahayakan penggunanya.

Selain baterai, gunakan juga charger asli. Sudah menjadi rahasia umum apabila kita menggunakan charger palsu maka dapat memiliki risiko merusak baterai. Dampak buruk lain, ketika kita mengisi baterai kemungkinan terjadi ledakan.

Hal ini perlu dihindari untuk menjaga vapor dan juga keselamatan kita. Kaitannya dengan cara merawat vapor agar awet dan aman tentu sangat penting untuk selalu menggunakan barang asli.

  1. Pasang pengaturan vapor secara tepat dan perhatikan daya penggunaannya

Kita harus memastikan vapor terpasang dengan pengaturan yang tepat. Selalu kunci vapor saat sedang tidak digunakan. Hal ini untuk menghindari vapor tidak sengaja menyala ketika sedang disimpan.

Saat sedang menggunakan vapor, kita juga harus berhati-hati jangan sampai vapor jatuh, karena hal ini bisa menyebabkan komponen dari vapor mengalami kerusakan.

Daya penggunaan baterai juga harus diperhatikan karena daya baterai ketika mencapai 0%, dapat mengurangi umur baterai kita. Kita juga dilarang mengisi baterai terlalu lama. Hal ini dapat menyebabkan vapor Anda menjadi cepat rusak.

  1. Jangan terlalu sering menggunakan vapor

Vapor sebaiknya tidak terlalu sering digunakan. Pakailah jeda agar vapor dapat bertahan lama. Penggunaan vapor yang berlebihan sama dengan penggunaan peralatan elektrik lain yang mana tentu dapat mengganggu kinerja alat tersebut.

  1. Bersihkan komponen vapor secara rutin

Vapor agar tetap awet selain komponennya yang diperhatikan, kita juga harus menjaga kebersihannya. Kita diharuskan membersihkan secara berkala bagian-bagiannya, kecuali baterai. Semua komponen direndam selama kurang lebih 5 menit dengan air hangat. Sebelum dilakukan pemasangan kembali, pastikan peralatan telah dikeringkan dengan lap bersih.

  1. Simpan di tempat yang aman dan jauhkan dari jangkauan anak-anak

Vapor merupakan alat elektrik yang mana apabila diletakkan secara sembarangan rawan terjadi hal yang tidak diharapkan. Simpanlah vapor di tempat yang aman dari sinar matahari secara langsung dan jangkauan anak-anak.

Vapor merupakan alat yang dapat meledak, dan juga memiliki kandungan senyawa kimia. Apabila anak-anak meminum ini secara tidak sengaja tentu sangat berbahaya.

Demikian beberapa tips yang dapat digunakan sebagai cara merawat vapor agar awet dan aman. Jika vapor Anda awet tentu Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Beberapa tips tersebut tentu tidak terlalu berat, hanya perlu melakukannya dengan rajin dan menghilangkan sifat malas Anda.

Terimaksih sudah menyimak dengan baik kumpulan contoh artikel diatas, entah itu contoh artikel ilmiah , contoh artikel pendidikan , contoh artikel penelitian , contoh artikel tutorial, dan masih banyak lagi contoh contoh artikel lainnya.

Ragam Informasi Lainnya :
Contoh Daftar Pustaka Contoh Kata Pengantar
Contoh Proposal Ilmiah Contoh Proposal Penelitian

Mohon maaf yang sebasar-besarnya jika terdapat kesalahan dalam menulis kumpulan contoh artikel ilmiah diatas. Selamat membaca dan semoga bermanfaat untuk pembaca. Selamat mencoba!