Mengenal Arti Integritas , Pakta Integritas & Contohnya

⏩ Integritas Adalah? Berikut pengertian apa itu integritas menurut KBBI ⭐ Zona ☑️ Dasar Hukum ☑️ Contoh Pakta Integritas ☑️

Kata yang akan kita kupas kali ini tidak akan jauh-jauh dengan yang namanya pekerjaan atau jabatan. Pekerjaan yang dilakukan dengan baik dan kinerja yang bagus, maka itu bisa dikatakan mewakili defini kata ini. Nah secara bahasa, arti integritas sendiri yakni lengkap atau utuh. Lalu apa itu integritas menurut istilah?

Dalam artikel ini akan dibahas lebih dalam mengenai arti integritas. Tidak hanya itu, akan dipaparkan mengenai pengertian menurut para ahli, zona integrasi dan contoh pakta integritas. Langsung saja penulis bahas dibawah ini.

Pengertian Integritas

pakta integritas

Integritas adalah suatu dorongan untuk menjadi lebih baik, menjalankan amanah dengan baik dan bersungguh- sungguh dalam melakukan segala hal. Integritas adalah menggambarkan suatu keutuhan dalam melakukan pekerjaan sehingga memancarkan kejujuran dan kewibawaan.

Bisa dibilang Integritas adalah jiwa, pikiran dan tingkah laku satu jalan sehingga mendapati kesatuan untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Atau bisa juga disebut Integritas adalah suat hal yang dikerjakan dengan senang hati tanpa ada paksaan, bekerja yang terbaik.

Dari berbagai pengertian diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa integritas adalah suatu hal yang dikerjakan dengan baik, dari jiwa, pikiran dan tingkah laku sejalan sehingga membentuk satu kesatuan yang menghasilkan kinerja yang baik dan berkualitas.

Ciri-cirinya biasanya seseorang akan lebih menghargai waktu, disiplin, terbuka, jujur, tidak pemalas, semangat, tidak membuang waktu, menepati janji, bertanggung jawab, menjaga prinsip dan mampu memenuhi amanah.

Apa itu Pakta Integritas

Pakta integritas adalah suatu pernyataan yang berisi mengenai janji-janji terhadap diri sendiri untuk melaksankan tugas, kewajiban, tanggung jawab, dan peran yang sesuai dengan perundang-undangan dan tida melanggar seperti korupsi, kolusi dan nepotisme.

Pakta integrasi ini diadakan bertujuan untuk mecegah pemberantasan korupsi, menjadikan pekerja yang berkualitas, efektif, efisien dan akuntabel, dan mewujudkan keterbukaan serta kejujuran yang dijunjung tinggi.

Mewujudkan pemerintahan dan masyarakat Indonesia yang bertanggung jawab, maju, cerdas, berkualitas, bermartabat dengan dilandasi Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila.

Pakta integritas dituangkan dalam sebuah dokumen. Pelaksanaannya diwajibkan bagi para pimpinan kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, para pejabat serta seluruh pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintahan/lembaga dan pemerintah daerah.

Zona Integrasi

Zona integrasi adalah zona dimana dibangunnya pembangunan yang berzona integritas yang harus memenuhi syarat dan yang ingin memperoleh predikat menuju wilayah bebas korupsi. Dengan ini terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, dibawah ini:

  1. Termasuk usaha yang penting dan strategis dalam pelayanan masyarakat atau publik
  2. Menegelola sumber daya yang besar
  3. Memiliki kategori keberhasila yang tinggi terhadap penilaian usaha lain dan diunit satuan
  4. Setingkat eleson I hingga eleson III

Untuk menentukan unit kerja merupakan zona integrasi, dilakukan pemilihan oleh Tim kerja Pembangunan zona integritas di lingkungan badan POM yang telah dibentuk. Untuk dilakukannya identifikasi terhadap unit kerja tersebut sehingga dapat dipredikat menjadi zona integritas.

Contoh Pakta Integritas

integritas

Contoh surat pakta integritas perusahaan

Dina merupakan pekerja jasa konsultasi dan kepengeurusan sertifikasi dirjen SDPPI, surat pakta integritas digunkan untuk persyaratan administrasi dalam mengajukan surat permohonan sertfikasi alat atau pernakat telekomunikasi ke postel. Dengan pernyataan dibawah ini:

  1. Tidak membicarakan yang mengarah kepada korupsi, kolusi dan nepotisme
  2. Tidak akan melakukan tindakan korupsi, klusi dan nepotisme
  3. Akan melaporkan kepada pihak yang berwajib jika terdapa tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme
  4. Tidak mempermudah melakukan sesuatu yang berhubungan dengan pengiriman atau suap menyuap

Pernyataan-pernyataan di atas merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mengindar dan mencegah tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme dalam pelaksanaan pelayanan publik perizinan di bidang postel dan pengadaan barang dan jasa.

KOP PERUSAHAAN

PAKTA INTEGRITAS

Yang bertanda tangan dibawah ini

Nama      :

Alamat    :

Jabatan   :

Telp         :

Email      :

Dalam rangka pengurusan perizinan di bidang konsultasi dan kepengurusan sertifikasi dirjen SDPPI, dengan ini menyatakan bahwa saya:

  1. Tidak membicarakan yang mengarah kepada korupsi, kolusi dan nepotisme
  2. Tidak akan melakukan tindakan korupsi, klusi dan nepotisme
  3. Akan melaporkan kepada pihak yang berwajib jika terdapa tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme
  4. Tidak mempermudah melakukan sesuatu yang berhubungan dengan pengiriman atau suap menyuap

Apabila saya melanggar hal-hal yang telah saya nyatakan diatas dalam pakta integritsa ini, saya bersedia dikenakan sanksi sesusi dengan ketentuan perundang0undangan.

 

Malang, tgl-bulan-tahun

Tertanda

Contoh surat pakta integritas mahasiswa

Penandantangan pakta  integritas pada mahasiswa untuk mematuhi peraturan universitas yang berlaku, formulir ini mengambil conth dari univeristas siswa yang dijadikan untuk referensi.

dssdsd

PAKTA INTEGRITAS MAHASISWA

UNIVERSITAS ……………………………….

Saya bertandatangan di bawah ini:

Nama:

Tempat, tanggal lahir:

Agama:

Alamat:

Telepon:

Pekerjaan:

Selaku   mahasiswa universitas…………………………., berjanji:

  1. Akan tunduk dan patuh terhadap semua peraturan perundang-undangan serta ketentuan yang berlaku pada universitas……………………….
  2. Akan memennuhi semua kewajiban di bidang administrasi, keuangan dan akademik sesuai dengan penetapan pimpinan universitas………………………….
  3. Tidak akan:
  4. Melakukan hal-hal yang megganggu ketenangan belajar atau bekerja dilingkungan kampus.
  5. Melkukan perbuatan yang melanggar perundang-undangan.
  6. Melakukan pelanggaran norma asusila, norma sosial dan kesopanan ynag berlaku di kampus.
  7. Melanggar ketentuan apapaun yang ditetapkan elh pimpinan universitas………………….
  8. Memakai kaos oblong dan memakai sandal serta berpakaian yang tidak sesuai etika selama dilingkungan kampus.
  9. Akan selalau menjaga kehormatan dan nama baik universitas………………………….

Demikianlah pakta integritas ini saya buat dalamkeadaan sadar, sehat jasmani dan rohani. Tidak ada pakasaan dari pihak manapun serta ditandatangani diatas materai, sehingga memiliki kekuatan hukum yang mengikat.

 

Malang, hari-tgl-bulan-tahun

          mengetahui                                                                                                       pembuat pernayatan

          orang tua atau wali                                                                                          mahasiswa yang bersangkutan

         materai 6000

         (…………………….)                                                                                           (……………………………)

Contoh surat pakta integritas guru

Pakta yang satu ini bertujuan untuk menjalankan tugas pokok dan tanggung jawab sebagai guru, berikut surat pakta integritas

CONTOH

PAKTA INTEGRITAS GURU

Saya yang bertandatangan dibawah ini:

Nama                                    :

NIP                                         :

NUPTK                                  :

Tempat, tanggal lahir      :

Pangkat                                :

Unit kerja                            :

Menyatakan bahwa saya akan melakukan dan melaksanakan ketentuan sebagai berikut:

  1. Bersedia melaksanakan tugas sebagai guru dengan beban kerja sesuai SK pembagian tugas guru dalam kegitan pembelajaran yang ditetapkan oleh kepala sekolah.
  2. Bersedia memiliki kehadiran dikelas atau pada saat jam tatp muka minimal 90%.
  3. Bersedia membeuat perangkat pembelajaran baik silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), program tahunan atau program semester atau yang lainnya.
  4. Bersedia membuat dan melaksanakan program kegiatan evaluasi pembelajaran dan tindak lanjutnya baik berupa kegiatan remidial maupun pengayaan.
  5. Bersedia melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler dan tugas lain yang dibebankan sesuai TUPOKSI saya.
  6. Bersedia menjaga rahasia negara.

Demikian pernyatan ini saya buat, apabila dikemudian hari saya tidak memenuhi ketentuan diatas, saya bersedia menerima sanksi baik berupa teguran lisan, teguran tertulis, penundaan kenaikan pangkat, penundaan kenaikan gaji berkala, pemberhentian atau penundaan sementara tunjangan sertifikasi guru dan tunjangan lainnya, penundaan pangkat setingkat lebih rendah serta bentuk lainya sesuai peraturan yang berlaku.

 

Malang, ……………………..

Yang membuat pernyataan

Materai 6000

…………………………………

NIP:

Baca Juga : Arti Regulasi

Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa integritas adalah suatu hal yang disepakati pihak satu dan pihak deua dengan tujuan untuk mencegah dan mehindar dari korupsi, kolusi dan nepotisme, dan jika melakukan pelanggaran maka akan mendapatlan sanksi sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam perundang—undangan.

Terimakasih sudah menyimak dengan baik, mohon maaf jika dalam penulisan terdapat kesalahan penulis mengucapkan yang sebesar-besarnya. Semoga bermanfaat untuk pembaca.