9+ Contoh Artikel Pendidikan Singkat, Padat & Jelas!

Ini 9+ contoh artikel pendidikan singkat ⏩ artikel pendidikan di Indonesia ☑️ karakter siswa ☑️ semangat belajar ☑️ dan Religi ☑️

Menjadi seorang guru saat ini sudah dituntut untuk peka kepada jaman. Sudah tidak disamakan lagi dengan beberapa tahun yang lalu, guru saat ini harus selalu update dengan informasi mengenai pendidikan yang sedang dijalani.

Apalagi di era seperti sekarang ini dengan perubahan dan kondisi yang selalu cepat berubah, jadi mau tidak mau menjadi guru harus juga bisa menyesuaikan. Satu dari sekian banyak cara agar selalu update dengan informasi yaitu selalu membaca contoh artikel pendidikan. Baik melalui media masa ataupun media online.

Pasti akan muncul dipikiran, apa sih yang dimaksud dengan artikel pendidikan. Untuk sebagian teman guru bisa jadi sudah begitu paham dengan definisi artikel pendidikan, tapi bagi teman guru yang lainnya barangkali masih begitu awam dengan artikel pendidikan.

Kumpulan Contoh Artikel Pendidikan

artikel pendidikan

Artikel pendidikan adalah tulisan yang dibuat oleh seseorang yang isinya memuat materi mengenai pendidikan. Yang dimaksud pendidikan adalah pendidikan formal maupun informal. Artikel pendidikan pada umumnya memiliki sifat yang memberikan informasi kepada banyak orang.

Artikel pendidikan ini pada umumnya di tulis dan dipublikasikan lewat Koran, majalah atau lewat media online diantaranya seperti blog, website, atau forum forum online lainnya.

Sedangkan untuk bahasan yang dibahas di dalam sebuah artikel tentang pendidikan itu bebas, selama masih ada hubungannya dengan pendidikan. Jadi artikel tentang pendidikan ini isinya bisa tentang pendidikan moral, pendidikan agama dan pendidikan yang lainnya.

Nah setelah mengetahui apa itu artikel tentang pendidikan, selanjutnya akan membahas dan menyajikan beberapa contoh artikel pendidikan. Baik artikel pendidikan tentang pendidikan karakter dan lain sebagainya, tanpa basa basi lagi berikut kumpulan contoh artikel pendidikan secara singkat, padat, dan juga jelas.

Artikel Pendidikan Tentang Karakter

Pendidikan Karakter Untuk Membangun Peradaban Bangsa

Pendidikan merupakan hal memang dianggap penting di dunia, karena di dunia membutuhkan dengan orang orang yang memiliki pendidikan supaya bisa membangun negara yang maju. Tapi tak hanya itu karakter itu juga begitu diutamakan karena orang ornag di jamai sekarang ini tidak hanya melihat  betapa tinggi pendidikan atau gerlar yang sudah dia raih, tapi untuk karakter dari peribadi dari setiap orang.

Proses pendidikan di sekolah bisa dibilang masih banyak yang mementingkan aspek kognitifnya ketimbang dari pada psikomotoriknya, tak sedikit guru guru di setiap sekolah yang hanya sekedar mengejar saja supay a terlihat formalitasnya, tanpa menajarkan gimana etika etika yang baik yang harus dilakkan.

Di dalam buku mengenai Kecerdasan Ganda / Multiple Intelligences, Daniel Goleman telah menjelaskan bahwa kecerdasan emosional dan sosial di dalam kehidupan dibutuhkan 80 %, sedangkan kecerdasan intelektual hanya 20 % saja. Di dalam hal ini sehingga pendidikan karakter dibutuhkan untuk membangun kehidupan yang lebih baik dan beradab, bukan kehidupan yang malah dipenuhi dengan perilaku biadab. Jadi tepikirlah oleh para ahli  apa yang dikenal dengan pendidikan karakter.

Tak sedikit pilarkarakter yang harus ditanamkan kepada anak anak penerus bangsa, yaitu seperti kejujuran, memang kejujuran merupakan hal yang sangat utama dan harus ditanamkan ke diri sendiri mau pun ke anak anak penerus bangsa karena kejujuran merupakan banteng dari semua hal, tak hanya itu saja tapi jug ada pilarkarkater mengenai keadilan, karan seperti yang bisa dilihat begitu banyak ketidakadilan terutama di negara Indonesia ini. Tak hanya itu juga harus ditanamkan juga pilarkarakter seperti rasa hormat ke kakak kelasnya, dan kakak kelas juga akan menyayangi adik adik kelasnya, dan juga dengan teman seangkatan rasa saling menghargai harus ada di dalam diri setiap para murid murid supaya tercipta dunia pendidikan yang tidak rama dengan tawuran.

Saat ini sudah banyak sekolah sekolah di Indonesia yang telah mengajarakan pendidikan karakter yang juga menjadi mata pelajaran khusu di sekolah yang bersangkutan. Mereka telah diajarkan bagaiman cara yang sifatnya untuk ke orang tua, para guru, dan juga lingkungan ditempat hidupnya.

Semoga dengan menerapkan pendidikan karakter di sekolah semua potensi kecerdasan anak anak akan berdasarkan oleh karakter karakter yang bisa membawa mereka menjadi orang orang yang telah diharapkan untuk menjadi penerus bangsa. Seperti negara yang bebas akan korupsi, ketidak adilan, dan masalah masalah yang lainnya.

Tak hanya itu tapi juga menjadi bangsa yang berpeng teguh kepada karakter yang kuat dan beradab. Meskipun mendidik karakter tidak semudah itu seperti membalikan telapak tangan, maka dari itu ajarkan kepada anak bangsa pendidikan karakter sejak sedini mungkin.

Artikel Pendidikan Karakter Siswa

Membentuk Karakter Anak Sejak Dini

Kedudukan aksara di dalam perjalanan setiap orang begitu penting sekali. Bahkan pembentukan aksara sejak dini akan sangat menentukan seperti apa orang di dalam menjalani kehidupannya. Siapapun dia, apapun profesinya, tapi jika mempunyai aksara positif pastinya akan jauh lebih baik dari pada yang tidak mempunyai karakter.

Oleh karena itu, penanaman aksara konkret ini begitu diharapkan sejak dini semoga bisa menjadi modal merka di dalam menjalani perjalanan hidup yang begitu berat. Karakter yang sangat kuat, berani dan tidak mudah untuk mengalah akan sangat membant siapa saja di dalam menajani hidupnya. Karakter konkret selalu bisa diterapkan di dalam beragam profesi, baik seorang pebisnis, pendidik, dan profesi yang lainnya.

Seperti yang sudah diketahui bahwa yang sering menjadi masalah bangsa Indonesia ini adalah banyaknya pribadi Indonesia yang idak mempunyai aksara konkert sehingga dimanapun mereka berada akan selalu menyebabkan masalah dan bukan menjadi solusi dari sebuah masalah itu sendiri.

Artikel Pendidikan Tentang Semangat Belajar

Jangan Mudah Mengatakan Menyerah

Siapa pun dan apaun profesi kita, kita harus perhatikan sifat dan jangan mudah untuk berkata menyerah.  Karena harus disadari bahwa di daam setiap perjalanan hidup pasti akan dihadapkan dengan beragam masalah yang terkadang memanga begitu berat. Tapi yakin bahwa di dalam sebuah masalah yang berat pasti ada hikmah yang tidak akan dimengert sebelum menghadap masalah itu.

Jadi hadapi masalah itu dengan lapang dada dan penuh semangat, jangan jadi orange yang mudah mengatakan menyerah. Jangan menjadi orang yang manja seperti anak  kecil, contohnya saat menjadi seorang pedagang dan mendapat barang dagangan tidak laku terjual dalam beberapa hari kemudian memutuskan untuk berhenti menjadi pedagang begitu saja.

Itu merupakan sikap yang mudah menyerah, lebih baik apabila melalukan kevaluasi terlebih dahulu, mana yang kurung dari danganan, atau jika ada cara yang mungkin salan di dalam strategi, atau yang lainnya.

Artikel Tentang Pendidikan di Indonesia

Pengaruh Pendidikan Kepada Kualitas Anak  Pedalaman

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika para anak yang tinggal di daerah pedalaman begiu sulit mendapat kehidupan yang bias dibilang layak seperti anak pada umumnya. Anak pedalaman kesulitan untuk mendapatkan air bersih, menempuh pendidikan yang sesuai dengan batas kelayakan pendidikan Indonesia dan sulit untuk mengikuti akan perkembangn zaman yang sedang terjadi seperti sekarang ini.

Tidak hanya itu saja, tapi mereka bahkan tidak tahu dengan alat komunikasi seperti telepon genggam. Hal yang harus menjadi sorotan utama adalah betapa sulitnya mereka mendapat pendidikan yang bisa dibilang layak dan menempuh pendidikan dua belas tahun.

Pada kenyataannya tidak semua yang terjadi ini salah mereka,  kesulitan mereka menjangkau lokasi sekolah menjadi masalah dikarenakan mereka harus melewati sungai terlebih dahulu. Tak hanya itu tapi mereka juga harus berjalan kaki terlebih dahulu yang  jaraknya berpuluh puluh kilo meter, dan bahkan ada juga yang tidak menggunakan alas kaki.

Kurangnya tenaga pengajar di pendalaman karena sulitnya mencari pengajar yang mau mengaraj di daerah itu juga begitu disayangkan. Padahal kualitas seseorang itu diukur dari seberapa jauh pendidikan yang sudah dicapai karena kualitas dari seseoranga yang hanya lulusan SD berbeda jauh dengan kualitas dari seorang sarjana. Maka bisa ditarik kesimpulan bahwa pendidikan begitu berpengaruh terhadap kualitas sesorang anak pedalaman.

Artikel Pendidikan Tentang Indonesia

Indonesia Terdiri Atas Beragam Suku

Negara Indonesia ini adalah sebuah negara besar yang terdiri atas ribuan pulau yang tersebar di seantero negeri. Dengan kondisi geografis yang sangat luas, jadi tidak heran jika Indonesia mempunyai beragam suku dsan budaya. Kekayaan Indonesia tidak hanya dari sumber daya alam yang begitu melimpah ruah, tapi kekayaan budaya yang begitu majemuk menjadikan salah satu pemersatu bangsa di bawah naungan negara kesatuan republik Indonesia. Suku yang ada di Indonesia ada suku jawa, suku Madura, suku betawi, suku batak dan masih banyak lagi suku suku lainnya yang tersebar di banyak daerah.

 

Karena hal itu lah, kita sebagai warga negara Indonesia harus saling menghormati kepada setiap suku yang ada di nusantara ini. Karena bisa jadi di setiap suku mempunyai kebudayaan yang berbeda beda dengan budaya suku kita, atau juga bisa malah bertentangan dengan sopan santun budaya kita sendiri. Tapi kita harus sadar bahwa itu kekayaan gotong royong dari bangsa ini yaitu bangsa Indonesia. Ktida tidak bloh mecela sopan satu di suku lainnya hanya karena sebab berbeda dengan kebudayaan kita.

Artikel Pendidikan Tentang Religi

Bulan Ramadhan yang Penuh Berkah

Di dalam hal agama islam mengenal dengan adanya bulan ramadhan. Bulan ramadhan merupakan bulan yang begitu sangat special untuk seluruh umat islam. Karan di dalam bulan ramadhan semua umat islam bisa beribadah dengan lebih intens. Tak hanya itu saja, Allah juga akan menurunkan berkah yang begitu luar biasa pada bulan ramadhan ini.

Untuk ummat islam, di bulan ramadhan disunnahkan untuk mengikuti sholat tarawih disetiap malam sehabis melakukan sholat isya. Lalu pada umumnya akan dilanjutkan dengan membaca Al Quran, karena memang pada bulan ramadhan ini seluruh umat islam memperbanyak dalam membaca Al Quran. Tak hanya melakukan ibadah sunna saja, pada bulan ramadhan semua umat islam diharuskan untuk melakukan ibadah puasa yang lamanya sebulan penuh.

Di dalam mejalankan ibadah puasa ini, bisa berjumlah 30 hari, bisa juga berjumlah 29 hari atau juga bisa 31 hari, tergantung dengan genapnya satu bullan. Oleh karna itu lah, sebagai umat islam ada baiknya jangan menyia nyiakan eksistensi bulun ramadhan ini, dikarenakan belum tentu di bulan ramadhan tahun berikutnya belum mampu menjumpai.

Itulah beberapa contoh artikel ilmiah pendidikan yang dapat disajikan, artikel tentang pendidikan tak hanya berbahasa indonesia saja tapi juga banyak artikel bahasa inggris tentang pendidikan yang sudah banyak tersebar di internet, sehingga mudah untuk mencarinya dan bisa dijadikan refrensi menambah ilmu pengetahuan.

Ragam Informasi Lainnya :
Cara Membuat Artikel Cara Membuat Daftar Isi Otomatis
Contoh Daftar Pustaka Contoh Kata Pengantar

Demikian penjelasan yang dapat bisa diberikan, semoga informasi yang terkandung dapat tersampaikan dengan sempurna. Sehingga dapat menambah inforamasi, wawasan, dan pengetahuan bagi para pembaca khususnya yang sedang mencari materi contoh artikel pendidikan di Indonesia.