CEO Adalah ? Kepanjangan dan Arti CEO + Contoh Tugasnya

⏩ Kepanjangan CEO Adalah? Berikut pengertian apa itu CEO menurut KBBI ⭐ Tugas CEO ☑️ Contoh CEO Perusahaan di Indonesia dan Internasional ☑️

Dalam organisasi atau suatu kepanitian atau sebuah perusahaan, harus ada yang menjadi pengarah atau pengatur dalam kegiatan aktivitas kita ketika berada di suatu organisasi atau perusahaan. Karena tanpa adanya yang biasanya disebut dengan atasan maka sebuah perusahaan tersebut tidak akan berjalan.

Biasanya disebut dengan CEO, lalu apa sih kepanjangan CEO itu? singaktan CEO adalah Chief Executive Officer. Orang-orang didalamnya pasti memilki pangkat yang berbeda-beda, misalnya seperti organisasi karang taruna, pasti ada ketua, bendahara, sekertaris beserta anggota-anggota lainnya.

CEO adalah sebutan nama seperti halnya ketua karang taruna, namun Chief Executive Officer  yang merupakan kepanjangan CEO ini berada di ranah perusahaan. Agar lebih tau mengenai apa itu CEO. Simak artikel ini dengan baik yaa, dibawah ini akan dipaparkan diantaranya yakni pengertian CEO, tugas CEO, CEO google, CEO bukalapak, CEO gojek serta CEO grab.

Adakah yang tau apa kepanjangan CEO? Apa itu CEO? Kepanjangan CEO adalah Chief Executive Officer. CEO sama halnya dengan direktur utama disebuah perusahaan Yuk langsung aja simak artikel bawah ini.

Arti dan Kepanjangan CEO

CEO adalah

Arti CEO adalah penjabat tinggi eksekutif, selain itu CEO adalah sebuah jabatan yang dipercaya untuk memimpin jajaran direksi di suatu perusahaan. CEO adalah suatu jabatan yang diangkat oleh dewan komisaris dan umumnya mempunyai siklus jabatan.

Dapat diangkat per lima tahun atau per sepuluh tahun tergantung kebijakan perusahaan. Seorang CEO adalah seorang yang tidak dapat memimpin seorang diri, seorang CEO dibantu oleh jajaran direksi bawahannya yakni yang biasa disebut dengan wakil direktur.

Tugas CEO (Chief Executive Officer)

Berikut beberapa tugas dari CEO adalah yakni sebagai berikut:

  1. Merencanakan, mengelola proses pelanggaran, lalu mengamati dan menganalisis apabila ada kejanggalan dalam prakteknya
  2. Mengelola perusahaan sesuai dengan tujuan strategis perusahaan dengan keefektifan dan biaya seefisien mungkin
  3. Merencanakan, mengelola dan menganalisis segala aktivitas fungsional bisnis seperti operasional, sumber daya manusia, keuangan dan pemasaran.
  4. Merencanakan dan mengelola kinerja pada sumber daya manusia agar sumber dya manusia yang berkompeten teridentifikasi dan dapayt ditempatkan pada posisi yang sesuai sehingga dapat memaksimalkan kinerja perusahaan
  5. Merencanakan, mengenlola, dan mengeksekusi perencanaan atrategi bisnis atau korporat baik untuk jangka waktu menengah maupun panjang dengan mengacu pada visi dan misi perusahaan
  6. Menjaga keunggulan kompetitif perusahaan dan meningkatkan kompetensi utama perusahaan dan mengimplementasikannya
  7. Menganalisis dan mengambil langkah paling prioritas bagi alokasi sumber daya dan penganggaran perusahaan
  8. Membuat kebijakan, prosedur, dan standar pada organisasi perusahaan
  9. Menganalisis dan mengambil langkah paling prioritas bagi alokasi sumber daya dan pelanggaran perusahaan
  10. Membuat kebijakan, prosedur dan standar pada organisasi perusahaan
  11. Menganalisis segala masalah dalam perusahaan dan mengkoordinasikan manjemen puncak dalam menyelesaikan maslah tersbeut acara efektif dan efisien
  12. Membua keputusan stragtegis dalam hal integrasi, divestasi, investasi, aliansi dan koint venture.

Contoh CEO Perusahaan

Tugas CEO dituntut untuk memiliki pengetahuan teknis dan pengalaman dalam mengenlola perusahaan. Hal yang diharapkan dari CEO adalah kemampuannya untuk membuat keputusan yang cepat dan tepat, meminimalisir risiko bisnis dan meningkatkan profit perusahaan. CEO terpilih biasanya karena sebelumnya telah memiliki berbagai pengalaman di bidang yang sama.

Serta CEO diharapkan pernah mengalami berbagai maslaah bisnis dan pengelolaan ranta nilai di perusahaan komunikasi. Dengan demikian, diharapkan juga bahwa CEO dapat memberikan nilai bagi perusahaan. Berikut contoh contoh CEO didalam perusahaan umkm Indonesia maupun perusahaan digital yagn sifatnya International.

CEO Grab

Pencetus berdirinya grab yakni bernama Anthony Tan, asal malaysia. Ia selain pendiri grab, ia juga CEO grab. Ia mendirikan grab berawal dari ketika temannya mengalami kesulitan ketika memesan taxi, kemudian ia berinisiatif untuk membuat aplikasi yang pertama ia namai dengan Myteksi. Kemudian berubah menjadi Grab Taxi pada tahun 2012. Kemudian diubah lagi menjadi Grab.

Pada akhirnya Grab sukses mengumpulkan dana dri investor senilai USD 350 juta atau kisaran Rp. 4,8 triliun. Dengan demikian, Grab sudah mendapatkan uang yotal USD 700 juta dari invetsor sejak dirilis  tahun 2012.

Grab beroperasi di Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Indonesia dan Filipina. Berdasarkan berita online update bulan mei 2016. Sampai bulam maret 2015, spir taksi yang terdaftar di gra telah mencapai 75 ribu. Aplikasinya bisa diunduh di google play, aapstore dan blackberry world.

Tan berencana melkukan diversifikasi bisnis, yakni dengan grab car kemudian layanan ojek grabbike jika pesanan grab taxi sudah tembus 2 juta perhari. Grabbike pertama kali rilis di vietnam di akhir bulan 2014. Sekarang, grab bike sudah merambah di Jakarta dan Bangkok.

CEO Gojek

Pencetus berdirinya Gojek yakni Nadiem Makarim sekaligus CEO gojek. Dengan prinsipnya ia ingin menjadi orang yang bermanfaat untuk masyarakat serta berguna. Maka ia berinisiatif untuk mendirikan gojek dengan memanfaatkan teknologi serta mempermudah bagi masyarakat yang harus repot berjalan terlebih dahulu untuk mendapatkan ojek.

Bisnis gojek ini didirikan pada tahun 2011, Jasa Gojek ini menawarkan jasa pelayanan ojek dengan menggunakan media online. Selain itu Gojek juga menawarkan jasa layanan mengirim dan menghantarkan makanan hingga ke tangan pelanggan.

Gojek semakin hari semaki berkembang khususnya pada tahun 2014. Banyak perusahaan yang tertarik untuk menginvestasikan modalnya pada perusahaan Gojek. Hal ini dibuktikan pada tahun 2014, gojek mendapatkan dana dari dua perusahaan besari dari singapura bernama Redmart Limited dan Zimplistic Pte. Ltd.

Pada tahun 2015, perusahaan gojek mulai dirilis aplikasi gojek yang bisa diperoleh dari play store sehingga semakin memberikan kemudahan pada para pelanggan setia gojek. Pembayran gojek disadarkan jarak tempuh yang akan dilakukan dan dapat dibayar dengan pembayaran langsung.

CEO BukaLapak

Pendiri Buka Lapak yakni bernama Achmad Zaky, baginya ada 3 hal yang mengubah hidupnya. Yakni

  1. Sebuah keberuntungan

Keberuntungan itu yakni bisa kuliah di universitas terbaik yakni ITB, karena masuk ITB itu tidak mudah. ia berteman dengan orang yang lebih baik darinya sehingga ia termotivasi untuk menjadi lebih baik.

Ia juga mendapatkan kesempatan untuk menerima beasisiwa pertukaran pelajar di Amerika yang hanya ditujukan kepada mahasiswa yang tidak bisa bahasa inggris serta nilai akademik yang baik. Dan baginya keberuntungan itu datang disaat kita siap.

  1. Sebuah kesenangan

Zaky menyukai hal-hal yang baru, karena baginya hal yang baru akan memberikan pelajaran kepadanya serta wawasan baru. Dengan ia bergabung dengan banyak organisasi waktu itu saat kuliah di ITB.

Dari KM ITB ia dapat belajar kritis, dari himpunan ia belajar kekompakan, dari menwa ia belajar kedisiplinan dan ketahanan. Dari ARC ia belajar bagaimana ngoprek dan memcahkan suatu masalah.

Karena ia mengikuti banyak organisasi maka ia tiba-tiba ditelfon leh orang di perusahaan televisi dengan membuat software, padahal saat itu dia belum pernah membuatnya, akhirnya ia browsing dan melakukannya dengan gaji yang menurutnya sudah berat.

Namun kenyataannya harga yang sebenarnya maah ratusan juta, namun ia berdyukur dan malah mendapatkan job lagi dengan job yang sama, dengan nominal 10 kali lipat dari ang pertama. Hal tersebut menjadikan ia jatuh cinta pada software dan menekuninya.

  1. Sebuah tujuan

Semua terinspirasi dari saat di apulang kampung, ia mengamati banyak sekali tetangganya yang memilki usaha kecil namun pendapatannya sama dengan belasan tahun sebelumnya, tidak ada perkembangan.

Dengan ia berbekal software yang ia tekuni maka ia membuat buka lapak. Ia tidak sendirirn dibantu oleh temannya, hingga rilislah website pada bulan januari 2010.

Tanpa lelah mereka tidak menyerah walaupun awalnya menawarka website mereka banyak yang menolak namun ketika tahun 2012 bukalapak menjadi bisnis yang menarik dan terus berlanjut. Per hari memiliki 1,8 juta UKM dan juga memproses 1 triliunan transaksi setiap bulannya.

CEO Google

Sundar pichai adalah CEO google, ia bergabung dengan google pada tahun 2004. Ia menjabat menjadi pimpinan manajemen produk dan inovasi perangkat lunak klien google termasuk google chrome, chrome OS dan Gogle Drive. Ia juga menjadi kepala divisi Android, posisi yang sebelumnya dijabat oelh Andy Rubin.

Nah, dari paparan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa kepanjangan CEO yakni Chief Executive Officer, dan CEO adalah suatu kepala yang mengarahkan dan mengelola sebuah perusahaan dengan tujuan untuk menigkatkan keuntungan serta meluasnya perusahaan tersebut dengan memilki berbagai pengalaman dalam berorganisasi.

Maka menjabat menjadi CEO itu tidak mudah, harus melalui tahap proses yang tidak mudah. Dan semua berdasarkan kemauan dan tujuan yang konsisiten.

Ragam Informasi Lainnya :
Arti E- Commerce Arti Regulasi
Arti Inflasi Arti Afiliasi

Terimakasih pembaca sudah menyimak artikel mengenai pengertian CEO maupun kepanjangan CEO (Chief Executive Officer) yang sudah membaca dari awal hingga akhir, semoga bermanfaat dan penulis miinta maaf jika terdapat penulisan kata yang salah, penulis mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya.