Cara Menghitung Tetesan Infus Mikro dan Makro

Rumus Menghitung Tetesan Infus – Pada ulasan kali ini kita akan belajar tentang cara menghitung tetesan infus Mikro dan Makro dengan menggunakan rumus tetesan infus yang benar dan tepat. Menghitung tetesan infus sangatlah wajib dipahami oleh seorang tenaga kesehatan, terutama oleh seorang perawat. karena sebagai seorang tenaga kesehatan terutama perawat pastilah setiap hari dihadapkan dengan hal ini baik bagi yang bekerja diklinik maupun di rumah sakit.

Menghitung tetesan infus ialah sebuah metode yang dipakai seorang tenaga kesehatan untuk memasukkan sejumlah cairan dalam waktu yang telah ditentukan, dengan cara mengatur tetesan infus dalam waktu per menit.

Bagi anda para tenaga kesehatan wajib mengetahui cara menghitung tetesan infus dengan benar dan tepat. Hal ini karena takaran cairan tetesan infus tidak boleh ditentukan asal-asalan. Tetapi, harus ada dasar yang digunakan dalam menghitung cairan yang akan dimasukkan ke dalam tubuh pasien. Nah, dalam ulasan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menghitung tetesan infus yang benar berdasarkan standar panduan kesehatan ilmu kedokteran yang berlaku.

cara menghitung tetesan infus

Kehilangan cairan tubuh atau dehidrasi adalah berkurangnya cairan tubuh total, dapat berupa hilangnya air lebih banyak dibandingkan natrium, atau hilangnya natrium dan air dalam jumlah yang sama, atau hilangnya natrium yang lebih banyak dibandingkan air. Tindakan medis yang dapat dilakukan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang salah satunya dengan pemberian cairan per infus tujuannya untuk memenuhi kebutuhan cairan dan elektrolit yang sempat hilang.

Dengan menggunakan rumus tetesan infus dengan benar, maka kegagalan dalam pemberian cairan tubuh dapat teratasi dengan baik. Oleh karena itu disini kita akan belajar cara menghitung tetesan infus dengan menggunakan rumus tetes infus yang tepat.

Cara Menghitung Tetesan Infus

Agar lebih mudah menghitung tetesan infus, kita bisa menggunakan rumus tetesan infus seperti berikut. Pertama kita harus mengetahui rumus dasar menghitung jumlah tetesan cairan dalam satuan menit dan dalam satuan jam:

Rumus dasar dalam satuan menit

Rumus dasar dalam satuan jam

Rumus Tetes Infus Untuk Dewasa (macro drip)
Infus set macro drip memiliki banyak jenis berdasarkan faktor tetesnya. Infus set yang paling sering digunakan di instalasi kesehatan Indonesia hanya 2 jenis saja. Berdasarkan merek dan faktor tetesnya:

  • Merek Otsuka
    faktor tetes = 15 tetes/ml
  • Merek Terumo
    faktor tetes = 20 tetes/ml

Infus Blood set untuk tranfusi memiliki faktor tetes yang sama dengan merek otsuka, 15 tetes/menit.

Infus set macro drip dengan faktor tetes 10 tetes/menit jarang ditemui di Indonesia. Biasanya hanya terdapat di rumah sakit rujukan pusat, rumah sakit pendidikan, atau rumah sakit internasional.

Penurunan Rumus Dewasa

Berikut ini adalah rumus tetesan infus makro dengan hasil penurunan dari rumus dasar (dalam satuan jam), untuk pasien dewasa:

Merek Otsuka

Merek Terumo

Contoh Soal Menghitung Tetesan Infus Macro

1.) Seorang pasien dengan berat 65 kg datang ke klinik dan membutuhkan 2.400 ml cairan RL. Berapa tetes infus yang dibutuhkan jika kebutuhan cairan pasien mesti dicapai dalam waktu 12 jam? Di klinik tersedia infus set merek Otsuka.

Diketahui:
Cairan = 2.400 ml (cc)
Waktu = 12 jam
Faktor tetes Otsuka = 15 tetes/ml

Jawab:

Jadi, pasien tersebut membutuhkan 50 tetes infus untuk menghabiskan cairan 2400 ml dalam waktu 12 jam dengan menggunakan infus set Otsuka.

2.) Seorang pasien datang ke RSUD dan membutuhkan 500 ml cairan RL. Berapa tetes cairan infus yang dibutuhkan jika kebutuhan cairan pasien mesti dicapai dalam waktu 100 menit? Di RSUD tersedia infus set merek Terumo.

Diketahui:
Cairan = 500 ml (cc)
Waktu = 100 menit
Faktor tetes Terumo = 20 tetes/ml

Jawab:

Jadi, pasien tersebut membutuhkan 100 tetes infus untuk menghabiskan cairan 500 ml dalam waktu 100 menit dengan menggunakan infus set Terumo.

Rumus Menghitung Tetesan Infus Untuk Anak (Micro Drip)

Lain halnya dengan dewasa, anak dengan berat badan dibawah 7 kg membutuhkan rumus infus micro drip dengan faktor tetes yang berbeda.

  • Rumus Tetesan Infus Micro drip
    faktor tetes = 60 tetes/ml

Penurunan Rumus Tetesan Infus Micro Untuk Anak
Berikut ini adalah rumus cepat hasil penurunan dari rumus dasar (dalam satuan jam) untuk pasien anak:

Contoh Soal Menghitung Tetesan Infus Anak (Micro Drip)

1.) Seorang ibu datang membawa bayinya yang sakit ke IGD dengan keluhan diare lebih dari 5 kali. Anak bayi tersebut membutuhkan cairan RL sebanyak 100 ml. Berapa tetes infus yang dibutuhkan jika kebutuhan cairan pasien mesti dicapai dalam waktu 1 jam?

Jawab:

Jadi, pasien tersebut membutuhkan 100 tetes infus untuk menghabiskan cairan 100 ml dalam waktu 1 jam dengan menggunakan infus set micro drip. Sekian ulasan untuk Cara Menghitung Tetesan Infus terbaru 2018 yang dapat kami tuliskan kali ini. Semoga apa yang telah kita pelajari dalam artikel ini dapat bermanfaat.

Adapun istilah yang sering dipakai untuk tetesan infus oleh tenaga kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Gtt (gutta) ialah sebuah istilah yang dipakai sebagai nama tetesan infus permenit untuk infus set makro.
  • Mgtt (mikrro gutta) ialah sebuah istilah yang dipakai sebagai nama tetesan infus permenit untuk infus set mikro
  • TPM ialah sebuah istilah menurut purhito yang dipakai sebagai nama tetesan infus permenit, bisa dipakai untuk mikro dan makro.

Setelah mengetahui tentang istilah – istilah yang sering dipakai dalam tetesan infus. sekarang kita ke pembahasan selanjutnya yaitu cara menghitung tetesan infus. Cara menghitung tetesan infus pada dasarnya dibagi dua yaitu cara menghitung tetesan infus untuk infus set untuk makro (gtt) dan cara menghitung tetesan infus untuk infus set mikro (mgtt).

Cara Menghitung Tetesan Infus Makro (gtt)

infus set makro sering dipakai untuk pasien dewasa karena pada infus set ini debit cairan yang dikeluarkan lebih besar, sehingga diharapkan pemenuhan cairan untuk pasien lebih cepat. namun untuk kasus tertentu ada kalanya infus set makro juga diapakai untuk anak – anak.

Rumus menghitung tetesan infus untuk infus set makro:

Keterangan faktor tetes makro = 20

jadi dengan rumus diatas kita dapat menghitung jumlah tetesan yang harus diatur agar kebutuhan cairan pasien dapat sesuai dengan yang diharapkan.

Contoh soal menghitung tetesan infus makro :

Apabila seorang pasien datang kerumah sakit dan setelah diperiksa, dokter menginstruksikan agar diberikan cairan RL sebanyak 500ml dalam waktu 1 jam menggunakan infus set makro.

Jawab penyelesaian :

Jadi berdasarkan perhitungan diatas, untuk memasukkan cairan Rl sejumlah 500ml dalam waktu 1 jam kita harus mengatur tetesan infus dalam satu menit 166,7 gtt, namun biasa dibulatkan menjadi 167 gtt. Catatan : ubahlah waktu yang diberikan kedalam bentuk menit.

Cara Menghitung Tetesan Infus Mikro (mgtt)

Infus set mikro sering dipakai untuk pasien anak – anak karena debit cairan yang dikeluar 3 kali lebih sedikit dibandingkan infus set makro, namun pada kasus tertentu infus set mikro juga bisa dipakai untuk pasien dewasa. Berikut rumus menghitung tetesan infus untuk infus set mikro

Sebenarnya rumus yang digunakan sama saja dengan rumus yang digunakan menghitung tetesan infus untuk infus set makro. Namun yang berbeda hanyalah faktor tetesan nya.

Disini kita menggunakan ketetapan faktor tetes infus set makro = 60.

Jadi untuk menghitung tetesan infus untuk infus set mikro tetap gunakan rumus diatas hanya ganti angka angka faktor tetesan dengan faktor tetes mikro yaitu 60

Contoh soal menghitung tetesan infus mikro :

Seorang pasien anak -anak datang ke rumah sakit dan setelah diperiksa, dokter menginstruksikan untuk memasukkan cairan NaCl sebanyak 500 ml dalam waktu 2 jam dengan menggunakan infus set mikro.

Jawaban dan penyelesaian:

Jadi berdasarkan perhitungan diatas, untuk memasukkan cairan NaCl sebanyak 500ml dalam waktu 2 jam menggunakan infus set mikro maka kita harus mengatur tetesan infus dalam satu menit 250 mgtt. Sekian ulasan mengenai cara menghitung tetesan infus mikro dan makro dengan rumus yang benar dan tepat terbaru 2018 yang dapat kami tuliskan kali ini. Semoga apa yang telah kita pelajari dalam artikel ini dapat bermanfaat.

Keywords:

cara menghitung tetesan infus

Leave a Comment