Cara Mencari Akar Pangkat 3 Paling Mudah Tanpa Kalkulator

Akar Pangkat 3 – Masih seputar bilangan berpangkat, setelah kemarin kita telah membahas tentang cara menghitung akar pangkat 2 di excel, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana Cara mencari akar pangkat 3 dengan rumus yang tepat. Dahulu kala ada masa sebelum kalkulator ditemukan, para siswa pencari ilmu pengetahuan dan profesor harus menghitung akar kuadrat secara manual. Kebayangkan betapa ribetnya?

Namun, justru dari kesulitan itulah muncul beberapa cara yang berbeda telah dikembangkan untuk mengatasi proses menghitung akar pangkat yang sulit ini. Beberapa cara memberikan perkiraan kasar dan cara lainnya memberikan nilai yang tepat. Untuk mempelajari cara menghitung akar pangkat 3 ataupun akar kuadrat, sebuah angka hanya dengan menggunakan operasi sederhana, yang mana akan kita bahas dalam artikel ini.

Sebenarnya tips cepat menghitung akar pangkat 3 dengan tepat sudah banyak dipelajari oleh anak-anak dibangku Sekolah Dasar (SD). Namun saya yakin kebanyakan orang dewasa sudah banyak yang lupa tentang cara mencari akar pangkat 3. Untuk itu, mari kita simak bersama cara menghitung akar yang mudah dengan menggunakan rumus akar pangkat 3 berikut ini.

akar pangkat 3

Cara Menghitung Akar Pangkat 3

Apabila anda seringkali mengalami kesulitan dalam menentukan akar pangkat tiga dari suatu bilangan dengan cepat. Bukankah kita pada umumnya menebak hasil dengan cara menguji beberapa bilangan secara acak atau yang mendekati.

Seperti misalnya untuk menentukan ∛1728, tidak sedikit anak melakukan hitungan perkalian dengan menguji bilangan pangkat tiga dari 10 sampai dengan 20 seperti berikut ini:

  • 10 x 10 x 10 = 1000 (bukan jawaban)
  • 11 x 11 x 11 = 1331 (bukan jawaban)
  • 12 x 12 x 12 = 1728 (jawaban yang tepat).

Prosedur tersebut sangat menyita waktu, apalagi jika harus mengerjakan 40 soal ulangan dalam 2 jam, sangat membuang waktu dan mengganggu konsentrasi untuk mengerjakan soal-soal lainnya.

Lalu bagaimana cara tercepat mencari akar pangkat 3 ?

Langkah pertama memahami cara supercepat ini adalah dengan menghafal pola ujung bilangan pangkat tiga. Perhatikan bilangan pangkat tiga berikut: